5 Film Tentang Pemilu Dunia yang Menarik dan Menginspirasi

The Ides of March (2011)
Udah nyoblos belum nih? Atau lagi nunggu antrian? Yuk baca-baca rekomendasi film tentang pemilu bagi yang ingin nonton. Berikut daftar film tentang pemilu yang bisa dimasukkan ke dalam list antrian film tontonan akhir pekan.

5 Film tentang Pemilu

Pemilu adalah salah satu proses demokrasi yang penting bagi setiap negara. Melalui pemilu, rakyat dapat memilih pemimpin dan wakilnya yang akan menjalankan pemerintahan. 

Namun, pemilu juga sering kali diwarnai dengan berbagai konflik, intrik, dan manipulasi politik yang menimbulkan ketegangan dan kontroversi. Banyak film yang mengangkat tema pemilu dunia dengan berbagai sudut pandang dan gaya bercerita. 

Berikut adalah lima film yang menampilkan pemilu dunia dengan cara yang menarik dan menginspirasi.

Long Shot (2019)

Film ini menceritakan tentang hubungan seorang jurnalis bernama Fred Flarsky dan mantan baby sitter-nya Charlotte Field. Kini, Charlotte bekerja sebagai Menteri Luar Negeri Amerika Serikat dan siap maju sebagai capres.

Charlotte kemudian merekrut Fred untuk menuliskan pidatonya. Konflik muncul ketika hubungan mereka yang kacau berdampak pada kampanye politik Charlotte. 

Film ini adalah sebuah komedi romantis yang menampilkan chemistry yang apik antara dua bintang utamanya, Charlize Theron dan Seth Rogen. Film ini juga mengkritik fenomena media sosial, fake news, dan seksisme dalam dunia politik.

The Ides of March (2011)

Film ini dibintangi dan disutradarai oleh George Clooney, yang juga berperan sebagai Mike Morris, seorang gubernur yang sedang berlomba menjadi calon presiden dari Partai Demokrat.

Ryan Gosling berperan sebagai Stephen Meyers, seorang konsultan politik yang bekerja untuk kampanye Morris. Ketika ia terlibat dalam skandal politik yang mengancam karir Morris, ia harus memilih antara loyalitas atau ambisi. 

Film ini adalah sebuah thriller politik yang mengeksplorasi sisi gelap dan korup dari dunia politik Amerika. Film ini juga diadaptasi dari sebuah drama panggung yang berjudul Farragut North.

Di Balik 98 (2015)

Selanjutnya film dalam negeri. Film ini mengambil latar belakang peristiwa reformasi di Indonesia pada tahun 1998, yang mengakhiri era Orde Baru di bawah kepemimpinan Presiden Soeharto. 

Film ini mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa yang terlibat dalam gerakan demonstrasi dan aksi protes yang menuntut perubahan politik. 

Film ini juga menampilkan sudut pandang dari seorang tentara yang menjadi saksi mata dari kekerasan dan penindasan yang terjadi. 

Film ini adalah sebuah drama sejarah yang menggambarkan suasana dan semangat perjuangan rakyat Indonesia dalam menghadapi rezim otoriter.

No (2012)

Film ini berlatar di Chile pada tahun 1988, ketika terjadi referendum nasional yang menentukan apakah diktator Augusto Pinochet akan tetap berkuasa atau tidak. 

Film ini berfokus pada RenĂ© Saavedra, seorang eksekutif periklanan yang ditugaskan untuk memimpin kampanye No, yang menentang kelanjutan kekuasaan Pinochet. 

Dengan menggunakan strategi dan kreativitas, RenĂ© berhasil membuat iklan-iklan yang menarik dan menggugah hati rakyat Chile untuk memilih No. 

Film ini adalah sebuah drama politik yang berdasarkan pada kisah nyata. Film ini juga menggunakan rekaman-rekaman asli dari iklan-iklan yang ditayangkan saat referendum.

Honest Candidate (2020)

Film ini merupakan remake dari film Brasil yang berjudul O Candidato Honesto. Film ini menceritakan tentang Joo Sang-sook, seorang anggota parlemen yang terkenal sebagai pembohong ulung. 

Ketika ia mencalonkan diri sebagai walikota Seoul, ia terkena kutukan yang membuatnya tidak bisa berbohong lagi. Hal ini membuatnya harus menghadapi berbagai masalah dan kebenaran yang tidak menyenangkan. 

Film ini adalah sebuah komedi satir yang mengejek fenomena politikus yang suka berbohong dan berpura-pura di depan publik.

Kesimpulan

Itulah lima film tentang pemilu dunia yang menarik dan menginspirasi. Film-film ini dapat memberikan kita wawasan dan hiburan tentang dunia politik yang sering kali rumit dan penuh drama. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Terima kasih telah membaca. 
A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.