cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

IHerb; Pengalaman Beli Suplemen dan Multivitamin di iHerb, Kena Pajak?

obatBerbelanja di iHerb – Sehari sebelum lebaran idulfitri 1443H, saya yang sedang bekerja paruh waktu di sebuah mini market di kota Solok ini diharuskan lembur dari jam 8 pagi hingga jam 12 malam WIB. 

Sudah menjadi tradisi karena itu satu-satunya jalan untuk menambah pendapatan dan memberikan pelayanan prima kepada pelanggan menjelang hari raya.

Mau tidak mau sebagai karyawan saya harus menyanggupi. Meski saya memiliki masalah dengan kesehatan alias gampang sekali demam jika terlalu kelelahan. Yups, sedikit curahan hati colongan bagi yang tertarik mengetahuinya hehe.

Singkat cerita untuk menjaga kesehatan saya, saya direkomendasikan multivitamin atau suplemen alami oleh rekan kerja. 

Saya direkomendasikan suplemen dan multivitamin berbasis kalsium dan vitamin dosis tinggi.

Produk dengan merek dagang Now Foods High Potency Vitamin D-3, 10,000 IU, 120 Softgels. Sejenis multivitamin dosis tinggi dan harus hati-hati dalam penggunaan alias tidak boleh serampangan dalam mengkonsumsinya.

Setelah buka sini dan buka sana di marketplace Indonesia. Sayangnya setelah saya cek di beberapa penjual yang ada di marketplace lokal seperti shopee dan lazada barang dengan varian yang saya sebutkan di atas ternyata stoknya kosong.

Meski ada beberapa penjual yang stock barangnya ready, akan tetapi saya ragu dengan ulasan yang masuk. Takut barangnya tidak original atau asli.

Ketemu iHerb dan Memberanikan Diri Membeli

Setelah beberapa kali kata kunci Now Foods High Potency Vitamin D-3, 10,000 IU, 120 Softgels saya ketikkan di google ambyar.

Lalu saya menemukan beberapa ulasan teman tentang iHerb, tempat berbelanja suplemen alami dari negeri Paman Sam. 

Cek situs dan beberapa pengetahuan dasar tentang iHerb. Saya cukup yakin meski masih tersisa sedikit ragu di hati. Persis seperti rasa rinduku yang hanya tersisa seujung upil untukmu. Nah loh?

Memutuskan Berbelanja di iHerb

Setelah melakukan cek dan ricek tentang perusahaan dan sekelumit hal penting mengenai sepak terjang iHerb. 

Termasuk pendirinya Ray Faraee, kantor utama di California, hingga tahun pendirian iHerb yaitu 1996. 

Semua informasi tersebut saya cerna sebisa mungkin sejauh IQ mengampu dalam berpikir.

Beberapa kali cek dan asah jempul di layar gawai. Akhirnya saya menemukan Now Foods High Potency Vitamin D-3, 10,000 IU, 120 Softgels di iHerb dengan harga lebih kompetitif.

Mengapa Memilih iHerb?

Alasan utama saya dalam memilih iHerb karena ketidaktahuan saya mengenai suplemen dan multivitamin yang baik dan benar.

Keraguan saya dengan barang asli dan palsu. Apalagi untuk suplemen yang sedang ingin saya beli.

Beranjak dari ulasan dan beberapa penjelasan yang ada di aplikasi iHerb. Saya cukup yakin kalau barang yang dijual di iHerb benar-benar original dan asli.

Hal yang Harus diperhatikan di iHerb

Hal yang harus diperhatikan di iHerb adalah produk yang ditawarkan. Dikarenakan iHerb adalah platform jual beli dari luar negeri. 

Tentu saja banyak hal yang belum terpenuhi seperti ijin BPOM, kehalalan bahan pembuat dan pajak.

Hal lain yang juga mejadi perhatian saya adalah ongkos kirim dan metode pembayaran yang terbatas. 

Meski iHerb sendiri telah bekerjasama dengan kurir lokal Indonesia (JNE) untuk pengantaran barang dan pengurusan biaya pajak dan cukai.

Dalam pembayaran iHerb juga telah bekerja sama dengan Doku dan Dana. Proses pembayaran cukup mudah dan sederhana. Atas dasar inilah akhirnya saya melakukan orderan pertama di iHerb.

Sebagai pengguna pertama di iHerb aplikasi, saya mendapatkan diskon iHerb hingga 75ribu.

Sayang dengan terbatasnya kurir yang hanya tersedia pengantaran barang melalui JNE membuat harga ongkos kirim melalui JNE menyentuh angka 60-80ribu untuk 1 KG barang.

Ini adalah pilihan paling murah jika dibandingkan dua jasa pengiriman lainnya yang tersedia di iHerb.

Estimasi pengiriman cukup lama, di kolom pemberitahuan estimasi antara 18 sampai dengan tanggal 4 juni 2022. Barang di order diproses hari itu juga pada tanggal 6 Mei 2022.

Kesimpulan

Bagaimana pengalaman belanja di iHerb? Secara keseluruhan cukup mudah dan simpel. Detail barang yang dijual juga sangat rinci.

Mulai dari pembuat atau produsen, hingga tanggal daluarsa juga ditampilkan dengan jelas. Q&A atau tanya jawab dan resiko serta penggunaan suplemen juga dipaparkan secara rinci.

Kekurangan hanya pada pilihan pengiriman, mahalnya ongkos kirim (wajar sih, kan dari luar negeri). 

Sampai metode pembayaran yang baru bisa dilakukan melalui Dana dan Doku Dompet. Selebihnya menggunakan kartu kredit.

Update

Hari ini, 14 Mei 2022 sebelum jam 12 siang pesanan saya di iHerb telah sampai. Saya cukup terkejut ternyata pengiriman barang saya jauh lebih cepat dari perkiraan (estimasi). 

Estimasi pengiriman seperti yang saya sebutkan di atas mencapai 15 hari dengan perkiraan paling lama pada 6 Mei (update pertama id aplikasi iHerb, kemudian diubah ke 4 juni 2022). 

Update terbaru situs iHerb diblokir Kominfo di Indonesia. Saya kurang tahu penyebabnya apa. Akan tetapi jika melongok ke situs PSE Kominfo, situs iHerb sudah terdaftar. Jadi salahnya dimana? Mari kita tunggu. 

.

Apakah berbelanja di iHerb kena pajak?

Iya, berbelanja di iHerb dikenakan pajak. Namun jangan khawatir jika berbelanja menggunakan kurir JNE, pajak sudah dimasukkan ke dalam ongkos kirim. 

Sedangkan jika memilih ekspedisi atau kurir lain. Pajak dikenakan saat barang dihantarkan ke lokasi.

Pengemasan dan Pengepakan

Pengemasan dan pengepakan barang sangat bagus. Meski barang yang saya pesan berukuran kecil. Tapi box iHerb cukup besar. 

Ada cap stempel box sertifikat Landsberg, logo fragile handle with care like my heart dan logo iHerb yang dicetak dengan warna hijau.

Ada kertas yang digunakan untuk menahan goncangan di dalam box sehingga barang yang saya order di iHerb sampai dengan selamat ke tangan saya. 

Nah apa teman-teman tertarik berbelanja di iHerb seperti saya? Berikut saya sertakan foto tangkapan layar orderan saya di iHerb.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

Post a Comment

Post a Comment