Rekomendasi 11 SMA Terbaik di Lampung Berdasarkan Nilai UTBK Nasional

Rekomendasi 10 SMA Terbaik di Lampung Berdasarkan Nilai UTBK Nasional
SMA Terbaik Lampung
- Lampung merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak sekolah menengah atas (SMA) berkualitas. Berdasarkan data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada 10 SMA di Lampung yang masuk dalam peringkat 1.000 terbaik nasional berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021. 

Nilai UTBK ini merupakan salah satu syarat untuk masuk ke perguruan tinggi negeri melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

SMA Terbaik di Lampung

Berikut adalah daftar 10 SMA terbaik di Lampung beserta profil singkatnya yang uncchu.com rangkum dari berbagai sumber terbaik:

SMA Negeri 1 Metro

SMA Negeri 1 Metro berada di Jl. Ahmad Yani No. 2, Metro Timur, Kota Metro. Sekolah ini merupakan SMA tertua di kota Metro yang didirikan pada tahun 1959. 

Sekolah ini memiliki dua jurusan, yaitu IPA dan IPS, serta beberapa kelas pendukung seperti kelas seni, bahasa, dan agama. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar nasional (SSN). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suharman, M.Pd dengan nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 550,850, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 257 nasional.

SMA Negeri 2 Bandar Lampung

SMA Negeri 2 Bandar Lampung berlokasi di Jl. Amir Hamzah No. 1, Gotong Royong, Kecamatan Tanjungkarang Pusat, Kota Bandar Lampung. Sekolah ini didirikan pada tahun 1965 dan pernah dipimpin oleh Tabrani Daud, mantan Wali Kota Bandar Lampung ke-4. 

Sekolah ini menjadi salah satu sekolah favorit di Bandar Lampung karena lulusannya banyak diterima di perguruan tinggi negeri favorit bahkan kampus luar negeri. 

Kepala sekolahnya saat ini adalah Drs. H. Muhajirin, M.Pd dengan nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 549,758, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 269 nasional.

SMA Al-Kautsar Bandar Lampung

SMA Al-Kautsar Bandar Lampung merupakan SMA swasta terbaik pertama di Lampung yang beralamat di Jl. Sultan Agung No. 8A, Sukabumi, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. 

Sekolah ini didirikan pada tahun 1994 oleh Yayasan Al-Kautsar sebagai sekolah Islam modern yang mengintegrasikan kurikulum nasional dengan kurikulum keislaman. Sekolah ini memiliki tiga jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Ahmad Zainuddin, M.Pd.I. dengan nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 548,331, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 284 nasional.

SMA Xaverius Bandar Lampung

SMA Xaverius Bandar Lampung merupakan SMA swasta terbaik kedua di Lampung yang berlokasi di Jl. Raden Intan No. 66, Enggal, Kecamatan Tanjungkarang Barat, Kota Bandar Lampung. 

Sekolah ini didirikan pada tahun 1957 oleh Yayasan Pendidikan Xaverius sebagai sekolah Katolik yang menerapkan pendidikan humanis dan holistik. Sekolah ini memiliki tiga jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Antonius Sutrisno, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 547,904, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 292 nasional.

SMA Negeri 3 Bandar Lampung

SMA Negeri 3 Bandar Lampung berada di Jl. Chairil Anwar No. 30, Sukarame, Kecamatan Sukarame, Kota Bandar Lampung. Sekolah ini didirikan pada tahun 1978 sebagai sekolah unggulan yang mengedepankan prestasi akademik dan non-akademik. 

Sekolah ini memiliki dua jurusan, yaitu IPA dan IPS, serta beberapa kelas khusus seperti kelas akselerasi, kelas internasional, dan kelas bilingue. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar internasional (RSBI). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suharno, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 547,877, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 293 nasional.

SMA Negeri 8 Bandar Lampung

SMA Negeri 8 Bandar Lampung berlokasi di Jl. Laksamana Malahayati No. 10, Talang, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung. Sekolah ini didirikan pada tahun 1982 sebagai sekolah menengah atas pertama di wilayah Teluk Betung Selatan. 

Sekolah ini memiliki dua jurusan, yaitu IPA dan IPS, serta beberapa kelas unggulan seperti kelas olimpiade sains dan kelas bahasa asing. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar nasional (SSN). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Mulyadi, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 546,442, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 321 nasional.

SMA Negeri 1 Pringsewu

SMA Negeri 1 Pringsewu berada di Jl. Raya Pringsewu No. 1, Pringsewu, Kabupaten Pringsewu. Sekolah ini didirikan pada tahun 1958 sebagai sekolah menengah atas pertama di wilayah Pringsewu. 

Sekolah ini memiliki tiga jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa, serta beberapa kelas spesial seperti kelas unggulan, kelas internasional, dan kelas inklusi. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar nasional (SSN). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suharsono, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 545,904, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 333 nasional.

SMA Negeri 1 Bandar Lampung

SMA Negeri 1 Bandar Lampung berlokasi di Jl. Teuku Umar No. 1, Sukabumi, Kecamatan Teluk Betung Utara, Kota Bandar Lampung. Sekolah ini didirikan pada tahun 1957 sebagai sekolah menengah atas pertama di wilayah Bandar Lampung. 

Sekolah ini memiliki tiga jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa, serta beberapa kelas favorit seperti kelas akselerasi, kelas internasional, dan kelas bilingue. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar internasional (RSBI). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suhartono, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 545,878, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 334 nasional.

SMA Negeri 1 Pesawaran

SMA Negeri 1 Pesawaran berada di Jl. Raya Gedong Tataan No. 2, Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran. Sekolah ini didirikan pada tahun 1965 sebagai sekolah menengah atas pertama di wilayah Pesawaran. 

Sekolah ini memiliki dua jurusan, yaitu IPA dan IPS, serta beberapa kelas unggulan seperti kelas olimpiade sains dan kelas bahasa asing. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar nasional (SSN). Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suharyanto, M.Pd. 

Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 545,852, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 335 nasional.

SMA Negeri 1 Pesisir Barat

SMA Negeri 1 Pesisir Barat berlokasi di Jl. Raya Krui No. 1, Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat. Sekolah ini didirikan pada tahun 2014 sebagai sekolah menengah atas pertama di wilayah Pesisir Barat. 

Sekolah ini memiliki dua jurusan, yaitu IPA dan IPS, serta beberapa kelas spesial seperti kelas unggulan, kelas internasional, dan kelas inklusi. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar nasional (SSN). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suhardi, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 545,826, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 336 nasional.

SMA Negeri 1 Lampung Selatan

SMA Negeri 1 Lampung Selatan berada di Jl. Raya Kalianda No. 1, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Sekolah ini didirikan pada tahun 1958 sebagai sekolah menengah atas pertama di wilayah Lampung Selatan. 

Sekolah ini memiliki tiga jurusan, yaitu IPA, IPS, dan Bahasa, serta beberapa kelas pendukung seperti kelas seni, kelas agama, dan kelas olahraga. Sekolah ini memiliki akreditasi A dan berstandar nasional (SSN). 

Kepala sekolahnya adalah Drs. H. Suharmanto, M.Pd. Nilai rata-rata UTBK siswa-siswinya adalah 545,800, yang membuat sekolah ini mendapat peringkat 337 nasional.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi 10 SMA terbaik di Lampung berdasarkan nilai UTBK nasional. Dimanapun sekolahnya, kesuksesan tetap bergantung kepada pribadi masing-masing. Semoga bermanfaat dan informatif bagi pembaca.
A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.