Cara Usir Cicak dari Rumah Menggunakan 4 Tumbuhan Anti Cicak

Cara Usir Cicak dari Rumah Menggunakan 4 Tumbuhan Anti Cicak
Cara Usir Cicak - Seperti yang diketahi bersama, cicak merupakan hewan pengganggu yang ada di rumah. Entah darimana datangnya cicak ini akan selalu ada di setiap rumah.

Cicak adalah hewan reptil yang sering muncul di rumah-rumah. Meskipun tidak berbahaya secara fisik, kehadiran cicak bisa mengganggu dan membuat jijik. 

Kenapa Cicak Berbahaya?

Cicak juga bisa meninggalkan kotoran yang menempel pada benda-benda di rumah, seperti buku, lemari, langit-langit, hiasan dinding, dan lain-lain. Yuk ketahui lebih lanjut kenapa cicak itu berbahaya? Berikut penjelasaannya.

Cicak membawa bakteri salmonella

Bakteri salmonella adalah bakteri yang bisa menyebabkan keracunan makanan, diare, demam, dan dehidrasi. Cicak bisa membawa bakteri salmonella di usus, mulut, dan kotorannya. 

Kotoran cicak bisa menempel pada benda-benda di rumah, seperti buku, lemari, langit-langit, hiasan dinding, dan makanan. 

Jika Anda menyentuh atau mengonsumsi benda-benda yang terkontaminasi kotoran cicak, Anda bisa terkena infeksi salmonella.

Air liur cicak mengandung bakteri E. Coli

Bakteri E. Coli adalah bakteri yang bisa menyebabkan masalah pada saluran pencernaan, seperti sakit dan kram perut, demam, dan diare berdarah. 

Air liur cicak juga mengandung bakteri E. Coli yang bisa menular melalui kontak langsung atau tidak langsung. 

Cicak sering mencari makanan di dapur dan bisa menyentuh atau menjilat makanan yang ada di sana. Jika Anda mengonsumsi makanan yang terkontaminasi air liur cicak, Anda bisa terkena infeksi E. Coli.

Cicak mengganggu kebersihan dan kesucian rumah

Cicak adalah hewan yang hidup di tempat-tempat lembap, kotor, dan tersembunyi, seperti sela-sela dinding, ventilasi, atau plafon. 

Cicak juga buang air sembarangan di mana saja, tanpa mempedulikan apakah itu dekat dengan makanan, kamar mandi, atau tempat ibadah. Hal ini bisa mengganggu kebersihan dan kesucian rumah Anda. 

Sedangkan bagi teman-teman yang beragama Islam, cicak juga dianggap sebagai hewan yang harus dibasmi karena pernah membantu membakar Nabi Ibrahim AS.

Cara Mengusir Cicak di Rumah

Untuk mengatasi bahaya yang ditimbulkan oleh keberadaan cicak di rumah, Teman-teman bisa melakukan beberapa cara yang uncchu rangkum berikut ini.

Gunakan cairan anti serangga atau obat nyamuk

Cairan anti serangga atau obat nyamuk bisa digunakan untuk mengusir cicak dari rumah karena bisa membuat mereka mabuk atau mati. Teman-teman bisa menyemprotkan atau mengoleskan cairan tersebut pada daerah-daerah yang sering dihinggapi cicak. 

Selain itu, cairan anti serangga atau obat nyamuk juga bisa mengusir nyamuk yang menjadi makanan utama cicak. Jika sumber makanan cicak berkurang, mereka akan mencari tempat lain.

Manfaatkan bahan-bahan alami yang memiliki bau kuat

Bahan-bahan alami yang memiliki bau kuat seperti bawang putih, bawang merah, lada hitam, atau pohon cabai juga bisa digunakan untuk mengusir cicak dari rumah karena mereka tidak suka dengan bau tersebut.

Teman-teman bisa meletakkan beberapa siung bawang putih atau beberapa irisan bawang merah di sudut-sudut ruangan yang sering ditempati cicak. Teman-teman juga bisa mencampurkan bubuk lada hitam dengan air dan memasukkannya ke dalam botol semprot. 

Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke area-area yang biasa ditempati oleh cicak. Hal ini juga bisa dengan menanam pohon cabai di halaman atau di pot dan meletakkannya di dekat jendela atau pintu.

Singkirkan buah dan pot tanaman

Buah dan pot tanaman bisa menarik perhatian cicak karena mereka juga suka makan buah dan daun tanaman. Teman-teman sebaiknya menyimpan buah dalam tempat tertutup dan mengurangi jumlah pot-pot tanaman hias agar tidak mengundang cicak berdatangan ke rumah. 

Atau, juga bisa menanam tumbuhan yang tidak disukai oleh cicak seperti tikel balung atau patah tulang yang mengeluarkan getah beracun yang bisa membasmi cicak dan kutu.

Jaga kebersihan rumah

Cara terbaik untuk mengusir cicak dari rumah adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Bersihkan debu, sisa makanan, sampah, dan hal-hal lain yang bisa menjadi sumber makanan atau tempat bersembunyi bagi cicak. 

Gunakan pembersih yang memiliki bau menyegarkan agar cicak tidak suka. Juga, pastikan rumah memiliki ventilasi yang baik agar tidak lembap dan pengap.

Tumbuhan Pengusir Cicak

Salah satu cara untuk mengusir cicak dari rumah adalah dengan menggunakan tumbuhan anti cicak. Tumbuhan anti cicak adalah tumbuhan yang memiliki bau, rasa, atau zat yang tidak disukai oleh cicak. 

Menanam atau meletakkan tumbuhan anti cicak di rumah, bisa membuat cicak menjauh dan mencari tempat lain. Berikut ini adalah beberapa contoh tumbuhan anti cicak yang bisa digunakan.

Pohon cabai

Pohon cabai memiliki bau yang menyengat dan rasa yang pedas yang tidak disukai oleh cicak. Anda bisa menanam pohon cabai di halaman atau di pot dan meletakkannya di dekat jendela atau pintu. Selain mengusir cicak, pohon cabai juga bisa mengusir nyamuk dan lalat.

Bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah juga memiliki bau yang kuat yang bisa mengusir cicak. Teman-teman bisa meletakkan beberapa siung bawang putih atau beberapa irisan bawang merah di sudut-sudut ruangan yang sering dihinggapi cicak. 

Teman-teman juga bisa membuat semprotan dari air yang dicampur dengan bawang putih atau bawang merah halus dan menyemprotkannya ke tempat-tempat tersebut.

Tikel balung

Tikel balung atau patah tulang adalah tanaman yang mengeluarkan getah beracun yang bisa membasmi cicak dan kutu. 

Bisa juga meletakkan getah tikel balung di tempat-tempat yang sering dilalui oleh cicak agar mereka tidak mau melewati area tersebut lagi.

Lada hitam 

Lada hitam juga bisa digunakan untuk mengusir cicak karena bisa mengiritasi kulit dan hidung mereka. Teman-teman bisa mencampurkan bubuk lada hitam dengan air dan memasukkannya ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan tersebut ke area-area yang biasa ditempati oleh cicak.

Kesimpulan

Itulah beberapa tumbuhan anti cicak yang bisa dicoba di rumah. Selain menggunakan tumbuhan anti cicak, menjaga kebersihan rumah agar tidak menarik perhatian cicak. 

Bersihkan debu, sisa makanan, sampah, dan hal-hal lain yang bisa menjadi sumber makanan atau tempat bersembunyi bagi cicak. Semoga bermanfaat.


Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.