Wajib Tahu, Ini Cara Mengenali Seorang Psikopat dari 6 Sifat Umum Mereka

Sifat Umum Psikopat – Memiliki kepribadian yang unik tentu sah-sah saja. Selama kepribadian itu tidak merusak diri maupun orang lain. Ada banyak jenis kepribadian yang sangat unik untuk dipelajari. Psikopat termasuk salah satu kepribadian yang cukup sulit dikenali.

Apa Itu Psikopat?

Sifat Psikopat
Sifat Psikopat (pixabay)

Merujuk situs Alodokter, gangguan kepribadian yang umum diderita oleh kaum pria ini memiliki arti bahwa Psikopat adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang tidak memiliki emosi, perasaan, dan hati nurani.

Walaupun sering digunakan, psikopat sendiri bukanlah istilah medis yang tepat untuk kondisi ini, melainkan gangguan kepribadian antisosial yang disebut antisocial personality disorder (APD).

Sifat Umum Seorang Psikopat

6 Sifat Psikopat Yang Mudah Dikenali
6 Sifat Psikopat Yang Mudah Dikenali

Beberapa riset menyebut kepribadian psikopat menyentuh angka satu persen dari total seluruh orang di dunia. Ciri-ciri psikopat sendiri bisa dikenali semenjak masih anak-anak. Bisa semakin parah seiring berjalannya waktu.

Ada beberapa cara mengenali seseorang dengan kepribadian psikopat. Berikut cara mengenali seorang psikopat dengan 6 sifat mereka. Apa saja?

Anti Sosial

Seperti disebutkan di dalam pengertian psikopat. Mereka dengan kepribadian ini terkenal karena anti sosial. Mereka cenderung menarik diri dari lingkungan.

Berbeda dengan introvert yang sama-sama menarik diri dari lingkungan. Psikopat lebih menyukai kegiatan seperti berbohong, menipu, kekerasan bahkan hingga membunuh.

Aktivitas berbahaya tersebut dianggap sangat menarik dan menantang bagi mereka dengan kepribadian psikopat. Mereka sangat menyukai tantangan dan kegiatan dengan resiko tinggi tanpa ada tujuan yang jelas.

Selalu Mengedepankan Ego

Prilaku seperti ini biasa dikenal dengan egomaniak. Dimana psikopat lebih mengedepankan egonya. Psikopat sangat sulit untuk dipahami bahkan untuk sekedar dimengerti.

Psikopat lebih mementingkan diri sendiri dan sangat sulit untuk diubah. Seiring berjalannya waktu, sifat ego mereka semakin meningkat dan menjadi-jadi.

Tidak Bisa Mencintai

Mereka dengan kepribadian seperti ini tidak bisa mencintai sama sekali. Bahkan untuk mencintai orang terdekat seperti orangtua, saudara dan anak mereka sendiri.

Kurangnya Kontrol Perilaku

Penderita dengan gangguan seperti ini kurang bisa mengontrol apa yang mereka lakukan. Mereka cenderung tidak bisa sama sekali mengontrol prilaku.

Mudah marah, sangat mudah mencaci, tiba-tiba jengkel dan agresif. Hal ini terjadi karena egomaniak dan kurang bisanya psikopat mengontrol dan mengendalikan kemarahan.

Tidak Ada Penyesalan

Tidak adanya penyesalan dan cuek dengan apa yang telah mereka lakukan. Psikopat cenderung bersikap dingin, tidak peduli, tidak memiliki empati dan berhati beku.

Oleh karena itu, orang dengan gejala seperti ini tidak peduli dengan apa yang dirasakan, kerugian dan kesakitan oranglain (korbannya).

Kharismatik dan Pintar

Ciri psikopat yang satu ini mungkin sedikit mengejutkan. Akan tetapi kenyataannya memang seperti itulah seorang psikopat. Kepiawaian mereka menunjukkan sisi baik membuat banyak orang lengah bahwa mereka adalah seorang psikopat.

Mereka sangat kharismatik, pandai bicara dan pintar. Meski beberapa sifat mereka sangat ceroboh. Kharismatik, kepintaran dan sangat manipulatif membuat mereka sangat mudah (terlepas) dari beberapa permasalahan yang timbul akibat perbuatan mereka.

Banyak karya sinematik, baik dokumenter, drama ataupun film yang mengangkat sisi psikopat. Apa yang digambarkan di dalam drama seperti mouse (diperankan oleh Lee Seung-gi) umumnya sangat relate dengan ciri-ciri psikopat di dunia nyata.

Kesimpulan

Itulah 6 cara mengenali seseorang psikopat dari sifat mereka. Tapi praktek di lapangan tidak akan semudah membaca artikel di atas.

Kemampuan manipulatif seorang psikopat dikombinasikan dengan kepintaran mereka. Membuat seseorang dengan kepribadian psikopat sangat sulit untuk dikenali dan diidentifikasi.

Cara terbaik mengenali mereka adalah dengan membaca latar belakang, menikmati keseharian dan menjadi bagian dari mereka. Tapi sekali lagi itu tidak semudah yang dibayangkan dan sangat berbahaya.

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.