12 Cara Memperbanyak ASI Dengan Mudah

Cara memperbanyak ASI – Masih terekam jelas di memori saya, ketika melahirkan anak pertama, 9 tahun nan lalu. Saya sebagai ibu muda yang baru belajar menjadi seorang ibu belum tahu betul bagaimana cara memperbanyak ASI. Awalnya, ASI yang saya hasilkan tidak sebanding dengan kebutuhan anak. Saya bertekad akan memberikan ASI eksklusif sampai putra pertama saya berumur 6 bulan, meskipun masa cuti melahirkan saya telah habis. Oleh sebab itu, saya mencari cara memperbanyak ASI dengan mudah namun tetap sehat.

Apa yang saya lakukan?

Bermula dari produksi ASI hanya sedikit. Saya mencari cara agar ASI yang dihasilkan lebih banyak. Berbagai cara dan petunjuk saya lakukan agar ASI yang dihasilkan lebih banyak.

Mama mertua membuatkan saya sayur daun katu dan jantung pisang yang katanya merupakan salah satu dari beberapa cara memperbanyak ASI. Tak hanya itu, saya juga mengonsumsi suplemen yang diberikan oleh dokter, makan kacang-kacangan terutama kacang goreng.

Mulai dari makan sayuran yang bisa menghasilkan ASI yang banyak, protein, buah, kacang-kacangan dan vitamin. Apapun yang disarankan oleh orang ketika itu, saya lakukan agar si kecil bisa mendapatkan ASI eksklusif.

Lalu bagaimana cara memperbanyak ASI?

Cara Memperbanyak ASI
Cara Memperbanyak ASI

Cara memperbanyak ASI dengan mudah cukup digemari oleh kaum ibu terutama bagi ibu muda yang baru saja berbahagia menyandang predikat orangtua seutuhnya. Lalu apa saja cara memperbanyak ASI yang bisa kaum ibu coba di rumah? Berikut 12 cara memperbanyak ASI dengan mudah.

Memijat Payudara

Hal pertama yang saya lakukan yaitu memijat payudara. Ini bertujuan membuat produksi ASI meningkat. Pertama, pijatlah bagian pangkal payudara dengan menggunakan dua jari telunjuk dan tengah. Lakukan gerakan melingkar pada bagian luar payudara selama 30 detik lalu buat gerakan memutari payudara hingga menuju puting, lakukan berulang- ulang. Metode ini diberi tahu oleh tetangga seorang perawat.

Memompa Payudara

Cara memperbanyak produksi ASI selanjutnya adalah dengan memompa payudara. Hal ini berguna agar payudara selalu terangsang untuk memproduksi ASI. Pompa ASI secara konsisten dan berkala di antara waktu menyusui. Lakukan pada kedua payudara setidaknya selama 10 menit.

Berikan ASI Terus-Menerus

Teruslah rajin dan konsisten menyusui, hal tersebut akan merangsang payudara untuk memproduksi ASI. Usahakan menyusui dengan kedua payudara. Meskipun Anda merasa bahwa produksi ASI Anda sedikit, jangan berhenti menyusui sekalipun. Dengan terus rajin dan konsisten menyusui, hal tersebut akan merangsang payudara untuk memproduksi ASI.

Berikan ASI Setiap Dua Jam

Saya masih ingat dengan ucapan kakak ipar, berikanlah ASI sesering mungkin setiap 2-3 jam. Jadwal menyusui yang teratur akan semakin merangsang produksi ASI. Terutama ketika bayi baru lahir. Ini juga bertujuan agar bayi tidak kuning karena kekurangan ASI. Jika bayi tidur lewat dari 3 jam, bagunkan dia dan segera berikan ASI.

Menyusu dengan Kedua Payudara

Hindari menyusui bayi dengan salah satu payudara saja, karena hal tersebut bisa membuat salah satu payudara lebih aktif berproduksi daripada yang lainnya. Kebiasaan Anda yang memberikan ASI hanya pada satu payudara berdampak buruk bayi bayi dan produksi ASI.

Misalnya, ketika Anda menggantinya dengan payudara yang satu lagi bayi Anda pasti akan menangis karena merasa asing. Hal hasil Anda kewalahan menghadapi bayi yang rewel dan harus menuruti keinginannya. Oleh karena itu, usahakan memberikan ASI pada kedua payudara.

Menciptakan Suasana yang Tenang Ketika Menyusui

Menciptakan suasana yang tenang akan membuat bayi rileks dalam waktu yang lama dan bahkan hingga tertidur. Anda bisa memutar musik relaksasi atau mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran. Buatlah posisi yang nyaman agar bayi merasa puas ketika menyusui.

Bertemu Langsung dengan Kulit Bayi

Jangan sesekali halangi kulit bayi dengan kain ketika menyusui. Sebisanya hanya memakai popok saja. Tujuannya meningkatkan ikatan emosional ibu dan anak. Buatlah kulit bayi bersentuhan dengan ibu, begitupun sebaliknya.

Jangan Stres

Memiliki bayi membutuhkan tenaga ekstra, apalagi jika ibu bekerja. Usahakan tidak boleh stres karena membuat produksi ASI menjadi terganggu. Anda bisa meminta tolong pada suami atau keluarga untuk mengurusnya.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup akan berpengaruh pada produksi ASI. Ibu yang kurang tidur membuat ASI menjadi berkurang. Tinggalkanlah pekerjaan yang menunggu dan tidurlah bersama bayi Anda. Selain menghilangkan lelah, Anda juga dapat beraktivitas kembali.

Perbanyak Minum Air Putih

Banyak minum air putih. Dengan mencukupi mencukupi kebutuhan air mineral akan membantu ASI agar terus diproduksi secara teratur. Tidak hanya air mineral, minum jus tanpa gula baik buah maupun sayur akan memperbanyak ASI. Hindari minuman yang mengandung bahan kafein karena akan berpengaruh buruk bagi bayi.

Meminum Suplemen Tambahan ASI

Bagi Anda yang masih saja memproduksi ASI dalam jumlah yang sedikit, Anda bisa mencoba untuk meminum suplemen penambah ASI. Tentunya dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan atau bidan, suplemen mana yang cocok untuk dikonsumsi.

Makan Makanan Bergizi

Selama masa menyusui, makanlah makanan yang bergizi. Tinggi akan serat dan protein. Makanan ini bisa Anda dapatkan pada daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, bayam, woter dan pepaya. Anda juga dapat menyeimbangkannya dengan menu yang berbeda-beda setiap harinya agar tidak jenuh dengan menu yang itu-itu saja. Makanlah sesering mungkin dalam porsi kecil.

Kesimpulan

Demikianlah cara ampuh memperbanyak ASI yang bisa Anda terapkan di rumah. Hal terpenting dalam masa menyusui adalah jangan panik dan stres. Ini berakibat pada produksi ASI yang dihasilkan. Bagi ibu baru yang melahirkan anak pertamanya, tak ada salahnya mencoba cara di atas. Selamat mencoba ya Bu!

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.