cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Fumida Pest Control : Basmi 5 Jenis Hama Di Rumah Jadi Mudah

Fumida Pest Control – Rumah yang nyaman adalah rumah yang sehat, bersih dan bebas hama. Mungkin Anda akan sedikit terkejut mendengar kata hama terutama hama yang ada di rumah.

Mungkin Anda akan bertanya, “kok ada hama di rumah?, Bukankah hama itu adanya di kebun, sawah atau ladang ya?”

Sebelum menjawab pertanyaan yang muncul di kepala Anda tentang hama. Mari sedikit merujuk ke apa itu hama? Apa sih pengertian hama?

Pengertian Hama

Merujuk KBBI, hama adalah hewan yang mengganggu produksi pertanian seperti babi hutan, tupai, tikus, dan terutama serangga. Benih penyakit, Biang keladi kerusakan atau perusak.

Sedangkan pengertian hama berdasarkan ejurnal yang termuat di Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengatakan bahwa dalam arti luas hama didefenisikan sebagai segala bentuk gangguan baik pada manusia, ternak dan tanaman dan dalam arti sempit hama berkaitan dengan budidaya tanaman, dimana semua hewan yang merusak tanaman dan hasilnya serta aktivitasnya dapat menimbulkan kerugian secara ekonomis.

Hama juga bisa diartikan sebagai organisme pengganggu dan penyerang apapun yang dibudidayakan sehingga dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan serta menimbulkan kerugian secara ekonomis.

Selain itu hama dapat menyerang apapun pada kegiatan budidaya seperti pada bidang pertanian, peternakan dan perikanan.

Jenis Hama Menurut Tempatnya

Pengelompokan hama berdasarkan tempat domisili dan tempat hama melakukan penyerangan serta pengrusakan. Maka hama bisa dikelompokkan pada dua kelompok besar, yaitu hama rumah tangga dan hama pertanian.

Namun kali ini, Hama rumah tangga akan menjadi pokok bahasan utama pada artikel ini. Bagaimana cara mengendalikannya dan binatang apa saja yang termasuk hama rumah tangga.

Hama Rumahan atau Hama Rumah Tangga

Hama rumah tangga adalah hama yang melakukan pengrusakan di rumah kediaman manusia.

Cicak

Cicak juga disebut hama rumah tangga. Meski sebenarnya cicak memiliki peran penting sebagai pengendali hama organik terhadap nyamuk dan serangga kecil lainnya.

Namun, beberapa orang akan sangat risih dan merasa terganggu oleh kehadirannya. Baik tahi, bentuk tubuh dan suaranya yang mengganggu.

Kecoak

Serangga penyuka tempat lembab dan kotor ini juga termasuk ke dalam hama rumahan atau hama rumah tangga. Kecoak dikenal sebagai hewan pembawa penyakit (penular) penyakit ke manusia.

Potensi kontaminasi dan kontak dengan makanan manusia yang tinggi ini menjadikan kecoak hama yang aktif menularkan penyakit dan juga termasuk hama yang sulit dimusnahkan.

Semut

Semut termasuk hama rumah tangga yang kehadirannya sering mengganggu manusia. Selain mengintai makanan, beberapa semut juga cukup berbahaya bagi manusia.

Nyamuk

Hama yang satu ini, merupakan hama dengan tingkat bahaya tinggi dan tingkat penyebaran serta tingkat perkembangbiakan tinggi.

Meaki memiliki musuh alami yaitu cicak, nyamuk tetap berbahaya dan sangat mengacam jiwa manusia jika populasinya tidak terkontrol dengan baik.

Kutu Busuk

Hama yang aktif pada malam hari ini sangat sulit untuk dideteksi kehadirannya oleh mata manusia. Hanya rasa sakit dan gatal tiba-tiba yang menandakan bahwa kutu busuk sudah menjadi hama di rumah.

Kerugian Dari Munculnya Hama

Seperti pengertian hama di atas, kerugian dari hama yang ada di rumah tangga ini lumayan banyak dan meresahkan Anda sebagai pemilik rumah.

  • Membawa kotoran dan penyakit dari luar ke dalam rumah.
  • Menimbulkan bau busuk.
  • Mengkotori makanan sehingga bahaya bagi kesehatan dan tidak dapat lagi dimakan.
  • Merusak pemandangan, kenyamanan dan membuat orang risih melihatnya.
  • Mengatasinya dengan bahan kimia juga memberi dampak buruk bagi penghuni rumah.

Cara Mencegah dan Membasmi Hama Rumah Tangga

Banyak hal yang harus Anda perhatikan dalam melakukan pencegahan dan pembasmian hama rumah tangga.

  • Membersihkan rumah secara teratur
  • Menanam tanaman yang tidak disukai hama (seperti jeruk dan lavender)
  • Membuang sampah dengan benar
  • Memperbaiki semua pipa bocor penyebab lembabnya rumah.
  • Menutup semua celah, retak dan lubang. Hal ini dapat mencegah masuknya hama ke dalam rumah
  • Menyimpan makanan dengan benar, tepat dan aman
  • Memasang jaring atau kasa nyamuk
  • Rutin mencuci sprei, gorden dan wadah-wadah potensial berkembangnya hama di rumah

Namun tahukah Anda, bahwa sekarang Anda tidak perlu repot lagi perihal hama. Anda bisa memanfaatkan jasa pest control dari Fumida.

Fumida Pestindo Jaya adalah jasa pembasmi hama terbaik yang sudah tidak diragukan lagi. Jasa pembasmi rayap Fumida profesional terpercaya.

Mengapa Harus Fumida Hight Quality Pest Control Service?

Fumida Pest Control
Fumida Pest Control

Fumida adalah perusahaan pengendalian hama yang didukung oleh para ahli dan profesional. Selain itu fumida juga tercatat telah berpengalaman selama 10 tahun lebih dalam hal pengendalian hama rumah tangga.

Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Fumida adalah konsultasi gratis masalah hama dan penanganannya. Survei lokasi oleh tenaga profesional untuk memastikan potensi keberadaan hama hingga penerapan proteksi berlapis terhadap hama untuk bangunan Anda.

Fumida juga menawarkan garansi sampai 3 sampai 5 tahun untuk proteksi maksimal rumah dan bangunan Anda agar terbebas dari rayap dan hama.

Apakah Fumida Legal?

Fumida Pembasmi Rayap
Fogging oleh Fumida

Tentu, Fumida telah memiliki ijin resmi dalam menjalankan jasa pengendalian hama atau pest control.

Memiliki Nomor Izin Operasional Perusahaan Pengendalian Hama : 4/B.1/37.75.03/-1.779.3/2018 dan Nomor Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia : B-AB/225/16/III/18 mengukuhkan Fumida layak jadi partner jasa basmi rayap untuk rumah dan bangunan Anda.

Kesimpulan

Hama rumah tangga adalah hal yang harus segera Anda basmi. Tikus, rayap, kecoak, kutu busuk, nyamuk hingga tawon bisa membawa ancaman bagi kesehatan dan kebersihan rumah Anda.

Namun Fumida Hight Quality Pest Control Service menjadi solusi yang tepat untuk basmi hama di rumah Anda.

Post a Comment

Post a Comment