Pengertian Dan 4 Metode Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Metode Analisis Laporan Keuangan – Setiap laporan keuangan pasti memiliki siklus atau periode. Baik itu periode awal maupun periode akhir. Di setiap periode tersebut akan ada penyusunan laporan keuangan. Sebut saja penyusunan laporan keuangan seperti laporan laba atau rugi perusahaan. Ada juga laporan perubahan modal, arus kas dan neraca.

Pengertian Analisis Keuangan

Analisis laporan keuangan adalah penguraian suatu pokok atas berbagai bagiannya dan penelaahan bagian itu sendiri serta menghubungkan antar bagian untuk memperoleh pengertian yang tepat dan pemahaman arti secara keseluruhan. (Prastowo 2008)

Semua laporan tersebut sangat penting untuk keberlangsungan suatu perusahaan ke depannya. Laporan keuangan biasanya ditujukan untuk direksi, pemegang saham atau stakeholder. Dari laporan keuangan perusahaan dapat diketahui informasi tentang posisi keuangan dan kinerja perusahaan yang mana informasi ini sangat berguna dalam dasar untuk pengambilan keputusan menyangkut keberlangsungan suatu perusahaan.

Tujuan Analisis Laporan Keuangan

Secara garis besar tujuan utama dalam proses analisis laporan keuangan adalah untuk mengetahui kondisi kesehatan perusahaan. Terutama dari sisi penting yaitu keuangan. Tujuan analisis keuangan diantaranya:

  • Menilai kinerja manajemen pada tahun berjalan.
  • Mengetahui perubahan posisi keuangan perusahaan pada periode tertentu.
  • Mengetahui kelemahan dan kelebihan apa saja yang dimiliki perusahaan.
  • Mengetahui langkah perbaikan apa saja yang perlu dilakukan kedepan yang berkaitan dengan posisi keuangan dan kinerja perusahaan.

Metode Analisis Laporan Keuangan

Metode Analisis Laporan Keuangan
Metode Analisis Laporan Keuangan

Setelah mengetahui apa itu analisis keuangan dan tujuan dari analisis keuangan perusahaan. Ada baiknya mengetahui apa saja metode yang digunakan dalam membuat sebuah analisis keuangan. Metode ini dilakukan agar dapat memperoleh ukuran-ukuran, hubungan, ataupun informasi lainnya yang dapat digunakan untuk menilai posisi keuangan perusahaan. Metode analisis keuangan ini juga dapat membantu proses pengambilan keputusan di masa yang akan datang.

Common Size Financial Statement

Metode Common Size Financial Statement adalah metode analisis keuangan yang menjadikan laporan keuangan dalam bentuk presentasi. Adapun presentasi yang dibuat biasanya berkaitan dengan jumlah aset dan lainnya yang bernilai penting. Sebut saja seperti aset pada neraca, penjualan pada laporan laba/rugi.

Index Time Series

Metode Index Time Series adalah Metode analisis keuangan yang dihitung dengan cara menggunakan laporan keuangan yang dijadikan sebagai indeks dan dipilih sebagai tahun dasar. Biasanya metode ini memilih tahun dasar yang dipilih/ditetapkan diberi indeks 100.

Komparatif atau Perbandingan (Ratio)

Metode analisis keuangan komparatif atau perbandingan digunakan dengan cara menggunakan angka-angka di laporan keuangan dan membandingkan dengan angka-angka yang ada di laporan keuangan tahun sebelumnya.

Dengan kata lain, Anda dapat membandingkan masing-masing pos laporan keuangan yang relevan atau data yang signifikan sehingga metode ini juga dikenal dengan istilah metode analisis rasio.

Analisis

Metode analisis adalah metode analisis keuangan yang cukup kompleks. Metode ini menggunakan teknik perbandingan laporan keuangan beberapa tahun dan kemudian menggambarkan tren atau grafiknya.

Oleh karena itu, pada metode ini dibutuhkan bantuan pengetahuan statistik yang mumpuni. Misalnya, seperti menggunakan rumus program linier y = a + bx. Teknik tren dapat digunakan untuk memproyeksikan laporan keuangan di masa depan dengan menggunakan data historis.

Akhir Kata

Itulah empat metode analisis keuangan yang bisa Anda coba dalam menganalis keuangan. Anda bisa mengombinasikan beberapa metode untuk mendapatkan hasil laporan yang lebih baik dan akurat. Bagaimanapun, analisis laporan keuangan adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh satu perusahan demi keberlangsungan dan perencanaan keuangan di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.