Skip to main content
Uncchu.com

follow us

10 Tips Ampuh Menjadi Menantu yang Disayang Mertua

Tips Menantu Idaman - Berbicara mengenai mertua, ada teori yang melukiskan bahwa hubungan mertua dan menantu, khususnya mertua dan menantu perempuan, sulit akurnya. Banyak konflik yang sering terjadi apalagi serumah dengan mertua. 

Eit, menantu yang mana dulu. Jika seorang menantu perempuan pandai mengambil hati mertua, orangtua dari suami maka barulah dibilang menantu idaman. 

Mertua adalah bagian dari keluarga kita. Oleh sebab itu, sebagai menantu kita berusaha mendekatkan diri dengan mertua agar terjalin komunikasi yang seimbang.

Semua menantu pastinya ingin disayang oleh mertua layaknya anak sendiri. Jika sudah terjalin hubungan yang erat, yakinlah mertua Anda akan lebih sayang pada Anda.

Nah, agar kedekatan dengan mertua makin erat, simak yuk beberapa tips berikut ini.

Bersikap positif

Untuk bisa menjadi menantu yang disayang mertua, cobalah bersikap positif terhadap mertua. Sama seperti Anda bersikap pada orangtua Anda. Berusahalah bersikap baik dan menyenangkan hati beliau supaya mertua tahu bahwa anaknya tidak salah memilih pasangan.

Tanamkan pada hati Anda pikiran yang positif saat bertemu dengan mertua. Bicaralah dengan sopan dan santun.

Hormati mertua

Sebagai orang yang lebih tua, perlakukan mertua Anda dengan hormat. Beliau memiliki pengalaman hidup yang lebih bijak dari Anda. Mungkin beliau telah merasakan pahit manisnya kehidupan yang membuatnya lebih kuat sehingga Anda bisa belajar banyak darinya.

Tanyakan pada ibu mertua bagaimana masa kecilnya, pengalamannya menjalani pernikahan, mengasuh anak, serta pengalaman hidup lainnya. Anda akan jadi menantu yang disayang mertua karena saat bertukar curahan hati, ada jalinan kuat yang terbentuk di antara kalian.

Berikan perhatian

Jika tinggal serumah dengan mertua, berikan beliau perhatian lebih. Menemaninya memasak, mengobrol, pergi ke pasar dan membantu pekerjaan rumah. Niscaya, mertua Anda akan sayang pada Anda. Apalagi bagi Anda yang sudah tidak punya ibu kandung dan ibu mertualah yang menyayangi Anda.

Bila tidak tinggal serumah, lakukan hal tersebut saat beliau berkunjung ke rumah. Pastinya perhatian lebih seperti ini akan membuat Anda jadi menantu yang disayang mertua.

Kesetaraan

Perlakukan ibu kandung dan ibu mertua dengan setara dengan kasih sayang dan rasa hormat yang sama. Misalnya dengan mengunjungi rumah ibu kandung dan ibu mertua secara bergantian pada saat lebaran. Atau pada liburan sekolah tiba. Serta memberikan hadiah ketika beliau berulang tahun.

Menerima dan meminta saran mertua

Mertua pastinya memiliki lebih banyak pengalaman hidup daripada Anda. Oleh karena itu, jangan ragu untuk meminta nasihat dan saran. Meskipun Anda tidak setuju dengan saran yang beliau berikan, tetaplah berpikiran terbuka untuk menerimanya.

Tetap dengarkan nasihat dari beliau jika Anda tidak mengikuti sarannya. Jangan jadikan saran tersebut sebagai hal yang menyerang pribadi Anda karena sebenarnya beliau hanya mencoba untuk membantu.

Ajukan pertanyaan tentang dirinya

Ajuakan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan erat dengan kebiasaan mertua. Anda bisa menunjukkan ketertarikan dengan hobi dan aktivitasnya.

Seperti menanyakan resep makanan kesukaan suami. Pertanyaan tentang hobi mertua yang suka berkebun. "Ma, ajarin cara menaman cabe?" Atau bisa juga bertanya tentang kisah pertemuan mertua. Hal-hal tersebut membuat mertua merasa dihargai lho. 

Menjadi lebih peka

Sama layaknya ibu kandung. Ibu mertua mengandung, melahirkan, dan membesarkan suami kita hingga dewasa. Wajar saja jika beliau merasa cemburu ketika ada perempuan lain masuk ke dalam hidup anaknya. 

Anda harus paham bahwa melepaskan anak untuk hidup bersama orang lain tentu tak mudah baginya. Meski tidak semua mertua menganggap menantu adalah saingannya dalam cinta sang anak, namun  di sinilah Anda harus bisa peka terhadap perasaan mertua.

Informatif

Mertua pastinya senang jika diberi kabar penting yang terjadi dalam kehidupan anak dan menantunya. Berikan beliau informasi mengenai hari penting seperti ulang tahun dan acara sekolah. Pasti mertua Anda akan menghadirinya.

Seringlah untuk berkomunikasi pada mertua. Seperti mengirimkan foto cucunya, ajaklah anak Anda untuk berbicara dengan kakek neneknya. Hal ini akan membuat beliau semakin sayang.

Membiarkan mertua ikut mengurus anak

Mengijinkan ibu mertua ikut membantu mengurus anak bisa jadi hal yang baik. Anak butuh figur kakek neneknya. Bak kata pepatah, "sayang ke cucu lebih daripada sayang pada anak sendiri"

Biarkan anak merasa dimanja oleh nenek kakeknya sesekali. Namun, Anda juga harus tegas mengenai aturan dalam mendidik anak dan katakan pada mertua agar mengikuti aturan yang telah Anda buat bersama suami.

Komunikasi yang baik

Bila ada masalah yang sulit Anda hadapi, komunikasikan dengannya. Pastilah beliau mau membantu Anda dan memberikan solusinya. Jadikan beliau tempat curhat terdekat Anda setelah orangtua kandung. 

Selain itu, sesi curhat juga membuat hubungan kalian lebih dekat. Tujuan untuk menjadi menantu yang disayang mertua pun lebih mudah dicapai

Kesimpulan

Demikianlah 10 tips ampuh menjadi menantu yang disayang oleh mertua. Sama halnya pertama kali Anda mengenal suami Anda. Begitu juga dengan pendekatan Anda bersama mertua. Sayangi juga keluarganya. Dengan begitu, keluarga suami akan sayang pada Anda. Anda siap untuk menjadi menantu idaman bukan?

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar