cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

4 Cara Ampuh Mengatasi Tantrum Pada Anak Secara Islami

4 Cara Ampuh Mengatasi Tantrum Pada Anak Secara Islami
Tantrum Pada Anak – Apakah sibuah hati sering menangis kencang-kencang dan berguling? Hingga sampai melempar barang apapun yang ada di dekatnya? Tentu kelakuan Anak ini dapat membuat ibunda stres. Nah tahukah bunda bahwa kelakuan Anak yang terus menerus seperti ini di sebut dengan tantrum dalam ilmu kesehatan.

Lalu Bagaimanakah cara mengatasi tantrum pada anak? Dalam artikel kali ini akan membahas 4 cara ampuh mengatasi tantrum pada anak yang baik dan benar serta lebih kuat dengan pendekatan syariat.

Bunda tidak perlu terlalu cemas jika anak Anda berkelakuan seperti disebutkan pada awal artikel ini. Untuk lebih jelasnya Anda harus mengetahui sedikit tentang apa itu tantrum.

Apa itu tantrum?

Secara ilmu kesehatan tantrum adalah keadaan ketika Anak meluapkan emosinya dengan cara menangis kencang, berguling-guling di lantai, hingga melempar barang. Biasanya Anak dengan kondisi seperti ini sangat susah untuk dihentikan.

Normalnya kondisi ini pasti membuat Anda stres dan bingung dan tak jarang membuat Anda jadi kalab. Namun hal pertama yang harus Anda lakukan adalah bersikap tenang. Perlu Anda ketahui kondisi ini normal dan merupakan bagian dari proses tumbuh kembang anak.

Tantrum biasanya dialami oleh anak yang berusia 1-4 tahun. Namun, tidak hanya pada Anak-Anak, orang dewasa pun bisa mengalami tantrum.

Ketika sikecil mengalami tantrum, hal yang harus Anda lakukan adalah jangan panik dan ikut terbawa emosi. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tantrum pada anak.

Apa saja cara ampuh mengatasi tantrum pada Anak yang baik? Berikut adalah ulasan tentang 4 cara ampuh mengatasi tantrum pada anak yang baik dan lebih Islami. Jangan lupa untuk membaca artikel seutuhnya dan jangan setengah-setengah ya!

Penyebab tantrum pada Anak?

Sebelum mengenal cara mengatasi tantrum pada Anak yang baik. Anda harus tahu apa penyebab tantrum pada Anak. Tantrum umumnya disebabkan oleh terbatasnya kemampuan bahasa Anak untuk mengekspresikan perasaannya.

Sehingga mereka hanya bisa meluapkan emosinya dengan cara meronta, berteriak, menangis, menjerit, serta menghentakkan kedua kaki dan tangannya ke lantai.

Selain itu, tantrum juga bisa menjadi ajang Anak melakukan observasi dan mengenali cara mendapatkan keinginannya.

Sebagai contoh adalah saat Anak mengamuk untuk mendapatkan sesuatu dan Anda menuruti keinginannya, Maka sang Anak akan mengulangi cara tersebut di kemudian hari. Jika hal ini terus dibiarkan, bisa menjadi kebiasaan buruk bagi si Anak hingga kemudian hari.

Cara mengatasi tantrum pada anak

Tantrum pada anak tidak boleh dibiarkan terus-menerus karena bisa menjadi kebiasaan yang buruk dan memengaruhi perkembangannya di kemudian hari.

Sebagai orangtua, Anda bisa mencoba menghentikan tantrum pada anak dengan melakukan 4 cara ampuh atasi tantrum pada anak yang lebih Islami berikut ini.

Tetap tenang

Hal pertama yang harus anda lakukan saat anak Anda sudah mulai bersikap tantrum adalah berupayalah untuk tetap tenang. Seperti dijelaskan di atas sikap atau kondisi tantrum adalah salah satu ajang observasi dan cara anak mengenali bagamanan cara mendapatkan keinginannya.

Maka dengan bersikap tenang akan membuat anak mempelajari bahwa observasi yang Dia lakukan tidak berhsil. Hal yang perlu diingat adalah saat anak tantrum, Anda jangan membalas berteriak atau memaksa anak menghentikan amukannya.

Sikap yang tenang yang anda perlihatkan akan membuat tantrum sianak lebih mudah untuk diatasi. Anda juga bisa mengajak sikecil ke tempat yang lebih sepi dan tenang guna menenangkan emosinya.

Cari tahu penyebab amukannya

Banyak hal bisa saja jadi penyebab anak anda tantrum dan mengamuk tak karuan. Misal saja ada keinginan yang ingin Dia sampaikan. Namun memiliki keterbatasan dalam cara mengungkapkannya.

Hal ini sangat wajar karena anak kecil memang memiliki keterbatasan cara untuk mengungkapkan keinginannya. Oleh karena itu ketika anak Anda tantrum ada baiknya anda mencari tahu penyebab tantrumnya.

Cara ini sangat efektif dalam menangani tantrum pada anak. Anak bisa mengajaknya mengobrol jika Dia lapar, tanyakan atau ia masih mengantuk. Secara umum anak akan memberi respon anggukan jika Dia menemukan pertanyaan yang tepat.

Jika penyebab tantrum anak telah diketahui, maka Anda akan lebih mudah mengatasinya. Segera eksekusi kenginan anak Anda dan pastikan keinginan tersebut adalah suatu yang wajar dan normal.

Alihkan perhatian ketika tantrum

Anak Kecil akan sangat mudah tertarik dengan hal yang baru. terutama hal yang terlihat asing. Nah dengan ini anda bisa mengalihkannya dengan hal baru. Misal ia sangat ingin sesuatu dan itu tidak cocok atau tidak baik dengannya.

Anda bisa mengalihkannya dengan cara melihatkan atau mengalihkan kepada barang yang lebih bermanfaat bagi si Kecil. Karena sifat ilmiah anak kecil adalah sangat mudah tertarik dengan hal baru dan sangat mudah melupakan.

Karena anak kecil sangat mudah melupakan sesuatu dan tertarik pada hal baru. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk mengalihkan perhatiannya saat tantrum.

Misalnya, Anda bisa memberikan mainan yang sudah lama tidak dimainkan atau memberikan camilan kesukaannya saat Anak berteriak, marah, atau terlihat rewel.

Jangan memukul dan berteriak

Memeluk atau mencium adalah hal yang paling baik untuk dilakukan disaat Anak anda tantrum daripada mencubit atau meneriaki atau berkata kasar padanya.

Selain menenangkan, pelukan dan ciuman juga bisa menjadi cara untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli dan mencintai mereka.

Ajak anak mengaji atau ingatkan hafalannya

Dalam keadaan tantrum anda bisa mengingatkan anak Anda akan hafalannya. Membacakan beberapa ayat pendek atau doa yang telah dia hafal untuk pengalihan perhatiannya. Secara Islam ini cukup membantu menenangkan anak anda yang tantrum dan mengamuk tak karuan. Tertarik mencoba?

Jika tantrum pada anak tampak terlalu sering, atau membuatnya menyakiti dirinya atau orang lain, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendiskusikan perilaku tersebut dan cara tepat menanganinya. Konsultasilah pada ahlinya untuk penanganan lebih baik tentang mengatasi tantrum pada anak.

Itulah 4 Cara Ampuh Mengatasi Tantrum Pada Anak Yang Baik Secara Islami. Anda tertarik untuk mengaplikasikannya pada Anak kesayangan Anda?

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

Post a Comment

Post a Comment