4 Makanan Lezat Tapi Berbahaya Dari Berbagai Negara

0

Bicara makan makan, saya akan nomor satu ke depan jika ada yang memberikan suguhan hidangan super enak. Apalagi ditambah dengan klaim gratis dalam pembukaan.

Namun tahukah Anda, bahwa dari belahan dunia lain di bumi ini memiliki banyak macam hidangan yang sangat enak namun justru malah sangat berbahaya jika dikonsumsi.

Kategori berbahaya tersebut mungkin dikarenakan proses, cara dan bahan baku. Berikut uncchu.com akan urai daftar dari beberapa contoh makanan yang sangat lezat namun juga sangat berbahaya.

Jika dirunut, ada cukup banyak jenis makanan yang dianggap lezat oleh berbagai orang di berbagai belahan dunia, namun beracun atau berbahaya jika disantap tanpa pengolahan yang benar.

Sebelum Saya lanjut ke contoh-contohnya, perlu Saya ingatkan dahulu, lezat atau menggiurkan menurut orang lain belum tentu sama lezat dan menggiurkannya dengan manfaat yang didapat dari makanan tersebut.

Baik, ini dia beberapa contoh makanan enak dan lezat, tapi justru sangat berbahaya bagi penikmatnya. Terutama sangat berpengaruh hebat pada kesehatan penyantapnya.

Jamaika Dengan Buah Ackeenya

Ackee ddari Jamaika


Ackee dari Jamaika ini adalah sejenis buah-buahan yang banyak ditemui di Jamaika. Secara ilmiah dan klasifikasinya, buah ini bersaudara dengan lengkeng dan leci, namun ackee mengandung racun hypoglycin

Tahukah Anda, racun dengan nama hypoglycin ini yang bisa mengakibatkan mual dan muntah akut hingga menyebabkan kematian bagi penikmatnya.

Umumnya untuk menghilangkan racun, warga Jamaika biasanya membuang bijinya terlebih dahulu. Kemudian ackee direbus atau dimasak seperti biasa.

Cara ini juga diterapkan oleh warga di negara-negara Afrika Barat seperti Kamerun, Gabon, dan Benin yang juga sangat akrab dengan buah super enak ackee.

Ackee biasanya disantap dengan merebusnya bersama ikan cod asin. Racun hypoglycin tersebut terkandung pada biji ackee yang berwarna hitam, dan jika masuk ke dalam tubuh dalam jumlah besar bisa langsung menyebabkan koma atau kematian.

Mesir Dengan Feseekhnya

Kuliner lezat yang satu ini adalah kuliner dengan bahar dasar ikan. Jika dipikir-pikir, ikan tentunya adalah makanan kaya nutrisi baik untuk tubuh tentunya.

Namun tidak halnya dengan makanan yang bernama feseekh. Kuliner khas Mesir ini merupakan sejenis ikan asin dengan aroma menyengat yang bisa menyebabkan keracunan bahkan sampai berefek kematian.

Tahukah Anda, sebenarnya pemerintah Mesir sudah memberikan peringatan keras akan bahaya makanan ini, namun warga Mesir tetap saja menggemari Feseekh.

Cara menyantap yang umum di Mesir adalah dengan menyajikannya bersama roti baladi, sedikit minyak, kucuran air lemon, dan bawang merah untuk melunakkan rasa asinnya yang tajam.

Jika Anda penasaran dan tertarik ingin mencobanya, disarankan agar Anda hanya membeli feseekh dari penjual yang bersertifikat. Pemerintah Mesir telah memberikan sertifikat khusus untuk penjual dan pengolahan feseekh ini.

Finlandia Dengan Hakarl

Namanya terdengar cukup keren bukan? Hakarl dari Finlandia ini sendiri adalah makanan yang terbuat dari daging ikan hiu Greenland.

Rumornyo Hakarl dari Finlandia ini disebut-sebut sebagai salah satu hidangan paling berbau di dunia.

Tak hanya itu, hakarl juga terbukti bisa membahayakan nyawa karena daging hewan ini mengandung racun yang sangat mematikan.

Agar bisa disantap, hakarl membutuhkan proses berkali-kali yang memakan waktu hingga enam bulan dan daging ikan hiu ini harus dikubur dalam timbunan batu kerikil untuk menghilangkan semua cairan.

Setelah itu, ikan difermentasi, dipotong-potong, dan digantung agar benar-benar kering. Jika sudah siap disantap, hakarl akan berbau seperti ikan busuk dan amonia.

Jika proses pengolahannya tidak cukup lama dan tidak benar, maka makanan dengan nama hakarl ini bisa mendatangkan berbagai penyakit bagi siapa saja yang mengonsumsinya.

Jepang Dengan Ikan Fugunya

Bicara tentang olahan ikan segar, tentu jepang menjadi rajanya. Bila dicari dan dihitung, banyak sekali kuliner dari negeri matahari ini yang berbahan dasar ikan segar.

Mulai dari yang baik, hingga yang berbahaya seperti olahan ikan fugu berikut ini. Hidangan ikan fugu rasanya sudah banyak diketahui oleh penggemar kuliner di mana pun berada. Tentunya terkenal akan kelezatannya.

Makanan yang termasuk mahal dan mewah ini bisa dihidangkan menjadi delapan jenis masakan dalam satu sesi santap, antara lain sashimi, karaage, dan chirinabe.

Ikan fugu terkenal mengandung racun tetrodotoxin yang bisa mengakibatkan kematian dalam waktu singkat.

Untuk itu di Jepang, tidak bisa sembarang koki yang mengolahnya dan harus yang sudah terlatih selama tiga tahun dan mengantongi sertifikat resmi.

Bagian paling lezat pada ikan fugu ini ada pada livernya. Namun ironisnya, bagian ini pula yang paling beracun sehingga penyajiannya sudah dilarang oleh pemerintah sejak tahun 1984.

Kesimpulan

Itulah daftar makanan lezat nan berbahaya dari berbagai belahan dunia. Makanan lezat namun sangat berbahaya ini sangat dianjurkan diolah secara profesional dan benar oleh ahlinya. Apa Anda tertarik ingin mencoba menikmatinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here