Temukan 7 Manfaat Blog Bagi Guru Di Era Digital

Temukan 7 Manfaat Blog Bagi Guru Di Era Digital
Manfaat blog bagi guru – Belajar ngeblog sudah tak asing lagi dilakoni oleh seorang guru. Selain menjadi pendidik, profesi guru juga dituntut bisa menjadi guru kreatif demi peserta didiknya dalam memberikan media pembelajaran. Saya salah satu guru dari perbatasan Sumatera Barat dan Jambi yang menelurkan ide dan bahan pembelajaran daring melalui blog.

Saya sendiri, memiliki sebuah blog yang beralamat di baraguma.com. Tema blog di baraguma.com cukup beragam selain kategori bahan ajar dan pendidikan, saya juga menulis dengan kategori sastra, kesehatan, parenting, dan review. Beberapa kategori tersebut merupakan passion yang saya minati saat mengelola blog.

Nah, disinilah muncul penulis pemula yang terjun ke dunia internet. Betapa banyak sudah bertebaran di dunia internet blog yang dikelola oleh seorang guru. Menggeluti aktivitas ngeblog sambil menikmati manfaatnya di sela-sela waktu luang melaksanakan kegiatan rutin sebagai pendidik profesional inilah yang saya tekuni sampai saat ini.

Namun disisi lain, blog yang digunakan guru tersebut hanya sebatas tempat menyediakan materi bagi peserta didik saja. Itu mungkin karena mereka belum merasakan manfaat ngeblog.

Ada beberapa orang rekan saya yang mencoba menggeluti menulis selain materi pembelajaran. Dan mereka berhasil tapi berhenti di tengah karena kurangnya managemen waktu untuk menulis.

Tentu itu semua dapat dirasakan manfaatnya secara langsung jika seseorang menggelutinya dengan serius. Nah, bagi guru yang ingin mengetahui manfaat blog, mungkin ada baiknya di simak pembahasan berikut ini dari pengalaman pribadi saya.

Manfaat Blog Bagi Guru

Berikut adalah beberapa manfaat blog bagi guru yang telah saya rasakan. Manfaat blog bagi guru benar-benar keren dan nyata. Apa saja? Yuk, simak lebih mendalam.

Sarana Berbagi Ilmu

Blog merupakan alat saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman. Ini juga merupakan pengalaman baru bagi guru pemula dalam mengelola blog. Sudah menjadi kegiatan wajib bagi seorang guru untuk dapat memberikan materi pembelajaran pada pembelajaran daring saat pendemi ini.

Dengan media blog, seorang guru dapat berbagi ilmu pengetahuan dan pengalamannya dengan guru lainnya. Terkadang apa yang sudah dirancang dan dipersiapkan belum terlaksana pada saat kita berada di kelas. Nah, di sinilah tempatnya untuk berbagi ilmu. Selain mudah dan sederhana. Blog juga bisa ditulis dan dibaca dimana saja.

Sarana Asah Keterampilan Menulis

Salah satu syarat dalam kenaikan pangkat adalah menyusun karya tulis ilmiah (KTI). Guru sudah dibekali melalui pelatihan bagaimana cara menulis sebuah karya ilmiah. Bahkan pada perlombaan guru berprestasi pun meminta KTI sebagai syaratnya.

Nah, keterampilan menulis ini bisa dilatih dan diasah dalam menerbitkan artikel-artikel di blog. Apalagi buat guru yang mempunyai hobi menulis, Selain mengasah keterampilan juga menambah ilmu tentunya. Bahkan jika artikel atau tulisannya berkualitas pada akhirnya dapat menghasilkan karya berupa buku. Saya sendiri telah menerbitkan sebuah buku dengan judul Mama Kedua hasil karya belajar menulis di blog.

Asah Keterampilan Menulis Peserta Didik

Blog juga bisa dimanfaatkan untuk mengasah keterampilan menulis peserta didik. Kenapa kok bisa? Karena peserta didik dapat melatih keterampilan menulisnya pada materi tertentu. Seperti dalam pelajaran bahasa Indonesia, tugas menulis puisi maupun cerpen.

Inilah yang saya terapkan kepada peserta didik untuk mau menulis. Saya membuat semacam kompetisi menulis puisi dan cerpen antar kelas yang saya ajar. Kemudian menilainya. Tiga tulisan terbaik, saya muat pada blog saya. Memberikan reward atas kerja kerasnya dalam menulis. Menyenangkan buat peserta didik bukan?

Sarana Mengembangkan Bakat

Memiliki sebuah blog, merupakan nilai tambah bagi guru dibanding dengan guru lain. Tak jarang bakat terpendam selalu muncul saat dibutuhkan. Dengan adanya media blog, akan terwujud aktualisasi diri. Di sinilah bakat kita berkembang sehingga orang akan memandang.

Guru bisa membagikan pengalamannya. Misalnya tentang kegiatan di sekolah yang sedang berlangsung  atau menggunakan metode pembelajaran yang menarik minat peserta didik. Dengan begitu akan tercipta dunia pendidikan yang berkualitas melalui online dari tangan seorang guru.

Sarana Menyimpan Data Online

Bagi guru, blog merupakan kumpulan ide dan hasil pemikiran yang terdokumentasi secara online. Dengan memiliki sebuah blog maka dengan otomatis seorang guru memiliki tempat menyimpan semua media pembelajarannya secara online.

Ini sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan jika ada penilaian yang meminta dokumentasi guru. Maka dengan mudah guru dapat membukanya kembali.

Menambah Pundi-Pundi

Inilah manfaat tambahan yang dirasakan. Selain membagikan ilmu, seorang blogger guru juga dapat menambah penghasilan dari blog ini. Dengan menjalin kerjasama dari berbagai pihak yang membutuhkan jasa kita, serta mengikuti perlombaan blogging.

Melalui blog, seorang guru bisa menambah penghasilan sampingan dengan kerjasama, seperti content placement, jasa ulas, bahkan kerjasama profesional dengan brands luar negeri pun bisa dilakukan oleh seorang blogger.

Lalu bagaimana caranya agar blog kita dikunjungi banyak pengunjung? Di sinilah kita belajar mempelajari tahapan-tahapan untuk mendatangkan pengunjung. Salah satunya adalah belajar SEO.

Membantu Orang Lain 

Kegunaan yang dirasakan jika kita membagikan artikel yang kita tulis adalah untuk membantu orang lain. Tak dapat dipungkiri, sebagai penulis yang profesional pengunjung blog akan sangat terbantu dengan tulisan-tulisan yang ada pada beranda blog kita.

Selain itu, tulisan berupa ulasan produk UKM sangat membantu promosi online UKM dalam negeri atau UKM terdekat dengan domisili blogger.

Kesimpulan

Demikianlah manfaat keren dari blog bagi guru. Pemaparan di atas cukup membantu guru untuk mengetahui lebih lanjut tentang pentingnya manfaat blog bagi guru untuk media pembelajaran efektif bagi peserta didik.

Bukan suatu alasan lagi jika guru enggan beraktifitas membuat torehan catatan pendidikan di blog atas alasan kurang bermanfaat. Apalagi mendapatkan tambahan penghasilan dari blog. Tertarik untuk mencoba?

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.