6 Ide Bisnis Digital Kekinian Yang Wajib Ditekuni, Terbukti Menghasilkan!

Bisnis Digital – Bicara mengenai digitalisasi termasuk di dalamnya bisnis digital sepertinya bukan hal baru di zaman sekarang. Hampir semua aspek kehidupan sudah memasuki fase digitalisasi di semua lini. Ada aplikasi bank digital hingga bisnis digital skala rumahan, UMKM hingga skala besar dan bonafide.

Disusul pandemi, memberi angin segar terhadap bisnis digital. Banyak bermunculan pelaku bisnis digital dengan ragam variasi yang sangat kreatif. Lalu apa itu bisnis digital? Apa saja bisnis digital bermodal sedikit dan bisa dicoba dengan mudah?

Apa itu bisnis digital?

Berdasarkan pengertian bisnis digital merujuk kepada situs niagahoster. Bisnis digital adalah suatu jenis bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan dan memasarkan sebuah produk atau jasa.

Ide bisnis digital

Bisnis Digital
6 Ide Bisnis Digital

Banyak jenis bisnis digital yang bisa dijadikan sebagai ide dalam memulai bisnis digital yang ingin ditekuni. Beberapa ide dan jenis bisnis digital yang akan uncchu.com jabarkan di bawah ini adalah ide bisnis digital yang cukup mudah dan bermodal rendah. Apa saja ide bisnis digital tersebut? Yuk simak ulasannya sekarang.

Menjadi Youtuber

Ide bisnis digital yang satu ini cukup diminati oleh semua kalangan. Baik anak kecil, remaja, hingga dewasa sekalipun. Banyak konten kreatif tercipta dari youtuber.

Namun konten berisi dan berbobot sebaiknya Anda coba. Selain memiliki peminat yang konstan tanpa jenuh. Akan banyak orang tercerahkan apabila kontennya padat dan berisi edukasi luar biasa.

Di sisi lain, jika dimonetisasi konten dengan niche seperti ini berpeluang mendapat bayaran cukup besar. Baik dari iklan dan bentuk kerjasama lainnya.

Menjadi blogger

Salah satu ide bisnis digital yang sedang saya tekuni. Sama seperti menjadi youtuber, menjadi blogger juga berpotensi mendulang pundi-pundi uang cukup menjanjikan. Tergantung ketekunan dan kegigihan bloggernya.

Menjadi blogger cukup mudah bagi mereka yang berminat mencoba bisnis digital jenis ini. Cara menghasilkan cuan dari blogger pun cukup beragam. Mulai dengan menjadi content writer di platform lain atau menyediakan jasa backlink berkualitas di blog yang dimiliki.

Jika serius, blogger juga bisa ikut dan mendaftar menjadi publisher dan influencer di beberapa platform kerjasama seperti rajabacklink, sosiago, vira atau platform luar negeri intellifluence.

Menjadi influencer

Sudah saya singgung sedikit di atas. Sama seperti menjadi youtuber dan blogger. Menjadi influencer juga termasuk ide bisnis digital paling mudah dan diminati. Terutama kaum milenial yang sudah terbiasa “dibesarkan” dengan kehidupan sosial media.

Menjadi influencer di sosial media cukup mudah. Hanya dengan modal follower organik, punya attitude baik, konten kreatif dan menginspirasi. Saya jamin endorse akan datang dengan sendirinya. Jika belum, beberapa agensi bisa dicoba. Saya merekomendasikan intellifluence untuk dicoba.

Bisnis afiliasi

Bisnis afiliasi adalah bisnis yang berfokus pada aktivitas memasarkan produk atau jasa milik orang lain dengan imbalan berupa fee atau komisi.

Saat ini banyak sekali bisnis afiliasi yang bisa dicoba. Umumnya bergerak di bidang software dan lain sebagainya.

Bisnis afiliasi akan memberi keuntungan dengan berbagai cara. Bisa lewat link atau kode referal yang Anda bagikan atau Anda sendiri memasarkan melalui media sosial yang dimiliki.

Ngajar online

Iya, pandemi dan digitalisasi di semua bidang juga berimbas pada proses dan kegiatan edukasi. Termasuk di dalamnya proses belajar mengajar.

Menjadi guru online atau ngajar online menjadi pilihan lain bisnis digital yang bisa Anda coba. Jika memiliki base dan latar belakang sebagai pengajar atau lulusan pendidikan. Tidak ada salahnya untuk mencoba mode bisnis digital yang satu ini.

Menjadi podcaster

Model bisnis digital yang satu ini memiliki kesamaan ide awal seperti menjadi youtuber. Tapi hal yang akan saya bahas di sini adalah menjadi podcaster murni seperti yang sering Anda dengar di aplikasi podcast populer.

Cukup memiliki keahlian mengolah kata dan menyampaikannya. Anda sudah bisa menjadi podcaster. Akan lebih bagus jika ditunjang dengan alat seperti mic dan aplikasi mix audio biar lebih profesional jika ingin menghasilkan cuan.

Kesimpulan

Itulah ide bisnis digital kekinian yang bisa Anda coba. Pandemi (memaksa) sebagian orang untuk kreatif termasuk melahirkan bisnis digital berpotensi menghasilkan cuan seperti yang uncchu.com ulas di atas.

Konsisten, keteguhan dan kegigihan adalah bumbu kuat untuk berhasilnya seseorang dalam menggeluti bisnis digital yang mereka pilih. Anda tertarik mencoba bisnis digital yang mana? Silakan tuangkan di kolom komentar.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.