Bagian Wajib yang Harus Diperhatikan Saat Memiliki Motor Matic

Oli Motor Matic
Sebelum memutuskan untuk memiliki motor matic. Ada hal yang perlu diketahui tentang motor matic. Yaitu kelebihan dan kekurangan dari motor matic tersebut.

Motor matic sendiri adalah salah satu jenis sepeda motor yang paling populer dan diminati di Indonesia. Motor matic memiliki sistem transmisi otomatis yang tidak memerlukan oper gigi, sehingga lebih mudah dan praktis digunakan.

Selain itu, motor matic juga memiliki desain yang menarik, ringan, lincah, dan nyaman, serta memiliki ruang penyimpanan barang/bagasi yang cukup luas.

Kelebihan dan kekurangan Motor Matic

Namun, dibalik kelebihan motor matic yang banyak itu. Motor matic juga memiliki beberapa kekurangan yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan motor matic yang perlu dipertimbangkan.

Kelebihan Motor Matic

Berikut kelebihan umum motor matic yang oerlu diketahui. 

Lebih mudah digunakan

Ini adalah keunggulan utama yang dimiliki oleh motor matic dibandingkan dengan motor manual atau bebek. Pengguna tidak perlu lagi mengoper gigi atau mengetahui kapan harus pindah gigi.

Karena motor matic dirancang untuk menyesuaikan sendiri kecepatan dan beban yang dimiliki. Pengemudi hanya perlu menggunakan gas dan rem saja dalam pengoperasiannya.

Lebih irit konsumsi bahan bakar

Makin ke sini, Motor matic telah membuktikan diri sebagai motor yang hemat bahan bakar, karena memiliki sistem injeksi yang lebih canggih dan efisien.

Selain itu, sistem pengoperasian motor matic juga tidak perlu sering pindah gigi, sehingga mengurangi konsumsi bahan bakar.

Lebih lincah dan gesit

Meski sudah ada versi sport, Rata-rata motor matic memiliki bentuk yang lebih pendek, kecil, dan ringan dibandingkan dengan motor manual atau bebek.

Hal ini membuat motor matic lebih lincah dan gesit dalam bergerak, terutama di jalan yang macet atau sempit. Pengguna dapat menyalip dengan mudah dan bermanuver dengan cepat.

Meski begitu pengguna harus tetap berhati-hati dalam bermanuver atau menyalip. Salah langkah bisa-bisa nyawa taruhannya.

Lebih nyaman dikendarai

Motor matic memiliki dashboard atau pijakan kaki yang lebih luas dan nyaman untuk meletakkan kaki. Pengguna tidak perlu kelelahan karena harus menginjak kopling atau mengoper gigi.

Kelebihan lainnya, motor matic juga cocok untuk wanita atau orang yang berpakaian rok, karena tidak ada sela-sela yang bisa menyangkut pakaian pengguna.

Banyak ruang penyimpanan

Kelebihan lainnya dari motor matic adalah memiliki bagasi dalam yang cukup luas untuk menyimpan barang-barang bawaan, seperti jas hujan, tas, helm, atau bahkan belanjaan.

Pengguna juga dapat menggantungkan barang di sisi depan atau di tempat pijakan kaki, karena ada gantungan atau sela-sela yang disediakan oleh motor matic.

Lebih canggih

Meski mengadopsi gaya motor lama. Namun sebagai generasi terbaru Motor matic telah selangkah lebih unggul dari motor manual atau bebek dalam hal teknologi.

Motor matic memiliki fitur-fitur modern seperti injeksi, speedometer digital, lampu LED, smart key, start-stop system, ABS, atau bahkan konektivitas smartphone.

Kekurangan Motor Matic

Setelah melihat kelebihan dari motor matic, mari sekilas melihat kekurangan dari motor ini. Apa saja? 

Boros oli mesin

Perlu diketahui, motor matic cenderung lebih boros oli mesin dibandingkan dengan motor manual atau bebek, karena sistem transmisi otomatisnya yang lebih kompleks dan membutuhkan pelumasan lebih banyak.

Oleh karena itu, pengguna motor matic harus sering mengganti oli mesin untuk menjaga performa dan kesehatan mesin.

Ongkos perawatan cukup mahal

Motor matic juga membutuhkan biaya perawatan yang lebih mahal dibandingkan dengan motor manual atau bebek, karena komponen-komponennya yang lebih canggih dan sulit diganti.

Jika ada kerusakan pada sistem transmisi otomatis atau injeksi, Anda harus membawa motor Anda ke bengkel resmi dan membayar biaya servis yang tidak murah.

Kurang stabil

Selain menjadi kelebihannya, motor matic yang memiliki bobot lebih ringan dan ban yang lebih kecil dibandingkan dengan motor manual atau bebek.

Hal ini membuat motor matic kurang stabil dan mudah tergoyang saat melaju dengan kecepatan tinggi atau melewati jalan yang bergelombang.

Kurang sporty

Meski di beberapa varian motor matic terbaru sudah banyak yang diberi embel-embel sporty. Motor matic akan tetap terlihat “tak gagah” bagi pengguna yang suka dengan gaya berkendara yang sporty dan agresif.

Motor matic mungkin tetap kurang cocok dikarenakan tidak memiliki sensasi mengoper gigi atau memacu adrenalin.

Setelah mengetahui hal di atas, ada beberapa poin yang harus selalu di perhatikan dari motor matic agar motor kesayangan berada di kondisi terbaiknya.

Bagian yang harus di perhatikan dari Motor Matic

Motor matic juga membutuhkan perawatan yang rutin dan tepat agar tetap awet dan nyaman digunakan. Ada beberapa komponen motor matic yang harus di cek secara berkala, baik saat servis di bengkel resmi maupun di rumah. Berikut adalah beberapa hal yang harus di cek dari motor matic:

Oli motor

Ada dua macam oli yang harus diperhatikan, yaitu oli mesin dan oli gardan. Oli mesin dan oli gardan harus diganti secara berkala sesuai dengan anjuran pabrikan, biasanya setiap 1.000 km untuk oli mesin dan 5.000 km untuk oli gardan.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa.

Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

Lalu kenapa oli harus diganti? oli mesin dan oli gardan bisa kotor, kental, atau berkurang, sehingga menyebabkan mesin dan transmisi menjadi kasar, panas, atau bahkan rusak.

Busi motor

Busi adalah komponen yang berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin.

Busi harus dicek secara berkala untuk memastikan kondisinya masih baik dan bersih. Jika busi kotor, aus, atau rusak, maka proses pembakaran akan terganggu, sehingga menyebabkan mesin menjadi brebet, boros bahan bakar, atau bahkan tidak bisa menyala.

Aki motor

Aki adalah bagian motor yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik yang digunakan untuk menyalakan mesin, lampu, klakson, dan sistem kelistrikan lainnya pada motor matic.

Aki motor harus dicek secara berkala untuk memastikan tegangan dan kapasitasnya masih cukup. Jika aki lemah atau habis, maka sistem kelistrikan akan terganggu, sehingga menyebabkan motor menjadi susah hidup, lampu redup, klakson pelan, atau bahkan mati total.

Ban motor

Motor matic tanpa ban belum bisa disebut motor ya hehe. Berfungsi untuk menopang beban motor dan pengendara, serta memberikan traksi dan stabilitas saat berkendara.

Demi kenyamanan maka diharuskan untuk ngecek kondisi ban secara berkala untuk memastikan tekanan anginnya sesuai dengan standar pabrikan.

Jika tekanan angin ban kurang atau lebih, maka ban bisa cepat aus, bocor, pecah, atau meletus. Selain itu, ban juga harus dicek untuk memastikan kondisi ragi (motif) masih baik dan tidak ada benda asing yang menancap.

Rem motor

Rem harus dicek secara berkala untuk memastikan fungsi dan kinerjanya masih optimal. Jika rem aus, longgar, atau macet, maka rem bisa tidak berfungsi dengan baik, sehingga menyebabkan motor menjadi susah berhenti, oleng, sehingga berbahaya untuk dikendarai.

Rantai motor

Rantai atau di motor matic disebut V-belt. Kenapa berbeda? Ya karena rantai di motor matic dan motor biasa memang berbeda.

Oleh sebab itu rantai atau V-belt harus dicek secara berkala untuk memastikan tegangan dan pelumasannya masih sesuai dengan standar pabrikan.

Jika rantai kendor, kencang, atau kering, maka rantai bisa lepas, putus, atau berisik saat motor berjalan. Ga mau kan motor kesayangannya tiba-tiba mati saat diperjalanan kan?

Tune up motor rutin

Apa itu tune up? secara sederhana, tune up motor adalah servis rutin yang diharuskan untuk motor. Pada proses tune up ini akan dilakukan pemeriksaan rutin terhadap seluruh komponen motor.

Pemeriksaan biasanya fokus pada hal-hal yang uncchu.com sebutkan di atas tadi hingga ke pemeriksaan klakson. Biasanya tune up meliputi ganti oli baik itu oli mesin maupun oli gardan.

Di beberapa kasus penggantian sparepart juga termasuk ke dalam proses tune up motor. Teman-teman tidak perlu khawatir karena semuanya akan dikonfirmasi terlebih dahula kepada pemilik motor.

Rekomendasi bengkel servis motor terbaik

Setelah mengetahui sekilas tentang motor matic dan hal apa aja yang harus di cek pada motor matic saat servis. Kini saatnya mengetahui dimana bengkel servis motor terbaik.

Uncchu.com sendiri merekomendasikan Planet Ban sebagai tempat tujuan servis motor terbaik. Planet Ban merupakan bengkel servis dengan pelayanan dan kualitas servis mumpuni untuk motor matic.

Planet Ban benar-benar melakukan servis termasuk servis  tune up ke bagian-bagian urgen dari motor matic kesayangan. Bahkan ke bagian-bagian terkecil yang sering dilewatkan oleh tempat servis biasa.

Selain servis dengan kualitas terbaik. Planet ban juga menawarkan sparepart dan oli motor matic terbaik. Seperti yang disinggung di atas. Plabet Ban juga menyediakan oli berkualitas salahbsatunya oli dengan teknologi terbaru Ester.

Kelebihan signifikan dari oli dengan teknologi Ester ini dapat meningkatkan performa motor dan melindungi mesin sehingga mesin jadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

Oli berteknologi ini akan membuat mesin lebih dingin dan tarikan jadi lebih enteng. Selain itu, oli ini juga diklaim jauh lebih hemat dibandingkan dengan oli konvensional lainnya.

Oli dengan teknologi Ester ini bisa digunakan hingga jarak tempuh 5000 km atau bisa diganti setiap 4 sampai 6 bulan sekali. Nah karena tidak perlu sering-sering ganti oli, maka oli ini bisa dikategorikan sebagai oli yang ramah lingkungan.

Mengapa harus memilih Planet Ban?

Suka jengkel dengan tempat servis yang kerjanya setengah-setengah? Masih ada debu dan kotoran lainnya yang membuat motor terasa berat. Maka penyebab kejengkelan itu tidak akan ditemukan jika servisnya dilakukan di Planet Ban.

Karena di Planet Ban seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Kelebihan lainnya service motor di Planet Ban adalah motor teman-teman akan terasa seperti punya mesin baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun hingga lebih dari 70%, juga lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Melongok harga servis motor di Planet Ban tak akan menguras kantong. Udah super lengkap terjangkau pula. Untuk servis motor injeksi cuma berada dikisaran 20 ribuan saja.

Sedangkan untuk servis CVT sekaligus rantainya hanya di angka Rp19.500,- bahkan service throttle body juga dipatok Rp20.000,- saja.

Gimana, sudah pahamkan apa saja yang harus diperhatikan saat memilih motor matic sebagai teman perjalanan? 

Nah coba deh diingat kembali kapan terakhir kali memanjakan motor matic? Sudah lama ya. Kalau gitu langsung saja servis ke Planet Ban. Dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.