8 Daftar Rekomendasi SMA Terbaik di Provinsi Bengkulu 2023, Pilih Mana?

8 Daftar SMA Terbaik di Provinsi Bengkulu 2023, Pilih Mana?
SMA Terbaik Bengkulu - Bengkulu, sebuah provinsi yang kaya akan sejarah dan kebudayaan, juga dikenal dengan pendidikan berkualitasnya. 

Di tengah gemerlapnya keindahan alam dan keramahan penduduknya, terdapat sekolah menengah atas (SMA) terbaik di Bengkulu yang menjadi tonggak pendidikan unggulan bagi generasi penerus bangsa.

Beberapa SMA di Bengkulu bahkan masuk dalam daftar sekolah terbaik tingkat nasional berdasarkan nilai ujian tulis berbasis komputer (UTBK) 2020.

UTBK adalah salah satu syarat untuk mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). 

Nilai UTBK mencerminkan kemampuan akademik siswa dalam empat aspek, yaitu kemampuan kuantitatif, kemampuan memahami bacaan dan menulis, kemampuan penalaran umum dan pengetahuan pemahaman umum.

Menurut data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), ada empat SMA di Bengkulu yang masuk dalam peringkat 1.000 sekolah terbaik di Indonesia berdasarkan rata-rata nilai UTBK 2020.

SMA terbaik di Bengkulu

Artikel uncchu kali ini akan membahas betapa pentingnya peran SMA terbaik di Bengkulu dalam membentuk karakter dan kualitas siswa serta menciptakan prestasi gemilang di berbagai bidang.

Namun sebelumnya, mari ketahui sedikit tentang hal-hal yang bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih SMA terbaik. Apa saja? 

  • Pembinaan Karakter Unggul
  • Guru Berkualitas dan Berpengalaman
  • Fasilitas dan Teknologi Terkini
  • Program Unggulan dan Ekstrakurikuler Beragam
  • Prestasi Akademik dan Non-Akademik
  • Alumni yang Sukses

SMA Negeri 5 Bengkulu

SMA Negeri 5 Bengkulu adalah SMA terbaik di Bengkulu dengan nilai rerata UTBK 2020 sebesar 539,706. Sekolah ini juga menempati peringkat 319 nasional dari 21.302 sekolah yang mengikuti UTBK 2020.

SMA Negeri 5 Bengkulu berlokasi di Jl. Cendana No.20, Padang Jati, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu. 

Sekolah ini memiliki visi menjadi sekolah unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik yang berlandaskan iman dan taqwa.

MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah

MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah adalah SMA terbaik kedua di Bengkulu dengan nilai rerata UTBK 2020 sebesar 521,479. 

Sekolah ini juga menempati peringkat 667 nasional dari 21.302 sekolah yang mengikuti UTBK 2020.

MAN Insan Cendekia Bengkulu Tengah berlokasi di Jl. Raya Karang Tinggi - Curup KM. 9, Desa Tanjung Aur, Kecamatan Karang Tinggi, Kabupaten Bengkulu Tengah. 

Sekolah ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan Islam unggulan yang menghasilkan insan cendekia yang berakhlak mulia.

SMA Negeri 10 Kaur (Pentagon)

SMA Negeri 10 Kaur (Pentagon) adalah SMA terbaik ketiga di Bengkulu dengan nilai rerata UTBK 2020 sebesar 517,073. 

Sekolah ini juga menempati peringkat 788 nasional dari 21.302 sekolah yang mengikuti UTBK 2020.

SMA Negeri 10 Kaur (Pentagon) berlokasi di Jl. Raya Manna - Bintuhan KM. 8, Desa Padang Guci Hilir, Kecamatan Nasal, Kabupaten Kaur.

Sekolah ini memiliki visi menjadi sekolah unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik yang berwawasan lingkungan.

SMA Negeri 1 Rejang Lebong

SMA Negeri 1 Rejang Lebong adalah SMA terbaik keempat di Bengkulu dengan nilai rerata UTBK 2020 sebesar 512,95. 

Sekolah ini juga menempati peringkat 908 nasional dari 21.302 sekolah yang mengikuti UTBK 2020.

SMA Negeri 1 Rejang Lebong berlokasi di Jl. Raya Curup - Lubuk Linggau KM.2, Desa Pasar Baru, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong. 

Sekolah ini memiliki visi menjadi sekolah unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik yang berlandaskan iman dan taqwa.

SMA Negeri 7 Bengkulu

SMA Negeri 7 Bengkulu berlokasi di Jalan Jenggalu, Bengkulu 38229. Sekolah ini memiliki moto "Mencoba Menjadi Terdepan di Bidang Imtaq dan Iptek".

SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan

SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan berlokasi di Jalan Kolonel Burlian, Bengkulu 38511. Sekolah ini merupakan sekolah rujukan yang mendapatkan penghargaan sebagai sekolah sehat 2019.

SMA Negeri 2 Bengkulu

SMA Negeri 2 Bengkulu berlokasi di Jl. Mahoni No.14, Padang Jati, Kota Bengkulu. Sekolah ini merupakan salah satu sekolah menengah atas negeri tertua di Provinsi Bengkulu.

SMA Negeri 4 Bengkulu

SMA Negeri 4 Bengkulu berlokasi di Jl. Zainul Arifin, Timur Indah, Kota Bengkulu. Sekolah ini memiliki visi menjadi sekolah unggul dalam prestasi akademik dan non-akademik yang berlandaskan iman dan taqwa.

Kesimpulan

Demikianlah tambahan informasi tentang SMA lainnya di kota Bengkulu dan alamat sekolahnya. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari informasi tentang SMA terbaik di kota Bengkulu. Terima kasih telah membaca. 

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.