5 Hal yang Harus Dibawa Saat Ingin Melakukan Perjalanan Jauh

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Melakukan Perjalanan Jauh
Punya hobi jalan-jalan atau kerennya traveling? Baik via darat, laut atau udara. Mungkin hal pertama yang terpikirkan adalah persiapan bukan? 

Iya, persiapan untuk menghadapi segala situasi yang mungkin bisa saja terjadi di luar prediksi atau perkiraan. Terutama perjalanan dengan jarak tempuh jauh dan butuh waktu lama di perjalanan. 

Perjalanan jauh bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat, oleh karena itu juga membutuhkan persiapan yang sangat matang. 

Ada beberapa hal yang harus dibawa saat perjalanan jauh, baik itu dengan kendaraan pribadi, transportasi umum, atau pesawat terbang. 

Berikut adalah beberapa hal yang harus dibawa saat perjalanan jauh.

Pakaian dan perlengkapan

Pakaian dan perlengkapan yang dibawa harus sesuai dengan tujuan, durasi, dan cuaca perjalanan. Bawalah pakaian yang nyaman, bersih, dan cukup untuk pergantian secukupnya. 

Jangan lupa juga membawa perlengkapan seperti sepatu, topi, kacamata, jaket, payung, dan lain-lain sesuai kebutuhan.

Sangat dianjurkan untuk membawa tas tangan atau ransel kecil untuk menyimpan barang-barang penting yang sering digunakan.

Obat-obatan dan alat kesehatan

Obat-obatan dan alat kesehatan adalah hal yang penting selanjutnya yang harus dibawa saat perjalanan jauh. 

Jangan lupa membawa obat-obatan dasar seperti obat sakit kepala, demam, diare, mabuk perjalanan, dan lain-lain. 

Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya membawa alat kesehatan seperti plester, antiseptik, termometer, masker, hand sanitizer, dan alat P3K lainnya. 

Jika memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti alergi misalnya, pastikan membawa obat-obatan khusus dan kartu informasi kesehatan/catatan riwayat medis. 

Hal tersebut mempermudah proses penanganan baik medis maupun non medis saat kondisi darurat tiba-tiba menimpa. 

Makanan dan minuman

Tentu jangan lupa untuk membawa makanan dan minuman. Makanan dan minuman adalah hal yang penting untuk menjaga energi dan asupan cairan agar tidak terdehidrasi saat perjalanan jauh. 

Bawalah makanan dan minuman yang memiliki kemasan praktis, ringan, dan tahan lama. Beberapa contoh makanan dan minuman yang bisa dibawa adalah roti, biskuit, kacang-kacangan, cokelat, buah-buahan kering, air mineral, jus buah, teh manis dingin, dan lain-lain. 

Hindari membawa makanan dan minuman yang mudah basi dan tidak tahan lama. Sesuaikan juga makanan yang dibawa dengan kondisi kesehatan, diet dan lainnya. 

Gadget atau Smartphone

Gadget atau smartphone bisa membuat perjalanan jauh yang membosankan jadi lebih menyenangkan dan tidak kosong. 

Dengan memanfaatkan gadget seperti smartphone bisa mengabadikan momen penting yang didapatkan sepanjang perjalanan. Smartphone dan kamera DSLR mungkin sudah lebih dari cukup. 

Pastikan juga bahwa baterai gadget sudah terisi penuh atau bisa membawa power bank sebagai baterai cadangan.

Dokumen Penting

Dokumen penting seperti KTP, SIM, paspor, tiket, voucher, asuransi perjalanan dan lainnya harus dibawa serta dan disimpan dengan aman saat perjalanan jauh. 

Dokumen ini akan berguna untuk identifikasi, pemesanan, keamanan, dan dalam keadaan darurat. 

Jika diperlukan, bisa membuat fotokopi atau menyimpan versi digital dari dokumen tersebut di ponsel atau email. 

Selain poin-poin di atas ada beberapa hal lain yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan perjalanan jauh. 

Seperti memilih dan mempertimbangkan tempat wisata tujuan, kondisi kesehatan, kondisi kendaraan dan  memilih produk asuransi perjalanan yang tepat dengan cara membandingkan di platform yang tepat. 

Sebagai informasi tambahan, teman-teman bisa menggunakan cekpremi.com untuk menentukan asuransi perjalanan mana yang cocok untuk digunakan. 

Cekpremi.com adalah portal online yang memberikan informasi dan perbandingan cepat dan tepat untuk berbagai produk asuransi. Termasuk di dalamnya asuransi perjalanan yang akan teman-teman gunakan saat melakukan traveling atau menempuh perjalanan jauh. 

Kesimpulan 

Itulah beberapa hal yang harus diikutsertakan untuk menemani teman-teman saat menempuh perjalanan jauh. 

Hal wajib di atas akan menambah kenikmatan perjalanan yang telah direncanakan dengan matang. Nah, selamat jalan-jalan buat teman-teman semua. 
A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.