7 Cara Ampuh Atasi Bosan Saat Mudik Lebaran yang Layak Dicoba

Bukan pilihan terakhir, main game sebenarnya saya lakukan hampir setiap hari. Selain memiliki manfaat baik untuk diri sendiri.
7 Cara Ampuh Atasi Bosan Saat Mudik Lebaran yang Layak Dicoba
Bosan saat Mudik
- Bagaimana perjalanan mudik dan lebarannya tahun ini? Semoga saja jauh lebih menyenangkan dari dua tahun belakangan. Sebab pandemi yang melanda hampir seluruh negeri, cukup membuat hari raya besar umat Muslim Indonesia ini terasa cukup berat untuk dilalui. 

Kabar baiknya, Pemerintah Indonesia tahun ini sudah sedikit melonggarkan dan hampir bisa dikatakan bahwa perayaan hari raya Idul Fitri sudah normal seperti tahun-tahun sebelum pandemi. Ini terlihat dari tingginya pergerakan masyarakat ke daerah kampung halaman masing-masing.

Meski masalah klasik berkarat penentuan hari raya Idul Fitri atau penetapan tanggal 1 Syawal selalu menjadi polemik dan membuat bingung masyarakat Muslim Indonesia. Semoga saja masalah kecil yang menjadi kebiasaan ini tidak menyurutkan semangat teman-teman dalam merayakan khidmatnya Hari Kemenangan.

Berbicara soal mudik. Mau tidak mau kebosanan akan melanda setiap pemudik termasuk saya sendiri. Lamanya waktu yang dihabiskan saat di perjalanan hingga lelahnya memikirkan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berat seperti kerja apa, kapan nikah dan lain sebagainya.

Butuh persiapan matang dan mental yang kuat untuk menghadapi hal-hal berat seperti yang saya sebutkan di atas. Agar mood tetap terjaga dengan baik dan bisa menikmati arti Hari Kemenangan sesungguhnya.

Ada banyak cara yang bisa saya lakukan untuk menghadapi kebosenan dan rusaknya mood akibat pertanyaan kuno dan angker yang muncul dari orang terdekat saat silaturahmi di Hari Raya, diantaranya:

Menonton

Menonton adalah pilihan pertama saya ketika mood sudah rusak ditanya yang aneh-aneh oleh keluarga besar. Saya akan pura-pura sibuk dengan gadget dan tenggelam dengan series atau film yang telah dipersiapkan sebelumnya. 

Seperti biasanya saya sengaja berlangganan aplikasi streaming terbaik sebulan sebelumnya dan mendownload filmnya terlebih dahulu agar bisa ditonton offline saat Lebaran tiba.

Membaca buku

Sesungguhnya ini bukan saya banget. Meski suka koleksi buku saya cukup jarang membacanya. Tapi tahukah teman-teman kalau saya akan tiba-tiba rajin membaca buku dikala bosan menghampiri. Apalagi setelah diserang dengan kata-kata menusuk hati dan jantung saat Lebaran tiba. 

Saya terbiasa membawa satu atau dua buku untuk dibaca di sepanjang perjalanan mudik. Biasanya buku yang saya baca akan segera disita oleh ponakan saya saat arus balik kembali membawa saya kepada kenyataan hidup yang sebenarnya yaitu kerja, kerja, dan kerja haha. 

Mendengarkan musik

Musik klasik dan instrumen menjadi pilihan saya untuk ditempatkan di daftar putar aplikasi musik yang ada di smartphone. Saya biasanya menyukai instrumen musik alam seperti air serta beberapa instrumen musik klasik untuk didengankan via TWS ketika kumpul keluarga yang tiba-tiba membahas kerjaan dan jodoh. Jangan ditiru ya, karena ini sangat tidak sopan hehe. 

Main bareng hewan peliharaan

Meski keluarga saya bukan yang suka memelihara hewan, tapi ada kakak laki-laki saya yang memiliki koleksi burung penyanyi seperti Murai dan Jalak serta beberapa jenis lainnya yang saya tidak ketahui namanya. 

Bahkan ia memiliki kandang tepatnya rumah penangkaran untuk burung-burungnya agar bisa bebas dalam satu ruangan. Senada dengan yang di atas dan dikarenakan saya suka dengan suara alam maka memandangi burung-burung ini memberikan kenyamanan tersendiri.

Dari pengalaman ini jugalah saya melihat persamaan dan perbedaan mulut manusia dan burung. Persamaannya sama-sama berisik dan tidak berhenti mengoceh. Sedangkan bedanya, mulut manusia jika berisik merusak mood sedangkan mulut burung justru menyuguhkan kenikmatan dan kenyamanan bagi orang-orang yang mendengarkannya.

Malala

Malala adalah hal selanjutnya yang biasa saya lakukan saat berada di fase bosan sebosan-bosannya. Bosan ditanya kapan nikah, kerjanya apa, kapan punya momongan dan kapan beli rumah. 

Bicara perihal malala, malala adalah bahasa daerah Minangkabau yang berarti menghabiskan waktu berada di luar ruangan. Sederhananya kata malala juga berarti sebagai travelling atau jalan-jalan. 

Malala sendiri bisa dilakukan bersama teman-teman atau bersama keluarga. Sedangkan saya secara pribadi lebih suka melakukannya sendiri alias surang-surang se.

Kunjungi tempat wisata baru

Seirama dan sejalan dengan malala, hal selanjutnya yang biasa saya lakukan disaat sedang bosan adalah mengunjungi tempat wisata baru. 

Saya biasanya akan mencari referensi tempat wisata baru baik itu wisata alam kekinian atau tempat wisata kuliner viral melalui media sosial instagram.

Saya lebih menyukai tempat wisata yang terancang alami bukan tempat wisata yang dirancang menyerupai dan latah-latahan ikuti tren yang sedang rame dibahas di media sosial. 

Main Game

Bukan pilihan terakhir, main game sebenarnya saya lakukan hampir setiap hari. Selain memiliki manfaat baik untuk diri sendiri. Main game juga cukup mudah dan tidak ribet. Hanya bermodalkan gawai dan paket internet, saya sudah bisa memainkan banyak game.

Dari banyak game yang beredar di internet saya paling suka dengan game yang benar-benar memberikan manfaat nyata seperti game keuangan casual yang berfokus kepada strategi dan pengelolaan finansial.

Menurut saya game-game dengan kategori tersebut memberikan dampak positif nyata seperti:
  1. Meningkatkan kreativitas
  2. Meningkatkan keterampilan berbahasa
  3. Meningkatkan keterampilan dalam manajemen keuangan/sumber daya
  4. Meningkatkan hubungan sosial
  5. Meningkatkan cara bekerja dalam tim
  6. Meningkatkan stimulasi postif pada otak dan,
  7. Tentunya memberikan hiburan layak pada pemainnya.

Jenis game online

Usut punya usut ternyata game online memiliki jenis yang beragam dan bisa dimainkan sesuai minat masing-masing. Berikut jenis game online yang banyak beredar di pasaran, diantaranya:
  • Multi Player Online Arena atau MOBA
  • Massive Multiplayer Online Role-Playing Game atau lebih dikenal dengan singkatan MMORPG
  • Game Simulation atau game simulasi
  • Firts Person Shooter atau game perang
  • Sports atau game olahraga dan terakhir,
  • Casual atau game ringan yang asik
Dari banyak jenis game online di atas, jika ditanya saya suka dan sering memainkan game online yang mana? Maka saya akan menjawab MOBA dan Casual. 

Game berjenis MOBA ini cukup menarik dengan tantangan yang diberikan. Game ini lebih cocok dimainkan bersama atau mabar. Sedangkan jika ingin menghilangkan stres tapi kaya manfaat, sebaiknya memilih game casual.

Disaat bosan dan stres, game casual seperti farming simulation games cukup menghibur dan menyenangkan untuk dimainkan. Sebut saja game online bernama Tractor Mania ini. 
Tangkapan layar game online Tractor Mania, Mortgagecalculator.org
Tangkapan layar game online Tractor Mania, Mortgagecalculator.org
Game ringan ini memberikan simulasi pergerakan distribusi barang dari petani hingga konsumen, bisa dimainkan langsung dari browser. Baik browser PC maupun browser gawai. Selain cocok untuk orang dewasa, game ini juga sangat cocok dan ramah untuk anak-anak usia sekolah. 

Pilihan game simulasi online terbaik lainnya yang juga saya coba yaitu:
  • Idle Farm Business
  • Farm Town
  • Farm Factory
Sedangkan untuk anak-anak perempuan, teman-teman bisa mencoba game dengan tampilan gemoy dan lucu seperti Chocolate Shop ini. Saya yakin mereka akan menyukainya karena animasi dan tantangan sangat unik dan menarik.
Game online Chocolate Shope, Mortgagecalculator.org
Game online Chocolate Shop, Mortgagecalculator.org

Kesimpulan

Dari sekian banyak cara atasi bosan saat ditanya kapan nikah, kapan punya anak saat mudik Lebaran di atas. Saya lebih sering bermain game online, selain mudah dan hanya bermodal paket internet. Ternyata solusi ini sangat ampuh menghindari pertanyaan angker saat lebaran. Teman-teman mau nyoba yang mana? Tulis di kolom komentar ya. 
A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.