cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

5 Alasan Mengapa Memilih Festival Equinox Saat di Meksiko

Festival Equinox
Festival Equinox - Siapa yang tidak tahu suku maya? Sering diangkat ke film-film populer Hollywood. Kepopuleran suku maya di Meksiko benar-benar menarik perhatian. Terutama Chichen Itza.

Chichen Itza sendiri masuk ke dalam salah satu situs warisan budaya UNESCO yang menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia.

Tak hayal hampir setiap tahunnya, tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai negara baik dari dalam maupun luar negeri.

Jika teman-teman tertarik, teman-teman bisa memasukkan Festival Equinox ke daftar kunjungan untuk menikmati indahnya pemandangan musim semi di tempat ini.

Fakta Menarik Festival Equinox

Sudah masuk list negara yang wajib dikunjungi? Kini saatnya mengetahui berbagai alasan mengapa memilih Festival Equinox dan Chichen Itza saat mengunjungi Meksiko.

Representasi Kalender Suku Maya

Equinox di Chichen Itza adalah representasi dramatis dari sistem astronomi suku Maya, dipadukan dengan arsitektur pengetahuan geometri yang luar biasa.

Hal ini bisa dilihat dari kompleks piramida yang dibangun untuk mengukur waktu oleh suku terkenal ini di masa lalu.

Jika ditelisik, Chichen Itza adalah titik inti atau pusat dari kompleks bangunan lain di area ini, seperti Piramida Kukulcan, Candi Chac Mool, serta bangunan Seribu Tiang.

Menariknya, piramida yang didedikasikan untuk Dewa Kukulcan hingga kini dijadikan sebagai simbol visual atas siang dan malam.

Momen Turunnya Kukulcan

Iya, Kukulcan yang beberapa waktu lalu sempat terkenal karena film besutan MCU berasal dari sini.

Setiap Equinox, matahari sore akan menciptakan ilusi seekor ular merayap perlahan menuruni tangga utara kuil.

Secara simbolis, sosok ular tersebut diyakini sebagai Kukulcan, dewa yang dianggap menghubungkan langit, bumi, dunia bawah, siang dan malam.

Kukulcan atau Kukulkan adalah salah satu dewa suku Maya dengan sosok ular bersayap.

Penduduk setempat mempercayai saat Equinox, Kukulcan akan turun kembali ke bumi mengunjungi kuilnya, serta memberikan berkah panen dan kesehatan kepada penyembahnya.

Munculnya Ilusi Menyerupai 7 Segitiga

Selain munculnya ilusi dewa ular, saat Equinox terjadi juga akan terlihat ilusi cahaya dan bayangan yang membentuk 7 segitiga di sisi tangga.

Ilusi tersebut akan menghubungkan bagian atas kuil dengan patung batu kepala ular raksasa di bagian bawah.

Hanya Selama 45 Menit

Selain di musim semi, Equinox juga terjadi pada musim gugur.

Namun, fenomena langka yang memberi ilusi cahaya ini hanya bertahan sekitar 45 menit sebelum akhirnya bayangan tersebut turun dan menghilang di antara kerumunan pengunjung.

Terdapat Fenomena Artifisial

Meskipun hanya berlangsung 2 kali setahun dalam durasi yang singkat, Anda tidak perlu khawatir ketinggalan.

Anda masih bisa mengunjungi Chichen Itza setiap malam untuk melihat kembali fenomena Equinox buatan.

Fenomena Equinox artifisial ini dapat disaksikan sepanjang tahun selama berlangsungnya Chichen Itza Light and Sounds Show.

Namun agar pengalaman Anda semakin berkesan, sebaiknya pastikan untuk tetap melihat fenomena aslinya setiap bulan Maret dan September.

Post a Comment

Post a Comment