4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh

4 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh
Mandi Air Hangat - Mandi air dingin pada saat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang sungguh sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Terutama untuk saya yang tinggal di kaki Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Jika teman-teman penasaran, silakan cek di pencarian berapa suhu Gunung Talang. Umumnya suhu di kaki Gunung Talang rata-rata berkisar di angka 20 hingga 28 derajat Celcius saja. Hanya sesekali saja suhu Gunung Talang berada di atas 28 derajat Celcius.

Jadi bagi sebagian orang mandi di cuaca sedingin itu sudah terbiasa. Namun tidak dengan saya. Lucu memang, padahal saya adalah orang asli Gunung Talang.

Ini disebabkan karena saya alergi dengan suhu dingin. Saya akan langsung gatal dihampir seluruh tubuh. Merah, bentol-bentol dan rasanya sungguh tidak nyaman. Padahal mandi dengan air dingin memberikan banyak manfaat.

Manfaat Mandi Air Dingin

Tahukah teman-teman kalau mandi air dingin itu kaya manfaat. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat mandi dengan air dingin.

Menyegarkan Kulit

Manfaat pertama yang akan diperoleh saat mandi air dingin adalah menyegarkan kulit yang kering. Cara kerja yang mirip dengan skin care.

Air dingin yang mengguyur kulit akan memberikan efek segar sehingga membuat kulit lebih halus dan lebih lembut.

Menurut para ahli, mandi dan keramas saat pagi buta juga membuat kulit kepala dan rambut lebih sehat dan halus.

Mengurangi Depresi

Jika saat ini Anda sedang depresi cobalah untuk mandi dengan air dingin. Apalagi mandinya dilakukan setelah salat subuh.

Banyak orang-orang berpikir jika mandi di pagi buta dengan udara yang sangat dingin akan mengakibatkan penyakit. Padahal informasi tersebut tidak sepenuhnya benar.

Mandi air dingin di pagi hari justru akan membuat tubuh menjadi lebih sehat, bahkan dapat membantu seseorang untuk mengatasi depresi.

Air dingin yang dirasakan saat pertama kali mengaliri tubuh ketika bangun pagi akan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Perlancar Sirkulasi Darah

Saat tubuh baru bangun dari tidur, sirkulasi darah akan sedikit melamban.

Jika mandi dengan air dingin setelah subuh rutin dilakukan maka akan memperlancar sirkulasi darah dan tubuh akan menjadi sehat.

Meningkatkan Imun

Manfaat lain mandi di pagi buta dengan air dingin ternyata juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Beberapa studi juga menyebutkan bahwa mandi dengan air dingin di pagi buta dapat meningkatkan perkembangan sel darah putih yang akan memperkuat daya tahan tubuh.

Virus atau kuman yang dapat menyerang tubuh akan berkurang. Sehingga kemungkinan untuk sakit menjadi lebih kecil.

Kesimpulan

Itulah beberapa manfaat dari mandi air dingin di saat subuh. Jadi jangan takut lagi untuk mandi ya. Apalagi mandi dengan air dingin.

Oh ya, mandi air dingin ini dilakukan saat suhu cuaca normal ya Guys. Bukan saat cuaca dingin sekali atau sedang tidak baik.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.