4 Hal Wajib yang Harus Ada di Kasir Mini Market

4 Hal Wajib yang Harus Ada di Kasir Mini Market
Wajib ada di kasir – Beberapa waktu lalu saya menulis beberapa hal menarik tentang mini market. Saya menulis kelakuan unik warga +62 saat berbelanja di mini market.

Beberapa tulisan saya berdasarkan pengalaman yang pernah saya lalui. Nah, kali ini saya ingin menulis seputar kasir.

Apa saja yang harus ada di kasir?

Bertolak dari pokok pertanyaan, mungkin yang terpikir adalah barang. Ya, saya akan mengulas tentang barang yang harus ada di kasir.

Setelahnya akan saya lengkapi dengan pelengkap non barang serta keahlian lain yang harus ada di meja kasir dan dimiliki oleh kasir.

Alat pertahanan diri

Barang pertama yang harus ada di dekat meja kasir adalah alat pertahanan diri. Ada beberapa alat yang bisa diperdayakan. Sebut saja beberapa botol dengan struktur kuat dan ringan.

Sediakan juga balok dan beberapa alat tukang yang tidak terlalu mencolok. Letakkan pada jangkauan terdekan dan mudah diambil. Hal ini sangat berguna saat darurat dan berbahaya seperti perampokan dan penodongan.

Murah senyum

Hal lain yang harus dimiliki dan ada di kasir adalah kasir yang murah senyum. Seberat apapun hal yang dirasakan senyum jangan lupa untuk disebarkan.

Apa jadinya jika seorang kasir yang melayani banyak orang dalam waktu yang lama tidak memiliki senyum? Ya, pelanggan akan merasa sangat aneh dan tidak dilayani dengan baik.

Gunting

Kenapa di kasir harus ada gunting? Selain bisa digunakan sebagai APD di kasir, Gunting juga sangat diperlukan jika sewaktu-waktu ada yang ingin dipotong. Berhati-hatilah jika ada pembeli tidak biasa yang tiba-tiba meminjam gunting.

Uang receh/koin

Sering lihat video wara-wiri tentang kasir supermarket atau mini market yang mengembalikan uang kembalian dengan permen atau donasi saja?

Video yang beredar tidak sepenuhnya salah dan juga tidak sepenuhnya benar. Hanya saja, kebijakan yang sebenarnya diambil oleh pihak mini market justru imbasnya ke kasir.

Menurut saya yang harus divideokan atau diviralkan bukan kasirnya tapi orangnya (pemilik) dan yang memvideokan.

Jika niatnya memang ingin mengubah sistem, jangan fokus ke pekerja tapi fokuslah kepada pemiliknya. So, yang salah adalah yang memvideokan karena tidak pernah berada di posisi pekerja sehingga tidak paham.

Jadi menurut saya dewasalah, jangan sedikit-sedikit viralkan tanpa tahu sebab dan seluk beluknya. Jika tidak mau uangnya didonasikan atau kembalian permen. Bawa uang pas!

Selain sudah mencemarkan nama baik kasir, bisa saja kasir kehilangan sumber mata pencarian dan akibat video tersebut si kasir bisa tidak diterima kerja dimanapun. Padahal ia hanya mengikuti sistem yang dibuat atasannya.

Ya, oleh karena itulah kenapa uang koin harus disediakan di meja kasir. Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti yang disebutkan di atas.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.