cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

3 Fakta Blogging: Santai Saja Jangan Dibuat Stress

Fakta Blogger
Fakta Blogger – Seperti teman-teman yang lainnya, saya memulai membangun sebuah blog tentu saja untuk bersenang-senang dan menyalurkan bakat yang terpendam.

Bakat terpendam saya bergibah di dunia digital sangat mudah tersalurkan dengan menekuni dunia blogging. Hitung-hitung mengurangi saya menyakiti diri sendiri dan orang lain.

Menyalurkan segala uneg-uneg dan sesak di dada melalui tulisan atau konten grafis lainnya memberikan efek rileks dan menenangkan.

Pada akhirnya hobi saya mulai menghasilkan uang dan masukan lainnya seperti produk-produk yang saya ulas.

Disaat semua mulai berkaitan dengan uang, tentu ada pengorbanan yang tidak sedikit juga. Sebut saja jam tidur yang berantakan karena dikejar deadline.

Lalu bagaimana agar hobi blogging tidak membuat stres dan tetap menjadi hobi yang menyenangkan? Yuk simak beberapa ulasan berikut ini berdasarkan pengalaman yang saya lakukan.

Blogging bukan kejar-kejaran

Jika menganggap kebiasaan blogging adalah suatu hal yang mirip dengan pacu lari, itu tidak sepenuhnya buruk. Tapi alangkah baiknya jika aktivitas blogging dianggap sebagai aktivitas santai yang menyenangkan.

Jika beranggapan jika blog yang kita miliki harus sama atau harus sejajar dengan blog orang lain inilah yang salah.

Setiap kita memiliki goal masing-masing dalam blogging. Ada yang hanya sekedar pengisi waktu luang ada juga yang menjadikan blog sebagai sumber pendapatan utama.

Jadi tinggal pilih, teman-teman masuk kategori ngeblog yang mana. Santai atau serius?

Ada jobs, kerjakan dengan baik

Dapat jobs yang masuk seperti dari raja backlink, vira id, magnetise dan sosiago atau platform monetise lainnya.

Segera kerjakan sesuai brief yang diberikan agar tidak kepepet oleh deadline yang ditentukan. Kerjakan dengan sepenuh hati untuk hasil tulisan yang disukai oleh klien.

Jangan lupa berikan tambahan bonus agar klien merasa diservis dengan baik. Meski dalam kondisi santai tetap gunakan bahasa yang ramah dan enak didengar/dibaca.

Istirahat dulu sejenak

Ini perlu dilakukan jika teman-teman kehilangan ide atau tiba-tiba mengalami writer’s block. Itu wajar, hampir semua blogger pernah dilanda masalah ini.

Istirahat sejenak, tenangkan pikiran, traveling, mengunjungi tempat wisata unik atau melakukan road trip bareng teman bisa jadi solusi ampuh mengatasi writer’s block.

Kesimpulan

Seharusnya menulis dan blogging adalah aktivitas yang menyenangkan bukan? Lalu kenapa harus stres karenanya?

Layaknya hobi lain, blogging juga seharusnya membuat rileks dan nyaman. Jadi santai saja, jangan dipaksakan.

Nikmati prosesnya, jangan terlalu pusing jika seandainya tidak mampu melakukan beberapa hal. Jangan merasa tertekan oleh hal begituan.

Sebut saja optimasi blog di bagian speed blog atau perihal google analytics 4 yang cukup rumit. Serahkan kepada ahlinya atau minimal komunikasikan dengan senior yang ada di grup blogger.

Banyak kok blogger yang baik hati yang mau membantu tanpa pamrih. Namun ada baiknya juga berbasa-basi ngasih tip atau paling kurang kasih backlink gratis untuk rewards bantuan gratis mereka.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

Post a Comment

Post a Comment