Wajib Kenali P2P Lending untuk Pendanaan Online UMKM Tanpa Ribet

Wajib Kenali P2P Lending untuk Pendanaan Online UMKM Tanpa Ribet
Pendanaan Online – Beberapa waktu lalu saya sempat berbicara tentang produk keuangan terbaik yang layak dicoba oleh anak muda. 

Di dalam artikel tersebut saya mengulas sedikit tentang beberapa produk keuangan yang bisa ditekuni oleh anak-anak muda.

Dalam jabaran artikelnya saya menyebutkan ada 5 macam jenis produk keuangan dengan bagi hasil menarik yang bisa dicoba. 

Salah satunya adalah produk keuangan dengan nama peer to peer lending atau lebih dikenal dengan istilah P2P Lending.

Apa itu peer to peer lending?

Mengutip pernyataan resmi yang ditelurkan oleh situs resmi otoritas jasa keuangan atau OJK melalui Peraturan OJK No.77/POJK.01/2016, fintech lending/peer-to-peer lending/ P2P lending adalah layanan pinjam meminjam uang dalam mata uang rupiah secara langsung antara kreditur/lender (pemberi pinjaman) dan debitur/borrower (penerima pinjaman) berbasis teknologi informasi.

Sedangkan fintech P2P lending adalah platform online yang menyediakan fasilitas bagi pemberi pinjaman (lender) untuk memberikan pinjaman dana untuk peminjam atau borrower.

Secara sederhana fintech P2P lending/fintech lending mirip seperti platform e-Commerce yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam satu platform dengan cara senyaman, simpel dan semudah mungkin agar terjadinya kesepakatan bersama. Fintech lending juga disebut sebagai Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (LPMUBTI).

Berdasarkan situs resmi OJK yang diupdate pertanggal 17 Mei 2022. Ada total jumlah 102 perusahaan penyelenggara fintech peer-to-peer lending atau fintech lending yang berizin di OJK per 22 April 2022.

Manfaat Peer to Peer Lending bagi UMKM Indonesia

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh UMKM dari pengajuan pinjaman di fintech lending, diantaranya:

Sistem dan proses pengajuan pinjaman sangat mudah

Berbeda dengan pendanaan yang diberikan oleh bank konvensional. Fintech lending memiliki alur sistem dan proses pengajuan pinjaman yang sangat mudah.

Sistem pengajuan yang simpel karena berbasis teknologi membuat peer to peer lending sangat mudah dimengerti dan dilakukan oleh banyak orang.

Selain itu, sistem pengajuan juga lebih modern karena bisa melalui aplikasi atau website. Jadi peminjam atau borrower tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk sebuah pinjaman modal usaha.

Tanpa agunan atau jaminan

Jika Anda adalah UMKM yang membutuhkan modal usaha dengan pinjaman tanpa jaminan. Maka fintech lending atau peer to peer lending adalah pilihan yang tepat.

Jika biasanya pinjaman identik dengan jaminan. Berbeda dengan fintech lending yang mana Anda bisa mengajukan pendanaan modal usaha tanpa adanya agunan atau jaminan.

Peminjam dan pemilik dana dipertemukan di dalam platform online yang disediakan oleh perusahaan fintech lending. 

Proses pengajuan akan diproses di bawah syarat dan kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan tersebut serta telah disepakati oleh kedua belah pihak.

Pengajuan tanpa terikat waktu

Artinya Anda bisa mengajukan pinjaman kapan saja dan di mana saja saat membutuhkan. Selain menghemat waktu, Anda juga tidak perlu bolak-balik ke bank untuk melakukan pengajuan pinjaman.

Pelaku UMKM bisa dengan sangat leluasa dalam mengajukan limit pinjaman secara online.

Proses ini bisa dilakukan hanya dengan mengakses aplikasi atau website yang telah disediakan oleh fintech lending.

Proses pengajuan seperti ini selain menghemat waktu dan tanaga. Anda juga bisa fokus untuk mengembangkan UMKM dengan lebih nyaman menunggu pinjaman cair.

Bunga lebih ringan

Bunga pinjaman yang tinggi kerap kali menjadi alasan pelaku UMKM dalam memilih dan memilah pengajuan pinjaman online.

Bunga pinjaman yang lebih ringan bisa menjadi salah satu alasan untuk memilih peer to peer lending sebagai tempat pengajuan pinjaman.

Pada praktiknya P2P lending menerapkan bunga yang lebih terjangkau dan lebih ringan. Dengan demikian pelaku UMKM lebih nyaman dan bisa mempertimbangkan dengan matang pengajuan pendanaan.

Cair lebih cepat

Selain beberapa poin plus di atas. Pencairan pinjaman di fintech lending juga memiliki kelebihan yang bisa dipertimbangkan oleh pelaku UMKM.

Ya, cair lebih cepat! Pengajuan pinjaman yang lebih mudah, nyaman dan tidak memakan waktu lama. Pencairan dana untuk UMKM melalui fintech lending juga jauh lebih cepat.

Nah gak perlu bingung lagikan mencari pendanaan online untuk pinjaman UMKM? Anda bisa mencoba fintech lending terdaftar OJK Akseleran.

Semua kelebihan pendanaan online yang saya paparkan di atas ada di fintech lending Akseleran. Pengajuan lebih mudah, nyaman, bunga lebih ringan hingga waktu pencairan yang relatif lebih cepat tanpa ribet.

Jika Anda tertarik mengajukan pinjaman di Akseleran, gunakan kode referal saya AKSLISKA580349. Ada saldo gratis 100 ribu langsung yang akan Anda dapatkan dalam mendanai UMKM.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.