Ketahui 7 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti

Ban Rusak
Ganti Ban Mobil – Memiliki kendaraan atau mobil menjadi cita-cita banyak orang. Saya atau mungkin teman-teman yang menemukan artikel ini. 

Memiliki mobil mau tidak mau Anda tentu harus tahu sedikit banyaknya tentang perawatan mobil yang baik dan benar.

Mulai dari hal kecil seperti rem, oli hingga ban mobil. Anda harus ingat dan tahu kapan saatnya mengganti kampas rem, oli dan ban mobil. 

Mengganti suku cadang secara berkala juga menjadi kewajiban sebagai pemilik kendaraan.

Nah berbicara kapan saat yang tepat mengganti spare part, saat ini saya akan membahas beberapa indikator kapan saatnya harus mengganti ban mobil.

Kapan Seharusnya Mengganti Ban Mobil?

Dalam ulasan singkat berikut ini akan saya bahas kapan saat yang tepat mengganti ban mobil. Termasuk tanda-tanda atau indikator yang memberikan sinyal sudah saatnya Anda mengganti ban mobil. Apa saja? Yuk simak ulasan berikut ini.

Berusia 5 Tahun

Jika ban mobil yang Anda miliki sudah mendekati 5 tahun. Ada baiknya Anda segera melakukan penggantian. Baik kondisi ban masih oke atau telah rusak.

Beberapa produsen ban kenamaan merekomendasikan agar segera mengganti ban jika masa pakainya telah mencapai 5 tahun. Ini disebabkan masa pakai ban pada umumnya hanya dipatok maksimal 5 tahun.

Bahan dasar pembuatan ban adalah dari karet yang mana elastisitas dan kelenturannya akan berkurang dalam 5 tahun. 

Oleh karena itulah kenapa Anda seharusnya mengganti ban mobil jika sudah melewati masa pakai 5 tahun.

Retak-retak dan Aus

Biasanya ban yang sudah melewati masa pakai akan terlihat retak-retak dan aus. Retakan ini menandakan bahwa kondisi ban tersebut sudah tidak layak untuk digunakan lagi.

Keretakan dan aus yang terjadi pada ban diakibatkan oleh gesekan yang terjadi antara ban dan jalanan. Umumnya oleh jalan yang panas dan bestruktur tidak bagus atau rusak.

Jika dibiarkan kondisi retak dan getas pada ban akan sangat membahayakan jika terus digunakan. Selain itu kenyamanan yang dihasilkan oleh ban juga jauh berkurang.

Jarak Tempuh 40ribu KM

Beberapa produsen ban menentukan jarak tempuh dan usia pemakaian dalam menentukan penggantian ban. Jika tadi umur pakai ban ditentukan maksimal 5 tahun.

Makan untuk jarak tempuh ban adalah 40ribu kilometer. Jika ban sudah digunakan untuk menjelajah jalanan hingga 40.000 kilometer. Ada baiknya segera melakukan penggantian pada ban mobil.

Lalu bagaiman jika usia ban belum sampai 5 tahun tapi jarak tempuhnya sudah sampai 40ribu kilometer? 

Anda juga diharuskan untuk mengganti ban. Karena jarak tempuh biasanya langsung berpengaruh pada kondisi fisik ban secara keseluruhan.

Ban Telah Gundul

Ban telah gundul atau botak ini biasanya dipengaruhi oleh beberapa indikator ban di atas. Berapa lamanya ban digunakan dan jarak tempuh yang telah dilewati oleh ban.

Umumnya ban yang telah botak akan kehilangan ukirannya dan motif awalnya. Kehilangan motif atau ukiran ban ini akan menyebabkan ban mudah slip saat digunakan.

Ban Sudah Penuh Tambalan

Baik ban tubeless atau non tubeless, jika ban mobil sudah memiliki banyak tambalan. Ini salah satu indikator bahwa sudah saatnya Anda mengganti ban mobil.

Ban dengan banyak tambalan selain sangat rentan bocor dijalanan rusak. Ban dengan kondisi seperti ini juga tidak memberikan kenyamanan saat digunakan.

Ban Memiliki Benjolan

Ban sudah dipenuhi oleh benjolan adalah indikator ban sudah saatnya diganti. Bahkan sebaiknya Anda benar-benar harus segera menggantinya.

Ban dengan benjolan menunjukkan bahwa ada anyaman atau penguat konstruksi ban (kawat dan sebagainya) telah rusak atau putus.

Kekuatan ban mobil dengan kondisi seperti ini sangat lemah dan berpotensi pecah saat digunakan. Jika ban mobil pecah saat dikendarai bisa memgakibatkan kecelakaan serius.

Cek Tanggal Produksi Ban

Mungkin ada yang belum tahu bagaimana cara mengecek tanggal produksi dari sebuah ban. Tanggal produkai ban biasanya dicetak timbul di pinggir ban atau tepatnya di bibir ban.

Tanggal produksi ban biasanya ditulis dengan empat digit. Dua digit pertama menandakan minggu pembuatan sedangkan dua digit terakhir adalah tahun pembuatan.

Misalnya di ban tertulis angka 1020, artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke sepuluh atau Maret tahun 2020. Jika dihitung dengan masa pakai ban. Ban tersebut masih layak melindas aspal jalanan.

Pastikan membeli ban yang berkualitas di tempat penjual ban berkualitas. Jika cukup sibuk, Anda bisa membeli ban berkualitas di toko online dengan penawaran yang menarik.

Kesimpulan

Menjaga kondisi ban dan merawat ban mobil menjadi hal yang harus diperhatikan. Perhatian dan perawatan tersebut bisa menghindarkan Anda dari bahaya yang bisa saja terjadi akibat malasnya Anda mengecek kondisi ban layak atau tidak digunakan.

Selain itu, memastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar yang telah ditetapkan juga harus rutin dilakukan. Jangan lupa untuk berhati-hati dan menghindari jalan berlubang dan rusak.

Perhatian seksama terhadap ban juga berarti memperpanjang usia pakai mobil Anda. Kondisi ban yang bagus juga akan menunjang performa mobil.

Nah apa Anda sudah melakukan pengecekan terhadap ban mobil Anda hari ini? Jika belum, yuk periksa sekarang!

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.