Tinggal Bersama Mertua? Terapkan 8 Tips Berikut Agar Nyaman Tanpa Konflik

Mertua
Tinggal Bersama Mertua – Ada pepatah yang mengatakan, lebih indah tinggal di rumah sendiri meskipun mengontrak daripada tinggal bersama mertua. 

Itulah sekelumit permasalahan rumah tangga yang terjadi jika serumah dengan mertua. Ada yang merasa tidak nyaman karena mertua ikut campur urusan rumah tangga anaknya.

Beberapa konflik yang terjadi kurang harmonisnya hubungan antara menantu perempuan dengan ibu mertua. 

Banyak yang tidak cocok dengan sifat mertua yang cerewet kepada menantunya. Atau sebaliknya, sifat menantu yang tidak sejalan dengan mertua bahkan sampai menahan hati.

Sebagian kecil, hubungan mertua dengan menantu ibarat orang tua dengan anak. Mertua tidak membeda-bedakan menantu dengan anaknya. 

Mereka memperlakukan menantunya seperti anaknya sendiri, malah melebihi kasih sayang kepada anaknya.

Ini adalah menantu idaman bagi mertuanya. Hubungan yang terjalin indah ini tidak lain karena terjalin komunikasi timbal balik yang direspon dengan kasih sayang.

Tips Nyaman Tinggal Bersama Mertua

Bagi Anda yang tinggal serumah dengan mertua tetapi belum terjalin kenyamanan di rumah itu, ada baiknya menerapkan tips nyaman tinggal bersama mertua. Apa saja tipsnya, simak ulasan berikut.

Menghargai Mertua

Tips pertama yang perlu Anda lakukan adalah menghargai mertua. Perlakukanlah mertua seperti Anda memperlakukan orang tua sendiri.

Jika orang tua Anda sudah tiada, mertua bisa Anda jadikan orang tua kedua. Sehingga tercipta suasana yang hangat dan nyaman di rumah saat tinggal bersama.

Cara menghargai mertua adalah dengan cara melibatkan mertua dalam beberapa hal. Mintalah pendapat beliau, dan jangan sungkan jika butuh bantuan beliau.

Walau pendapatnya tidak selalu Anda ikuti, atau bantuan yang beliau berikan hanya sepele, tapi dengan dimintai pendapat dan bantuan, mertua akan merasa dihargai dan berarti.

Berilah apresiasi, berikan pujian dan berikan hadiah untuk beberapa hal yang memang Anda sukai dari beliau. Sebaliknya, jika ada hal-hal yang kurang berkenan, sebaiknya Anda sampaikan juga dengan sopan.

Menyenangkan Hati Mertua

Ada sebagian orang yang memiliki prinsip, ia akan menyenangkan hati orang lain sebelum orang lain menyenangkan hatinya. Membuat hati mertua senang tidak serta merta dengan uang.

Anda bisa mengerjakan suatu pekerjaan secara bersama-sama, seperti memasak, berkebun, berolah raga, bahkan menonton film sambil menikmati secangkir kopi.

Serambi bercengkrama dengan mertua, Anda bisa menanyakan langsung kesukaan dan kebiasaan beliau. Buatlah semacam perencanaan ke depan untuk melaksanakannya secara bersama.

Atau Anda bisa mencari tahunya melalui pasangan Anda. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk membuatnya nyaman.

Mengutamakan Komunikasi

Berbagai cara yang bisa dilakukan agar komunikasi berjalan dengan baik. Salah satu contohnya, menggunakan bahasa yang baik dan juga berbicara dengan sopan serta lembut. Selain itu, bersikap mengalah kepada mertua dan tidak ngotot mengutarakan pendapat.

Jika Anda dan mertua sedang menghadapi masalah, komunikasi merupakan hal yang disarankan untuk dilakukan.

Utamakanlah komunikasi agar menemukan solusi atas permasalahan yang tengah dihadapi. Selain itu, komunikasi yang baik juga akan membuat Anda terlihat sebagai menantu idaman.

Buat Kesepakatan

Setelah terjalin komunikasi yang baik, maka buatlah kesepakatan tentang aturan dan batasan mana yang boleh dan tidak boleh. Tujuannya adalah mertua dan menantu tahu tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Sebagai contoh, jika terjadi konflik dalam rumah tangga menantu, mertua jangan langsung ikut campur dalam masalah tersebut. Kecuali, sang menantu minta bantuan mertua untuk menyelesaikannya.

Berpikir Positif

Berprasangka baiklah kepada mertua terhadap apa yang dilakukan dan disarankannya. Semua itu mempunyai tujuan yang baik untuk keluarga Anda. Sebelum mertua memutuskan, beliau telah mempertimbangkannya untuk Anda. Oleh sebab itu, bertukar pikiranlah dengan mertua agar bisa sejalan.

Menentukan Privasi

Dalam sebuah keluarga, sekecil apapun permasalahan yang sedang dihadapi, tidak beriak kepada mertua. Rumah tangga butuh privasi. Misalnya, terkait dengan area kamar tidur, masalah pendidikan anak, hingga masalah keuangan. Selain dari yang sudah Anda tentukan, berikan kebebasan kepada mertua untuk memberikan dukungan dan pendapatnya.

Bersikap Netral dari Masalah Internal

Serumah dengan mertua tidak menutup kemungkinan akan terjadi perselisihan antara mertua dengan anaknya. Jika masalah tersebut terjadi, ada baiknya Anda jangan turut campur atau terlihat memihak pasangan.

Bersikaplah netral dan segera menjauh. Jika terlihat sudah mereda, Anda bisa mencari kesempatan untuk berbicara dengan masing-masing pihak untuk mencarikan solusinya.

Bersikap Tegas

Bersikap tegas diperlukan juga pada hal-hal tertentu. Selagi masih wajar dan tidak berlebihan, mertua masih bisa memahaminya. Ketika mertua sedang memanjakan si kecil dengan memberikan uang jajan di luar batas, Anda bisa menegur mertua dengan sopan dan menguranginya.

Kesimpulan

Demikianlah tips nyaman tinggal serumah dengan mertua yang bisa Anda terapkan. Tanamkanlah dalam hati bahwa mertua adalah orang tua Anda.

Bersikaplah kepada mereka layaknya orang tua Anda sendiri. Mertua dan menantu saling memahami dan mengingatkan dalam hal kebaikan. Dengan adanya suasana itu, maka menantu idaman layak disematkan kepada Anda.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.