cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Tawarkan Keindahan, Ini 13 Destinasi Wisata Alam di Solok yang Wajib Dikunjungi

Danau
Wisata Alam Solok – Siapa yang tidak kenal dengan Solok? Daerah yang terkenal dengan penghasil beras ini patut untuk dikunjungi.

Berbicara tentang Solok, maka akan ada 3 Solok yang harus Anda pahami. Solok sendiri terdiri dari 3 yaitu Kota Solok, Kabupaten Solok dan Kabupaten Solok Selatan. Kota Solok merupakan kota kelima terbesar di Sumatera Barat.

Kabupaten yang terletak di kawasan Sumatra Barat ini memang menjanjikan banyak sekali destinasi wisata yang unik dan menarik. 

Tak heran jika Solok menjadi kawasan tujuan wisata yang sangat hits dikalangan anak muda sekitar dan juga luar daerah.

Berikut daftar destinasi atau tempat wisata alam 2023 yang bisa dikunjungi saat berada di Solok. 

Ada 13 tempat wisata unik, indah dan terbaru yang bisa Anda kunjungi baik dengan pasangan maupun keluarga.

Danau Kembar

Tempat wisata alam pertama yang menyuguhkan pemandangan alam yang luar biasa adalah Danau Di ateh dan Danau Di bawah. Danau ini lebih dikenal dengan nama Minangnya sebagai Danau Di ateh Danau Di bawah.

Lah danaunya kembar? Iya, ada dua vulkanik berdampingan alias kembar di kawasan ini. Namun ada yang unik dari penyebutan danau kembar ini.

Danau yang posisinya berada di atas disebutkan dengan Danau Di bawah, sementara Danau yang berada di bawah justru disebut dengan Danau Di ateh. Berlokasi di sehiliran Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatra Barat.

Ketika Anda mengunjungi salah satu dari Danau Di ateh atau Danau Di bawah, Anda bisa melihat sekaligus pemandangan alam danau kembarannya. Anda cukup naik sedikit ke atas bukit.

Lalu, jika Anda ingin danau lain yang tak kalah dengan danau kembar ini, Anda bisa mengunjungi Danau Singkarak.

Danau Singkarak

Siapa yang tidak kenal dengan danau Singkarak? Danau Singkarak merupakan danau terluas kedua setelah danau Toba. Danau yang memiliki luas 107.8 meter persegi ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa.

Lokasi danau ini berada di Kecamatan X Koto Singkarak, Solok, Sumatera Barat. Air danau berwarna hijau kebiruan dengan lanskap perbukitan yang indah dipandang mana.

Danau Talang

Beralamat di Kanagarian Kampung Batu Dalam, Kecamatan Danau Kembar, Solok, Sumatera Barat. Tak kalah dengan dua danau yang telah disebutkan sebelumnya. Danau Talang juga mempunyai pemandangan wisata alam yang sangat cantik. Cocok untuk Anda yang hobi traveler dan mencintai wisata alam.

Air danau berwarna hijau dengan udara yang bersih, segar, dan menenangkan. Danau yang satu ini cenderung lebih sepi sehingga disebut dengan “Danau Sunyi”.

Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang

Air terjun dengan nama yang sangat panjang ini cocok untuk dijadikan sebagai meditasi. Nama yang sama dengan nama jalannya yaitu, Nagari Koto Hilalang, Kecamatan Kubung, Solok.

Keadaan sekeliling Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang masih sangat sepi. Akses jalan ke lokasi wisata alam ini masih belum begitu bagus sehingga tidak banyak yang datang.

Butuh waktu satu jam untuk berjalan menuju lokasi ini. Ini cukup merepotkan untuk Anda yang tidak terbiasa jalan kaki. Jika Anda tetap ingin air terjun yang indah, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Sarasah Batimpo.

Air Terjun Sarasah Batimpo

Objek wisata alam dengan air terjun yang cukup mudah diakses dan tak jauh dari pusat kota adalah Air Terjun Sarasah Batimpo. Air Terjun Sarasah Batimpo berbeda dengan Air Terjun Kapalo Banda Koto Hilalang.

Air terjunnya sangat besar dan juga bersih dengan sungai yang cukup lebar di bawahnya. Anda bisa bersantai sejenak di air terjun ini yang berlokasi di Kelurahan Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, Kota Solok.

Rumah Pohon Laing Park Solok

Rumah Pohon Laing Solok juga disebut dengan Wisata Laing Park. Berada di jalan KPT. Bahar Hamid, Laing, Tj Harapan, Solok. Tempat ini sangat hits di kalangan semua usia. Daya tarik tempat ini adalah ada spot-spot foto yang menarik dengan pemandangan alam khas pedesaan yang luar biasa.

Puncak Gobah

Puncak Gobah terletak di Nagari Aripan, Kecamatan X Koto Singkarak, Solok. Objek wisata yang satu ini termasuk objek wisata alam baru yang cukup populer. Puncak Gobah Solok dikelola oleh warga setempat.

Lokasi ini menawarkan berbagai spot foto yang menarik, taman bunga yang indah, juga penyewaan paralayang. Paket wisata alam yang lengkap ini sangat disukai para remaja.

Puncak Guguak Sarai

Puncak yang satu ini juga dikenal dengan Puncak Happy. Lokasinya berada Lokasi puncak di Guguak Sarai, Kecamatan IX Koto Sungai Lasi, Solok. Terletak di sudut terpencil sehingga tak semua warga Solok tahu. Di puncak ini, Anda bisa melihat lanskap Kota Solok yang hijau dan asri.

Kebun Teh Alahan Panjang

Kawasan kebun teh ini juga layak untuk dikunjungi. Kebun Teh Alahan Panjang menawarkan hamparan kebun teh yang hijau dan tertata. Kebun teh yang satu ini berada di Kecamatan Lembah Gumanti, Solok.

Dominasi warna hijau sangat menyejukkan mata. Udara sekeliling yang sejuk membuat kawasan wisata alam ini sangat pas dijadikan tempat untuk menenangkan diri. Anda juga bisa menikmati kuliner khas Solok yang tersedia di sini.

Nagari 1000 Rumah Gadang

Bagi Anda yang berasal dari luar daerah, jangan lupa untuk mengunjungi rumah gadang. Nagari 1000 Rumah Gadang menjadi pusat budaya Minangkabau.

Kawasan Nagari Seribu Rumah Gadang berada di Nagari Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Solok. Anda bisa menjadi bagian dari kearifan lokal masyarakat Minangkabau saat berkunjung di sini.

Sesuai dengan namanya, di kawasan ini Anda bisa melihat rumah gadang yang berjejer-jejer. Anda bisa membuat kenangan yang tak terlupakan dengan bidikan potret nan rancak di kota ini.

Puncak Gagoan

Puncak Gagoan Solok sempat viral karena spot fotonya yang sangat cantik. Tempat wisata yang satu ini sangat cocok dikunjungi oleh mereka yang menyukai tantangan. Puncak Gagoan terletak di Desa Paninggahan, Junjung Sirih, Solok.

Kawasan ini merupakan sebuah tebing yang menjulang tinggi yang curam. Pemandangan utama yang Anda lihat saat di puncak sangat luar biasa. Oleh karena itulah makqnyq puncak ini dinamakan gagoan atau dalam bahasa Minangnya Gagauan (teriakan cemas atau pekikan diketinggian)

Puncak Bukit Cambai

Jika Anda menginginkan sebuah spot terbaik untuk menikmati keindahan alam Solok, Anda wajib mengunjungi Puncak Bukit Cambai. 

Lokasi ini dikelilingi oleh empat gunung dan juga empat danau. Puncak Bukit Cambai berada di Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat. Keindahan kawasan ini tentu tidak bisa ditemukan di kawasan lain.

Taman Wisata Pulau Belibis

Pulau Belibis Solok ini berada di lahan dengan luas kurang lebih 4 hektar yang dibangun sebagai taman rekreasi bernuansa alam. Sebelum dikelola resmi oleh pemerintah, kawasan ini hampir mati suri.

Akan tetapi, saat ini Taman Rekreasi Pulau Belibis menjadi kawasan yang cukup layak dikunjungi. Kawasan ini berada di Jalan Solok, Simpang Tanjung Nan IV, Kampung Jawa, Solok, Sumatera Barat.

Kawasan wisata di Sumatera Barat memang sangat terkenal dengan wisata alamnya yang indah. Solok pun menyajikan berbagai pilihan wisata dengan keindahan alam yang luar biasa.

Demikian adalah ulasan lengkap mengenai 13 tempat wisata Solok yang sedang hits di tahun ini. Liburan Anda di Solok akan lebih menyenangkan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata di atas. Jangan lupa untuk membuat rencana wisata agar perjalanan wisata lebih efektif dan maksimal.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

Post a Comment

Post a Comment