Agar Bisnis F&B Bertahan Lama dan Terkenal, Coba 5 Tips Berikut Ini

F and B
Bisnis - Menuju bulan suci ramadan, bisnis kuliner atau makanan akan menjadi primadona yang banyak diminati. Seperti biasa ada banyak usaha baru bermunculan bagai jamur di musim penghujan. Mulai dari kuliner lokal atau menu-menu dari luar negeri.

Tips Agar Bisnis F&B Bertahan

Bertahan di bisnis F&B di tengah pandemi tidaklah semudah yang dibayangkan. Kreatifitas dan inovasi jadi tonggak pendorong untuk bisnis jenis ini agar tetap bertumbuh. 

Selain kompetisi di bidang bisnis F&B yang semakin sulit. Kerja keras dan pantang menyerah juga dibutuhkan dalam membangun bisnis kuliner.

Namun lain halnya bagi pemula. Bagaimana cara bisnis F&B yang dikelola bisa bertahan adalah pertanyaan yang sering muncul dan ditanyakan? Berikut beberapa tips ampuh agar bisnis kuliner yang Anda gawangi bisa bertahan.

Analisa Target Pasar

Menganalisa target pasar adalah hal pertama yang harus diakukan sebelum membuka bisnis kuliner. Anda harus mengumpulkan data produk apa saja yang laku di pasaran.

Analisa target pasar akan dijadikan acuan dalam merencanakan dan merancang strategi pasar mana yang tepat untuk diterapkan.

Analisa target pasar dapat berupa pendapatan, gaya hidup, pekerjaan, usia, lingkungan dan sebagainya. Sebagai contoh, Anda ingin membuka cafe berkonsep smart di dekat sekolah dan kos-kosan, maka makanan yang cocok adalah makanan sehat tapi murah.

Dengan hasil analisa pasar yang tepat dan akurat. Anda tidak akan kesulitan dalam memasarkan produk kuliner yang telah dibuat.

Tetap Kreatif dan Inovatif

Tuntutan untuk bisa bertahan dari ketatnya persaingan di dunia kuliner. Kreatifitas dan inovasi sangat dibutuhkan dalam upaya mempertahankan bisnis kuliner.

Adanya kreativitas dan inovasi produk membuat konsumen tidak bosan dengan produk-produk yang Anda rilis ke publik.

Kreatifitas dan inovasi pada produk, bisa saja menyangkut rasa, bentuk penyajian, desain ruangan dan cara pelayanan.

Inovasi merupakan salah satu yang penting karena dengan adanya inovasi, pembeli Anda tidak merasa bosan dengan produk Anda yang monoton.

Suplier dan Kualitas

Tentu Anda setuju bahwa bahan dasar berkualitas juga menghasilkan produk yang berkualitas bukan? Sebagai owner Anda harus memperhatikan kualitas bahan baku yang terjamin untuk produk yang akan Anda buat.

Pastikan mencari suplier yang menyediakan bahan berkualitas tinggi, kontinuitas yang stabil dan benar-benar bertanggungjawab.

Reputasi dan Branding yang Baik

Usaha kuliner adalah bisnis yang unik. Peluang bertahan dan tutup sama-sama besar dan tinggi. Oleh karena itu, menjaga reputasi dan branding yang baik membantu usaha kuliner bertahan.

Menjaga reputasi dan branding bisa dimulai dari kebersihan makanan, tempat hingga rasa menu masakan dan pelayanan harus ditetapkan dengan standar operasi yang ketat.

Kelola Administrasi dan Keuangan dengan Tepat

Administrasi dan keuangan termasuk di dalamnya transaksi jual beli penting untuk dikelola dengan tepat. Sejatinya masalah keuangan dan administrasi adalah nadinya bisnis termasuk bisnis kuliner atau F&B.

Dengan adanya pembukuan dan software aplikasi kasir pintar, memudahkan Anda dalam mengelola bisnis kuliner. Terutama tentang perhitungan laba rugi, modal dan biaya operasional serta gaji karyawan pada model bisnis F&B.

Anda bisa menggunakan aplikasi kasir yang mencakup semuanya dalam mempermudah operasional bisnis F&B. Anda bisa mengadopsi ESB aplikasi kasir pintar untuk kenyamanan semua pihak dengan konsep restoran pintar maupun food court pintar.

Semua terintegrasi dalam satu aplikasi kasir saja. Anda bisa memantau dan fokus kepada hal-hal esensial lainnya. Melalui ESB aplikasi kasir, konsumen bisa memesan di meja, pesan di kios pemesanan atau pesan langsung dengan lebih mudah.

Selain itu ESB Aplikasi Kasir Pintar memiliki kelebihan yang disebut The all in one restaurant technology.

  • ESB POS, terlengkap yang terintegrasi dari EDB Kitchen hingga ESB Kios,
  • ESB order, kemudahan pemesanan dan pembayaran
  • ESB Core, software ERP berteknologi tinggi yang memudahkan memonitor bisnis dalam satu lingkup proses
  • Dan banyak lagi.

Kesimpulan

Itulah 5 tips agar usaha kuliner bertahan lama dan terkenal terutama pada bulan suci ramadan ini. Beberapa tips di atas sangat penting diterapkan pada bisnis model F&B atau bisnis berbasis kuliner. Menambahkan aplikasi kasir pintar juga menjadi pilihan bijak untuk memberikan inovasi dan pengalaman terbaru dalam memuaskan konsumen.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.