7 Persiapan Wajib Menyambut Ramadhan Agar Ibadah Tetap Khusyuk Saat Pandemi

Ramadhan
Persiapan Wajib Menyambut Ramadhan – Ramadhan sebentar lagi, meski pandemi belum memberi tanda-tanda akan berakhir. Setidaknya kita patut bersyukur grafik penyebarannya makin ke sini makin melandai walau sesekali memuncak tanpa alasan yang jelas. Kita patut berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras untuk mengatasinya.

Berbicara tentang ramadhan, tentu tidak terlepas dari saudara kita umat muslim yang akan melaksanakan ibadah puasa sebulan penuh. 

Seperti dua tahun belakangan. Pandemi selalu jadi teman dekat bulan ramadhan yang penuh berkah itu. Tidak sedikit yang terpaksa beribadah di rumah saja demi kesehatan dan keluarga tentunya.

Persiapan Menyambut Ramadhan Kala Pandemi

Seperti sebelum pandemi, umat muslim melakukan persiapan luar biasa menyambut ibadah puasa sebulan penuh. Banyak hal yang dilakukan agar ibadah di bulan puasa berjalan lancar dan tidak terkendala.

Kali ini uncchu.com akan mengulas beberapa persiapan yang dirasa perlu untuk dilakukan dalam menghadapi puasa dikala pandemi. Apa saja persiapan menyambut ramadhan tersebut? Yuk, baca ulasan singkat berikut ini.

Stok Masker Secukupnya

Dalam menghadapi pandemi, usaha pertama yang harus dilakukan adalah patuh memakai masker. Kurang lebih, taat mengenakan masker juga bakal diterapkan saat ramadhan nanti. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk membeli masker berikut cadangannya. Jangan lupa untuk tidak menimbun masker berlebihan.

Stok Makanan Secukupnya

Sudah menjadi suatu yang lumrah menjelang ramadhan tiba. Seluruh bahan pokok melonjak naik. Mulai dari kebutuhan dapur hingga bahan pokok utama seperti beras, minyak dan lainnya.

Minyak goreng, sudah mulai mengalami kelangkaan. Meski penyebab kelangkaan tidak jelas dan pemerintah belum bisa mengatasi dengan baik. Setidaknya harga jual yang mahal cukup masih bisa dijangkau oleh masyarakat badarai.

Menyetok makanan sebelum ramadhan masuk adalah salah satu cara bertahan. Jika sewaktu-waktu ada aturan dari pemerintah terkait pandemi dan laian sebagainya.

Stoklah makanan secukupnya dan jangan berlebihan. Pilah makanan yang sekiranya memiliki daya tahan lama dan bisa disimpan dalam waktu yang lama.

Stok Obat-obatan dan Suplemen

Jangan lupa untuk stok obat-obatan dan suplemen makanan legal secukupnya. Hal ini berguna saat terjadi kejadian tak terduga dan membutuhkan pertolongan cepat.

Stok obat-obatan menghindari Anda dari kepanikan berlebih akan kejadian tak terduga. Selain itu dengan menyetok obat dan suplemen Anda bisa lebih nyaman dan fokus dalam beribadah di bulan puasa kala pandemi.

Lakukan Penghematan dan Siapkan Dana Cadangan

Berlaku hemat dan tidak boros juga bisa membantu dalam menikmati ibadah ramadhan dengan baik. Siapkan dana cadangan dan aset mudah dicairkan dalam menghadapi kejadian tak terduga.

Beritahu orang terdekat yang bisa dipercaya mengenai dana cadangan yang telah Anda siapkan. Hal ini penting jika hal yang tidak diinginkan terjadi dan Anda tidak sempat memberitahu mereka.

Patuhi Himbauan Pemerintah

Hal lain yang harus dilakukan adalah selalu patuhi himbauan resmi pemerintah. Tidak peduli pemerintah tersebut Anda sukai atau tidak. Mematuhi imbauan pemerintah setidaknya menjadi ibadah tambahan di bulan ramadhan.

Usahakan untuk selalu update dengan perkembangan kondisi pandemi. Update bukan berarti Anda harus serba takut, akan tetapi update informasi harus bisa membuat Anda lebih waspada dan mawas diri. Ini demi kebaikan diri sendiri dan keluarga tercinta tentunya.

Fokus dengan Ibadah

Fokus dengan ibadah ramadhan dan persiapannya menghindari Anda dari energi negatif yang bisa saja merusak diri Anda. Siapkan beberapa buku bacaan seperti daftar ibadah ramadhan atau kajian-kajian masuk akal yang bisa menambah keimanan bukan kebencian.

Edukasi Keluarga

Jika Anda adalah kepala keluarga, edukasi seluruh anggota keluarga dengan materi yang baik dan mencerahkan. Jangan bebani anggota keluarga dengan list atau daftar yang belum sanggup dilakukan.

Edukasi juga anak-anak dengan cara yang mudah dimengerti. Edukasi yang baik akan memunculkan karakter positif pada anak. Semakin baik edukasi yang diberikan, semakin kaya anak-anak Anda dengan karakter positif yang muncul dari dalam diri mereka sendiri.

Kesimpulan

Itulah 7 persiapan menyambut bulan ramadhan saat pandemi. Semoga beberapa poin ringan di atas bisa diterapkan dengan baik dan benar. Bagaimanapun keadaan di luar, ibadah dan segala persiapannya tetap nomor satu bukan? Selamat mencoba.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.