Ketahui 6 Ciri-ciri Arisan Online Tidak Amanah, Ibu RT Wajib Tahu

Mengenali apakah sebuah arisan online tersebut abal-abal adalah dengan melihat cara mereka merekrut member.

Arisan Amanah
Arisan Online Tidak Amanah – Tidak hanya bisnis dan UMKM yang melakukan ekpansi ke dunia digital. Arisan yang dulu dilakukan secara offline sekarang sudah merambah dunia online. Tidak sedikit arisan online bertebaran di dunia maya. Baik itu via facebook, instagram dan juga WAG.

Menjual kata amanah sebagai penarik member. Arisan online masa kini sukses menarik pengikut yang tidak sedikit. Pada akhirnya menyesal dan tertipu. 

Admin menghilang atau member yang mogok bayar menjadi alasan utama arisan online mulai menuai petaka berujung pelaporan penipuan ke pihak berwajib.

Ciri-ciri Arisan Online Tidak Amanah

Beranjak dari fenomena tersebut. Bagaimana sih cara mengenali arisan online yang amanah? Ulasan berikut ini adalah cara ampuh mengetahui kalau arisan online yang diikuti amanah atau tidak. Beberapa cara tersebut terbukti ampuh mengetahui atau mengenal sebuah arisan online abal-abal.

Cek Profil Admin

Arisan online biasanya diterbitkan atau diposting oleh sebuah akun di media sosial. Kenali terlebih dahulu atau kepo terhadap profil penerbit tersebut. Apakah profil tersebut layak, profil pengguna yang baru saja dibuat atau sudah lama dibuat.

Tidak ada salahnya untuk mengecek kembali postingan mereka. Apakah sekedar semata-mata memposting tentang arisan online saja atau aktivitas lainnya. Kenali secara seksama akun tersebut dari foto unggahan, tentang dan informasi-informasi lain.

Cek dan ricek kembali informasi pribadi seperti tempat tinggal, pekerjaan, dan semua hal mengenai akun tersebut. Pastikan akun tersebut adalah akun asli bukan akun hoax atau akun fake. Jika tersebut sudah dirasa aman atau asli tidak salahnya untuk mencoba arisan online tersebut Anda berminat.

Ketahui Skema Arisan yang Diterapkan

Ketahui skema arisan yang diterapkan apakah skema yang diterapkan berupa skema ponzi atau skema piramida yang hanya menguntungkan admin atau pengelola semata. Pastikan juga skema menurun yang digunakan aman dan tidak terlalu merugikan member.

Jangan lupa untuk bertanya seperti apa skema atau format admin yang digunakan. Setelah itu pahami syarat dan ketentuan yang berlaku. Seperti seberapa besar biaya yang digunakan atau biaya admin yang dipotong dari setiap arisan yang telah disetorkan.

Ketahui Untung yang Ditawarkan

Ketahui keuntungan yang ditawarkan ketika mengikuti arisan online tersebut. Apakah keuntungan yang ditawarkan masuk akal atau malah ditawarkan keuntungan yang besar dengan modal yang kecil.

Sejatinya arisan adalah cara lain dari menabung. Kalau seandainya cara yang digunakan tersebut menuai atau menghasilkan keuntungan berlipat ganda dan tidak masuk akal bisa dipastikan arisan tersebut adalah penipuan atau abal-abal.

Cek Jumlah Member

Cek jumlah member yang bertahan di dalam arisan tersebut. Jika perlu kenali dan tanyakan kembali member-member yang telah pernah mengikuti arisan tersebut. Apakah member tersebut merasa puas dengan arisan online tersebut. Jangan lupa juga tanyakan bagaimana skema real dari arisan tersebut dan bagaimana cara pengelolaan yang dilakukan oleh admin.

Cek juga Bagaimana cara admin mengatasi member yang telat bayar atau member yang mogok bayar. Apakah cara penagihan yang digunakan cukup manusiawi atau malah menggunakan cara-cara viral atau membuka aib member ke publik.

Jika dua hal tersebut ada di dalam postingan akun atau ada di dalam informasi yang diberikan oleh member-member sebelumnya. Ada baiknya Anda kembali mempertimbangkan untuk ikut arisan online tersebut.

Ketahui Cara Perekrutan Member

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk mengenali apakah sebuah arisan online tersebut abal-abal adalah dengan melihat cara mereka merekrut member. Biasanya arisan online yang tidak amanah akan melakukan perekrutan member dengan cara-cara yang terkesan memaksa.

Mereka akan melakukan banyak hal agar member terpaksa untuk ikut atau menjadikan keuntungan besar yang luar biasa besarnya sebagai penggaet. Tapi tetap saja semuanya tersebut terkesan seakan sangat memaksa.

Kesimpulan

Nah itulah beberapa cara mengenali sebuah arisan online. Apakah arisan online tersebut amanah atau tidak. Jika Anda menemui salah satu atau beberapa hal di atas ada baiknya untuk berhati-hati agar tidak ikut dengan arisan tersebut.

Jangan sampai karena tergiur dengan keuntungan besar yang dijanjikan oleh admin atau pengelola arisan. Anda justru malah terjebak dan dirugikan jauh lebih besar dari keuntungan yang dijanjikan.

Jika memungkinkan, investasi di usaha makanan ringan atau investasi reksa dana terpercaya jauh lebih aman bila dibandingkan ikut arisan dengan admin dan sistem yang tidak jelas.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.