cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Gaji Kecil : Ini 4 Cara Ampuh Agar Tetap Bisa Liburan Asik Meski Low Budget

Gaji Kecil : Ini 4 Cara Ampuh Agar Tetap Bisa Liburan Asik Meski Low Budget

Cara Ampuh Agar Tetap Bisa Liburan Meski Gaji Kecil
– Memiliki mimpi bisa liburan ke tempat-tempat impian tentunya menjadi sesuatu yang sangat dibanggakan. Bisa liburan dengan orang terkasih atau bareng keluarga dekat bisa menjadi daftar goals yang harus dicapai bukan? Sayangnya beberapa dari kita kadang harus mengubur mimpi atau menunda keinginan travelling tersebut. Biaya yang mahal menjadi alasan utama penundaan, terutama bagi yang memiliki gaji kecil dan pas-pasan.

Nah, apa sih tips ampuh agar bisa tetap liburan dengan gaji kecil? Bagaimana cara agar rencana liburan tidak menyiksa diri dan keuangan? Yuk simak beberapa tips liburan berikut ini khusus untuk yang ingin liburan tapi dengan low budget.

Tentukan Tujuan dan Biaya Liburan

Menabung dengan cara tepat adalah hal pertama yang harus dilakukan. Tentukan terlebih dahulu tujuan atau destinasi liburan yang ingin Anda tuju. Dalam atau luar negeri. Anda bisa menghematnya dengan memilih liburan low budget dengan merencanakan liburan bareng teman-teman.

Jangan lupa dalam melakukan perhitungan biaya liburan, pastikan Anda menghitung biaya akomodasi seperti biaya transportasi pulang-pergi. Misalnya tike pesawat, bus, kapal laut dan lain sebagainya.

Masukkan juga perkiraan biaya penginapan, makan harian dan biaya di lokasi wisata. Jangan lupa untuk menghitung biaya transportasi tambahan, uang masuk dan pembelian oleh-oleh. Jika hal sudah masuk dalam rincian biaya liburan. Anda sudah bisa memulai menabung untuk rencana liburan. Ingat! Masukkan juga dana cadangan untuk hal tak terduga. Jika begitu, Anda sudah bisa memperkirakan besaran uang yang harus disisihkan dari penghasilan.

Tentukan Jadwal Berangkat

Setelah mengetahui destinasi wisata impian yang akan dituju. Berapa biaya dan kisaran budget yang harus disisihkan dari penghasilan. Kini saatnya untuk menentukan jadwal kepastian berangkat. Silakan lirik kalender dan cari waktu yang tepat untuk liburan ke tempat impian. Bijak dalam memilih waktu liburan yang tepat juga akan menghemat biaya perjalanan.

Sekedar informasi, harga tiket akan tergantung waktu libur loh! Misalnya untuk harga tiket di akhir tahun akan lebih mahal dari harga tiket hari biasa. Begitu juga dengan harga tiket pada hari besar lainnya. Tidak itu saja harga tiket di akhir pekan akan lebih mahal dari harga tiket saat berangkat pada hari kamis atau selasa misalnya.

Oleh karena itulah, penjadwalan kapan kepastian akan berangkat juga berpengaruh pada budget yang telah Anda susun pada poin pertama di atas. Jadi tidak apa-apa jika harus menghabiskan sedikit waktu untuk melihat kalender bukan?

Mulai Menabung dan Konsisten

Tujuan liburan sudah deal. Jadwal keberangkatan juga sudah sese. Kini saatnya Anda mulai menabung dengan konsisten. Sisihkan besaran budget dan anggaran yang sudah Anda hitung sebelumnya. Perkirakan juga besaran yang harus Anda sisihkan. Mulai belajar untuk tidak terjebak money trap dalam beberapa waktu ke depan.

Gunakan fitur goals yang disediakan oleh mobile banking atau aplikasi bank digital. Ada beberapa bank digital terbaik yang bisa Anda coba. Saya telah mengulas beberapa bank digital tersebut. Silakan baca ulasan bank digital terbaik untuk bahan pertimbangan bagi Anda dalam membuat tabungan di bank digital.

Kontrol Pengeluaran

Inilah yang saya sebut jangan terjebak dengan money trap. Kontrol pengeluaran Anda sebaik mungkin agar poin di atas bisa dieksekusi dengan baik. Melalui kontrol pengeluaran ini Anda bisa mempertimbangkan dan memperkirakan berapa besaran uang yang harus disisihkan perbulan meski dengan gaji kecil.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara agar tetap bisa liburan meski berstatus sebagai karyawan dengan gaji kecil. Anda bisa mencobanya jika liburan benar-benar harus dilakukan. Tetap bijak dan jangan memaksakan diri jika memang belum dibutuhkan. Tetap sehat dan jaga prokes jika goals liburan bisa Anda eksekusi.

Post a Comment

Post a Comment