cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Cara Jitu Isengi Teman ala Anak Jaman Dulu, Cukup Pakai 2 Tumbuhan

teman iseng
Isengi Teman – Jauh sebelum gadget menyerang, masa kecil di luar ruangan adalah hal yang paling menyenangkan. Berlarian di pematang sawah, berlompatan di akar beringin dan berenang di sungai sudah menjadi keseharian yang membuat emak kesal saat pulang ke rumah.

Suara emak yang marah seakan jadi angin lalu. Tak jarang emak membawakan lidi dan apa saja yang ada di dekatnya untuk menyuruh pulang dan mengingatkan makan.

Udang sungai dan ikan gabus sering dijadikan penyogok emak agar tidak marah sesaat sampai di rumah. Seragam sekolah yang kucel dan berantakan jadi sasaran aksi saat berkumpul dengan teman sebaya.

Ada saja tumbuhan yang dijadikan tools buat nyerang teman saat bermain. Mulai dari tumbuhan lengket, basah dan bermiang sukses jadi senjata saat perang dimulai.

Tumbuhan Yang Sering Dipakai Buat Isengi Teman

Berbicara tumbuhan yang sering digunakan sebagai tools buat isengi teman-teman waktu kecil sangatlah beragam. Seperti yang saya sebutkan tadi, ada yang basah, lengket dan bermiang. Nah apa saja tanaman yang sering digunakan buat isengi teman saat kecil?

Sirangak

Sirangak adalah sebutan untuk ketul dalam bahasa Minang. Tumbuhan dengan nama ilmiah Bidens pilosa dari suku Asteraceae ini sebenarnya memiliki bunga yang indah perpaduan putih dan kuning.

Sirangak dijadikan senjata seperti kunai. Cara mengisengi teman dengan sirangak ini adalah dengan melemparkan bunga sirangak yang belum mekar menjadi biji ke pakaian. Sirangak akan menempel di baju atau celana dan cukup sulit dibersihkan. Terutama yang telah mekar menjadi biji.

Kacang Miang

Tumbuhan ini dikenal dengan nama Bio-bio dalam bahasa Minang. Tumbuhan ini memiliki buah seperti kacang kedelei dengan warna merah dan coklat. Memiliki miang di buahnya.

Kacang miang atau Bio-bio ini adalah tumbuhan yang sering digunakan untuk mengisengi teman kala kecil dahulu. Sebenarnya miang dari tumbuhan ini cukup berbahaya dan dapat menimbulkan gatal dan iritasi pada kulit dalam waktu yang lama.

Kacang miang atau Bio-bio adalah senjata pamungkas setelah semua tools abis digunakan. Biasanya penggunaan Bio-bio sebagai senjata karena kecurangan dalam permainan tradisional dan berakhir dengan dipertemukannya dua orangtua untuk mendamaikan anak-anak mereka.

Kesimpulan

Nah itulah 2 tumbuhan yang sering digunakan untuk isengi teman saat kecil. Tumbuhan tersebut hanya digunakan saat zaman dahulu, mungkin di tahun 90an. Anak zaman sekarang tidak akan kenal dengan 2 tumbuhan untuk isengi teman di atas. Teman-teman ada tambahan? Yuk tuliskan di kolom komentar.

---

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

Post a Comment

Post a Comment