7 Cara Mengatur Keuangan Anak Kos Anti Rumit

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos – Memilih hidup merantau dan menjadi anak kos memiliki feel tersendiri. Menjadi anak kos mengajarkan banyak hal termasuk kemandirian. Anak kos dituntut agar bisa mengatur keuangan sendiri. Mengelola dari bulan ke bulan agar keuangan anak kos tidak jebol.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa keahlian mengatur keuangan harus dimiliki oleh anak kos. Oleh karena itu, uncchu.com memiliki pengalaman menjadi anak kos dan bagaimana mengatur keuangan agar tak tekor dari bulan ke bulan.

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Cara Mengatur Keuangan Anak Kos
Cara Mengatur Keuangan Anak Kos

Cara mengatur keuangan anak kos tidaklah serumit yang dipikirkan. Berikut cara mudah mudah mengatur keuangan anak kos yang perlu diketahui.

Masak Sendiri

Mungkin terdengar sangat sulit, akan tetapi mengusahakan agar bisa memasak sendiri adalah salah satu cara ampuh mengatur keuangan anak kos. Memilih untuk memasak kebutuhan sehari-hari bisa menghemat pengeluaran anak kos.

Membuat lauk dan sambal sendiri akan jauh lebih hemat bila dibandingkan harus membeli nasi atau makanan di luar setiap saat.

Utamakan Kebutuhan Primer

Cara mengatur keuangan anak kos adalah dengan membedakan antara kebutuhan primer dan sekunder. Utamakan kebutuhan primer daripada kebutuhan sekunder. Catat dan buat daftar barang atau kebutuhan yang benar-benar Anda butuhkan dalam waktu dekat.

Tandai barang yang masih bisa ditunda untuk memilikinya. Cara ini dapat menghemat keuangan untuk tidak membeli barang yang belum terlalu dibutuhkan.

Cuci Baju Sendiri

Memilih untuk mencuci baju sendiri tentu lebih hemat jika dibandingkan dengan menyuci baju di penatu. Selain itu, mencuci baju sendiri juga juga akan menghemat pengeluaran sebagai anak kos. Cukup dengan membeli sabun cuci dan pewangi yang bisa dipakai berkali-kali.

Disiplin Dan Hemat

Dua hal di atas sangat berkaitan. Disiplin dan hemat adalah dua prinsip yang harus dipegang anak kos agar bisa mengatur keuangan sendiri. Anda harus disiplin dan menerapkan prinsip hemat agar bisa menjaga alur keuangan sendiri.

Cek Harga Dan Diskon

Jangan malu untuk selalu cek harga dan membeli barang diskon saat belanja. Malu itu ketika Anda membeli barang subsidi yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin.

Harga diskon bukanlah simbol kemiskinan. Membeli barang diskon menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang memanfaatkan peluang dengan baik.

Bawa Makanan Dan Minuman Sendiri

Jika membawa makanan terdengar kekanak-kanakan maka membawa minuman sendiri adalah pilihan lain agar bisa mengatur keuangan. Jangan malu untuk membawa botol minuman isi ulang kemanapun Anda pergi.

Membawa minuman sendiri menunjukkan bahwa Anda adalah pecinta lingkungan. Selain itu, membawa air minum sendiri jauh lebih sehat jika dibandingkan harus membeli air minum kemasan bukan?

Jadilah Freelancer dan Menabung

Menjadi freelancer bisa dilakukan untuk menambah uang jajan sebagai anak kos. Ada banyak pilihan menjadi freelancer. Beberapa ide bisnis untuk mahasiswa bisa Anda coba.

Selain itu jangan lupa untuk selalu menabung. Sebagai anak kos, menabung adalah pilihan yang tepat dalam mengatur keuangan. Tabungan ini bisa digunakan disaat kondisi emergency yang membutuhkan penanganan segera.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengatur keuangan anak kos yang perlu diketahui. Cara-cara di atas cukup ampuh bila diterapkan oleh anak kos dengan baik dan benar.

Mengatur keuangan sendiri akan memberikan banyak manfaat termasuk meringankan beban orangtua untuk urusan keuangan. Selamat mencoba.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.