Pengertian Investasi dan 5 Jenis Investasi Populer Di Indonesia

Berbicara tentang investasi, sebagian dari kita setuju bahwa investasi itu perlu untuk dilakukan. Banyak pilihan dari jenis investasi yang bisa ditekuni. Baik itu investasi jangka panjang maupun investasi jangka pendek. Namun tahukah Anda, ada beberapa hal yang harus diketahui perihal jenis investasi. Istilah ini sering muncul saat seseorang atau sekelompok orang membicarakan sesuatu yang berkaitan dengan investasi dan jenisnya.

Apa itu investasi?

Jenis Investasi
Pengertian dan Jenis Investasi

Sebelum membaca lebih lanjut tentang hal yang harus diketahui seputar investasi. Ada baiknya saya ingatkan kembali, apa itu investasi?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Sedangkan pengertian investasi menurut wikipedia berbahasa Indonesia merupakan suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan harapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Berdasarkan teori ekonomi, investasi berarti pembelian (termasuk produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi). Dari beberapa pengertian di atas bisa disimpulkan tujuan utama dari investasi adalah untuk memperoleh keuntungan. Lalu apa saja jenis investasi populer yang bisa mendatangkan keuntungan?

Jenis investasi

Dari banyak jenis investasi, unchu.com hanya akan memaparkan beberapa saja jenis investasi yang perlu diketahui. Jenis investasi ini cukup populer di Indonesia.

Reksadana

Investasi reksadana adalah sebuah instrumen investasi yang bisa memberikan return besar dengan modal kecil.

Wikipedia menyatakan bahwa Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di pasar modal dengan cara membeli unit penyertaan reksadana.

Reksadana bisa dimulai hanya dengan modal puluhan ribu saja. Kelebihan lain reksadana adalah tidak adanya (tidak perlu) memantau pergerakan pasar dan sebagainya.

Deposito

Bagi yang sudah terbiasa berurusan dengan bank pasti sering mendengar kata deposito bukan? Iya, benar! Deposito adalah simpanan di bank yang pencairannya hanya dapat dilakukan pada jangka waktu tertentu dan syarat-syarat tertentu. Biasanya deposito memiliki karakteristik seperti:

  • Deposito dapat dicairkan setelah jangka waktu berakhir.
  • Deposito yang akan jatuh tempo dapat diperpanjang secara otomatis atau automatic roll over (ARO).
  • Deposito dapat dalam mata uang rupiah maupun dalam mata uang asing.

Peer to peer lending (P2P lending)

Seperti istilah jaringan ya? Benar, peer to peer landing atau lebih dikenal dengan P2P Lending adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman dengan penerima pinjaman dalam rangka melakukan untuk perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Mirip pinjol ya? Pinjol merupakan bagian dari investasi peer to peer landing loh.

Saham

Jenis investasi saham adalah jenis investasi yang cukup populer di Indonesia. Saham adalah sebuah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Kata saham sendiri diambil dari bahasa arab. Dalam literatur fiqih, saham diambil dari istilah musahamah yang berasal dari kata sahm bentuk jamaknya ashum atau suhmah yang artinya bagian, bagian kepemilikan. Artinya pemilik saham adalah pemilik perusahaan.

Sedangkan arti saham dalam kamus ekonomi adalah surat bukti kepemilikan atau bagian modal suatu perseroan terbatas yang dapat diperjualbelikan, baik di dalam maupun di luar pasar modal yang merupakan klaim atas penghasilan dan aktiva perusahaan; memberikan hak atas deviden sesual dengan bagian modal disetor seperti yang ditentukan dalam anggaran dasar perusahaan.

Emas

Investasi emas adalah jenis investasi tertua yang dilakukan oleh manusia moderen. Selain mudah dan dapat dilakukan oleh siapapun.

Investasi emas juga dikenal memiliki minim risiko. Oleh karena itu, memilih investasi emas adalah pilihan bijak untuk mereka yang belum benar-benar memahami secara mendalam jenis-jenis investasi di atas.

Kesimpulan

Demikianlah 5 jenis investasi yang bisa dicoba. Bijaklah dalam memahami arti sebuah investasi. Pelajari risiko dan beberapa istilah khusus yang ada dalam dunia investasi. Berinvestasi sedini mungkin adalah langkah awal menata masa depan yang lebih baik. Anda mau mencoba investasi jenis yang mana? Yuk bagikan idenya di kolom komentar!

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.