cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

3 Cara Mengatasi Gambar Blog Diblokir Provider Telekomunikasi

Gambar Blog Diblokir – Sebenarnya sudah cukup lama tidak ngotak-ngatik blogger.com semenjak melakukan migrasi ke wordpress awal triwulan ke dua tahun 2021 lalu. Jadi beberapa hal urgen di blogger sudah sedikit lupa seperti masalah gambar blog diblokir. Bahkan sudah banyak yang saya sendiri tidak mengetahuinya.

Bagaimana tidak, kalau dulu saat menggunakan platform blogger.com untuk menulis artikel saja, saya harus ngotak-ngatik di html agar postingan terdeteksi valid AMP di Validator AMP. WordPress membuat saya manja dengan hanya instal dan klik tergantung kapasitas hosting yang dimiliki. Jujur saja ini tidak baik bagi mereka yang tertarik dengan kode-kode sederhana seperti saya. Termasuk masalah gambar blog diblokir ini.

Balik lagi ke pokok bahasan, Gambar blog diblokir! Jika diteruskan panjang kali lebar saya justru curhat di uncchu.com. Padahal untuk urusan curhat sekecil apapun termasuk mete-mete masalah hati, sudah saya alihkan sepenuhnya ke afriant.com. Bagi teman-teman yang tertarik membaca curhatan saya silakan main-main ke sana.

Apa Penyebab Blokir Gambar Yang Di Hosting Di Blogger.com?

Gambar Blog Diblokir
Gambar Blog Diblokir

Beberapa provider telekomunikasi melakukan block terhadap beberapa gambar yang di hosting di blogger.com. Salah satu provider yang sampai saat ini masih memblokir gambar bawaan blogger adalah 3 Indonesia. Dulu telkomsel, XL Axiata dan Telkom sendiri juga ikut melakukan blokir kepada gambar-gambar yang di hosting di blogger.com.

Meski dalam beberapa kasus tidak semua nomor yang menggunakan layanan mereka bermasalah perihal gambar. Imbasnya tetap saja artikel teman-teman yang dimuat di blogger justru tidak sempurna karena tidak munculnya gambar pendukung dari artikel.

Sebenarnya beberapa komunitas blogger sudah melakukan protes ke Kominfo terkait hal ini. Nah lo, kenapa ke Kominfo? Iya, gambar yang tidak muncul justru dibaca sebagai gambar vulgar oleh sistem dan protokol Kominfo. Cukup lama setelah mengajukan protes beberapa provider telekomunikasi telah melakukan perbaikan terhadap salah blokir ini.

Namun entah mengapa untuk provider 3 Indonesia masih belum membuka seutuhnya blokir ini. Terutama gambar yang di hosting di bp.blogspot.com. Kabarnya pemblokiran terjadi akibat aktivitas perbaikan besar-besaran di semua lini yang dilakukan oleh google terhadap blogger.com

Solusi Gambar Blog Diblokir Di Blogger.com

Solusi untuk gambar yang diblokir beberapa provider di blogger atau blogspot cukup mudah. Jika Anda mengunggah gambar di blogger.com maka gambar akan otomatis memiliki alamat di bp.blogspot.com. Kabar baiknya tidak semua gambar yang di hosting di blogger.com tersebut di blokir seperti beberapa waktu sebelumnya. Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ubah Angka Awal di bp.blogspot.com

Jika Anda mengunggah sebuah gambar di blogger.com, maka alamat url yang muncul di gambar tersebut kurang lebih seperti link url di bawah ini.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi6nmXn5knv8DsRmUFZLNAJc920mIjoA5AW1fDuaOUDk_ZowJ2DQ8SkmYZG6dkrwexSxnGbzIrYnHol5erGd0i16wW2QlWYtdhEyeHj5grdbletWh2uY_Isvu6bk2n6VMdw64iaqOY_a_-f/s1600/pexels-photo-139829.jpg

Bisa diperhatikan alamat pertama url tersebut adalah https://1.bp.blogspot.com. Jika Anda sekarang membaca blog uncchu.com dengan jaringan internet dari provider 3 Indonesia, coba salin dan kunjungi link url gambar di atas. Maka gambar tidak akan muncul dengan perintah error dns atau laman tidak aktif.

Sedangkan jika gambar tersebut telah ditanam dalam artikel, maka gambar tidak akan muncul alias ngeblank. Untuk mengatasi hal tersebut cukup mudah. Anda cukup mengganti angka 1 di https://1.bp.blogspot.com dengan angka sesudahnya, misal 2,3,4 dan seterusnya. Lihat contoh di bawah!

https://4.bp.blogspot.com/-nJ-SL61J6YU/XlHRSMKd66I/AAAAAAAAD5Q/WZhx677uYH4iWYGyOQKV4WVP-dq2FpuLwCLcBGAsYHQ/s1600/pexels-photo-139829.jpg

Silakan salin dan uji di tab baru menggunakan jaringan 3 Indonesia, maka gambar akan muncul. Jangan takut, mengubah angka 1 menjadi angka 4 bukanlah dosa di blogger.com.

Menggunakan Url Dari Google Photo

Sebenarnya masih ada cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi blokir gambar ini yaitu menggunakan link url dari google photo. Link url dari google photo bisa diambil sesaat setelah gambar di upload ke blogger. Lihat gambar!

Gambar diblokir
Gambar di blogger.com

Silakan klik kanan di gambar kemudian pilih salin url. Maka url yang di salin akan seperti penampakan di bawah ini.

https://lh3.googleusercontent.com/-KhbK_ViY0bk/YQYzlVZ9WPI/AAAAAAAAB3o/a1jb-YpFMNgZqBTFdS5Xb4r001eef9N_ACLcBGAsYHQ/h240/head-5721998.png

Anda bisa salin dan masukkan ke dalam postingan artikel. Namun cara ini agak ribet karena membutuhkan script tanam gambar di postingan lagi. Selain itu beberapa template blogger.com tidak mendukung gambar dengan url ini untuk dijadikan thumbnail postingan. Jadi masalah baru lagi yaitu thumbnail tidak muncul.

Menambahkan CDN Di Url Gambar

Dalam kasus seperti ini, saya menggunakan CDN dari statically.io karena caranya cukup mudah dan work. Sama seperti menambahkan 2, 3 dan 4 di atas. Anda cukup menambahkan cdn.statically.io/img/ setelah https dan sebelum angka 1. Lihat contoh di bawah ini.

https://cdn.statically.io/img/1.bp.blogspot.com/-nJ-SL61J6YU/XlHRSMKd66I/AAAAAAAAD5Q/WZhx677uYH4iWYGyOQKV4WVP-dq2FpuLwCLcBGAsYHQ/s1600/pexels-photo-139829.jpg

Kesimpulan

Meski masalah gambar yang diblokir beberapa provider ini bukanlah masalah urgen. Tapi tidak ada salahnya Anda mencoba, karena selain demi menyenangkan pengunjung blog Anda, provider 3 Indonesia juga cukup memiliki banyak pengguna di Indonesia. Sayangkan, mereka jadi kabur karena tidak bisa melihat gambar apik dari blog teman-teman. Selamat mencoba.

Post a Comment

Post a Comment