Wajib Tahu! 3 Jenis Podcast Berdasarkan Formatnya

Jenis-jenis podcast – Masih berbicara seputar podcast, bahasan yang makin ke sini makin unik untuk dibahas. Sebenarnya tidak ada kriteria khusus dalam pengkategorian sebuah podcast. Ada podcast yang direkam solo ada podcast yang dibuat bersama dengan banyak orang.

Jenis podcast berdasarkan jumlah orang pengisinya

Jenis podcast berdasarkan jumlah orang yang mengisi acaranya terdiri dari beberapa macam. Tipe-Tipe podcast di bawah ini adalah tipe podcast yang sering didengar.

Podcast solo

Podcast Solo
Podcast Solo

Tipe podcast yang satu ini adalah tipe podcast yang dibuat oleh satu orang saja. Diisi oleh hanya satu pengisi acara atau pengisi suara. Tipe podcast ini biasanya membahas topik-topik yang pemaparannya satu arah. Tipe podcast ini sangat cocok untuk orang dengan kepribadian introvert.

Podcast dengan jenis ini juga memiliki banyak peminat. Podcast tipe ini biasanya berbentuk monolog dan membahas beberapa hal yang lebih berbentuk opini pribadi terhadap sebuah berita atau kejadian.

Podcast interview

Podcast ini disebut podcast interview karena terdiri dari dua orang, yaitu tamu dan host tentunya. Podcast interview biasanya selalu menghadirkan narasumber untuk membahas salah satu topik yang sedang tren atau populer.

Podcast jenis ini juga termasuk podcast yang mulai digandrungi oleh banyak orang. Berbentuk seperti tanya jawab yang menghadirkan narasumber untuk sebuah kasus.

Dalam proses pembuatannya tidak dibutuhkan teknik khusus. Hanya perlu mempelajari topik dan bintang tamu yang akan dibahas di podcast. Kelebihan podcast tipe ini adalah adanya selingan antar host dan narasumber sehingga terasa tidak membosankan.

Podcast multi-host

Podcast jenis ini lebih mengarah kepengembangan lebih kreatif dari podcast interview. Ciri utama podcast jenis ini adalah dari jumlah pengisi acaranya yang terdiri dari host, co-host dan menghadirkan banyak orang.

Tema yang didapuk dalam podcast ini biasanya juga tema dengan pemahaman tinggi dan membutuhkan beberapa sudut pandang. Podcast ini juga termasuk ke dalam podcast populer yang makin diminati saat ini.

Jika Anda adalah tipe orang dengan kepribadian ekstrovert, maka podcast ini sangat cocok untuk dibawakan. Selain bisa menghilangkan kekakuan host. Podcast tipe ini juga sangat menghibur pendengarnya.

Tema podcast jenis ini juga sangat beragam, karena banyaknya pengisi acara membuat podcast tidak menjenuhkan bagi pendengar. Bahkan dalam menentukan tema atau topik yang akan dibahas.

Kesimpulan

Itulah beberapa jenis atau tipe podcast yang bisa dijadikan referensi bagi Anda yang ingin memulai membuat podcast. Ada banyak aplikasi podcast gratis populer uang bisa dicoba.

Tidak lupa juga, banyak topik yang bisa dibahas secara unik dalam sebuah podcast. Tinggal Anda kreatif saja dalam membawakan podcast agar menghibur dan bermanfaat bagi pendengar.

Pilihlah jenis podcast dengan format yang cocok dengan kepribadian yang Anda miliki. Jangan memaksakan membuat sesuatu di luar passion yang tidak diminati.

Akan lain halnya jika tujuan dari membuat podcast adalah untuk melatih kepercayaan diri. Silakan dicoba satu-persatu jenis-jenis podcast yang uncchu.com paparkan di atas. Selamat mencoba, jangan lupa lampirkan nama podcast Anda di kolom komentar ya.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.