cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Ampuh! 5 Cara Merawat Sukulen Agar Tidak Mudah Mati

Cara merawat sukulen – Boleh dibilang sukulen menjadi primadona saat pandemi. Hobi merawat tanaman termasuk merawat sukulen menjadi tren terkini yang tidak bisa dipisahkan. Dipisahkan dari kesibukan bagi mereka yang punya kesempatan di rumah saja.

Seperti tanaman lain, sukulen juga butuh diperhatikan. Diperhatikan cara rawatnya agar tidak mudah busuk atau mati. Sayangkan, sukulen yang dibeli namun harus berakhir membusuk di tangan sendiri.

Cara merawat sukulen agar tak mudah mati

Perawatan intensif menjadi kunci keberhasilan dalam budidaya tanaman sukulen dan kaktus. Bagaimana pemilihan pot yang cocok untuk sukulen, pencahayaan yang benar serta pemupukan hingga waktu penyiraman yang benar.

Pilih pot yang tepat

Cara Rawat Sukulen
Pot Sukulen

Cara merawat sukulen agar tidak mudah mati yang pertama adalah pemilihan pot yang tepat. Termasuk lubang dan ukuran pot untuk wadah hidup sukulen.

Jika sukulen adalah tipe yang mudah busuk, maka pot dengan lubang cukup besar sangat dianjurkan untuk digunakan.

Jika salah dalam memilih pot yang tepat. Bisa-bisa sukulen kesayangan mati membusuk tergenang air. Inilah perlunya memperhatikan lubang pot untuk wadah sukulen.

Perhatikan media tanam atau tanah yang tepat

Media tanam yang tepat menjadi kunci panjang umur pada sukulen. Sering pecinta sukulen yang salah dalam membuat media tanam untuk sukulen.

Siram secukupnya

Siram sukulen secukupnya. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Beberapa sukulen sangat mudah membusuk jika terkena air.

Menggunakan sprayer untuk menyiram sukulen juga bisa mengontrol jumlah air yang mengenai daun dan tanah wadah sukulen.

Tempatkan di tempat pencahayaan yang cukup

Merawat Sukulen
Kaktus Koleksi Baraguma, Sukulennya hanya 1

Pencahayaan yang cukup membuat sukulen lebih mudah bertumbuh. Upayakan sukulen tidak terkena sinar langsung matahari. Green house sangat disarankan untuk yang memiliki cukup banyak koleksi sukulen dan kaktus atau tanaman hias lainnya.

Catat dan jadwalkan pemupukan teratur

Seperti halnya dengan tanaman lainnya. Sukulen juga membutuhkan pemupukan. Jangan lupa jadwalkan dan catat pemupukan yang akan diberikan.

NPK atau pupuk khusus sukulen sangat dianjurkan untuk digunakan. Pemupukan yang teratur membuat perawatan sukulen jauh lebih mudah.

Kesimpulan

Seperti halnya merawat tanaman hias lainnya. Sukulen juga membutuhkan perhatian ekstra agar tidak mudah membusuk dan mati. Penyiraman, wadah tanam hingga pemupukan tidak seharusnya dilewatkan agar sukulen bertumbuh dengan baik. Bagaimana, mudah bukan cara rawat sukulennya.

Post a Comment

Post a Comment