cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

8 Syarat Melamar Pekerjaan Yang Harus Dipersiapkan

Syarat melamar pekerjaan – Baru saja menyandang gelar sebagai lulusan? Atau mungkin baru saja menikmati kelulusan pendidikan. Jangan terlalu lama larut dalam kebahagian tersebut. Pada dasarnya yang namanya kelulusan adalah pintu gerbang kehidupan sesungguhnya. Sehari setelah kelulusan adalah waktu yang tepat untuk terjaga dan segera menyiapkan syarat melamar. Melamar? Iya, syarat melamar pekerjaan.

Pertanyaannya sudahkah Anda menyiapkan syarat untuk melamar pekerjaaan? Jika belum, ini adalah artikel yang tepat untuk dibaca. Di artikel ini, uncchu.com akan memaparkan apa saja syarat umum dalam melamar kerja. Tidak banyak, hanya saja Anda harus membacanya dengan seksama agar tidak melewatkan bagian penting dalam melamar pekerjaan.

Syarat Melamar Pekerjaan

Ada beberapa syarat dalam melamar sebuah pekerjaan yang diinginkan. Namun dalam bahasan ini hanya akan membahas syarat yang umum digunakan untuk melamar pekerjaan. Apa saja? Silakan simak ulasan berikut ini!

Ijazah Dan Salinannya

Syarat utama yang harus dipersiapkan untuk melamar pekerjaan adalah ijazah. Tentu saja, di negara yang berpendidikan ini ijazah menjadi syarat yang masuk dalam berkas lamaran yang Anda buat untuk kemudian dikirimkan ke perusahaan tempat melamar pekerjaan.

Beberapa perusahaan umumnya hanya meminta salinan atau fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir oleh pihak sekolah atau universitas. Ada baiknya untuk syarat yang satu ini Anda membuat salinan dan lakukan kegalisir sebanyak mungkin agar tidak perlu lagi merepotkan diri bolak-balik ke universitas hanya untuk legalisir ijazah.

Ijazah yang dimaksud di sini adalah seluruh berkas yang diterima pada saat kelulusan. Jadi bukan tok ijazah saja. Daftar nilai dan lain sebagainya juga menjadi lampiran dalam syarat lamar kerja nantinya. Maka persiapkanlah sebaik mungkin semua berkas ini jika memiliki niat untuk mencari pekerjaan.

Namun dalam beberapa kejadian di lapangan justru banyak perusahaan yang menahan ijazah asli dari pelamar kerja dan akan dikembalikan setelah berhenti bekerja tentu dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan. Biasanya perusahaan yang melakukan ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang finansial seperti kredit, bank dan finance atau pembiayaan.

KTP Dan Salinannya

KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah syarat lain yang harus disertakan dalam berkas untuk melamar pekerjaan. Silakan buat salinan dan selalu bawa jika seandainya suatu waktu membutuhkannya.

Kartu Kuning

Kartu Kuning atau disebut juga Kartu Pencari Kerja AK-1 adalah syarat selanjutnya yang harus disiapkan saat melamar pekerjaan. Kartu ini dikeluarkan oleh lembaga pemerintah, Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), yang dibuat untuk pendataan para pencari kerja.

Kartu yang berisi data informasi pemilik kartu seperti nomor KTP, data kelulusan dan lain-lain. Pengurusan AK-1 ini bisa dilakukan secara online dan offline dengan cara datang langsung ke Dinas Ketenagakerjaan terdekat.

Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK ini adalah surat yang didapatkan dari kantor kepolisian. Berisi tentang pernyataan bahwa pemilik SKCK tidak memiliki catatan kriminal.

Berkas yang diperlukan dan masuk dalam syarat melamar pekerjaan adalah salinan atau fotokopi SKCK yang dilegalisir oleh pihak kepolisian penerbit SKCK tersebut. SKCK ini dulunya dikenal sebagai SKKB atau Surat Keterangan Kelakuan Baik.

Pasfoto Terbaru

Pasfoto terbaru juga menjadi syarat umum dan utama dalam proses lamar pekerjaan. Biasanya perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan melalui HRD, akan meminta pasfoto terbaru dari pelamar.

Tidak ada salahnya untuk selalu menyediakan pasfoto di dompet dan bawa kemana saja. Pasfoto akan sangat berguna sebagai syarat melamar pekerjaan karena biasanya perusahaan akan memintanya secara tiba-tiba.

Surat Keterangan Berbadan Sehat

Surat keterangan berbadan sehat bisa diambil di pusat layanan masyarakat terdekat. Anda akan dikenakan biaya tertentu sesuai surat edaran pemerintah daerah masing-masing.

Surat keterangan berbadan sehat ini biasanya menyusul setelah Anda berhasil memasukkan berkas lamaran ke perusahaan yang diincar. Biasanya akan diminta disaat Anda sudah masuk ketahapan selanjutnya. Jadi, SKBS adalah syarat melamar pekerjaan yang cukup unik.

Piagam Dan Sertifikat Lainnya

Syarat ini biasanya menjadi nilai tambah bagi Anda yang sedang melamar pekerjaan. Beberapa HRD perusahaan akan selalu memperhatikan lamaran dengan berbagai piagam penghargaan dan sertifikat pelatihan yang telah diikuti.

Daftar Riwayat Hidup

Syarat Lamar Kerja
CV syarat lamar kerja

Daftar riwayat hidup atau bahasa lainnya curriculum vitae adalah syarat umum lainnya dalam melamar pekerjaan. CV ini berisi daftar pengalaman kerja yang dimiliki oleh pelamar. Menariknya makin ke sini CV dibuat semakin beragam dan bercorak tergantung kreativitas dari pelamar. Banyak contoh form atau template Curriculum Vitae beredar di internet yang bisa ditiru dan dicontoh.

Namun jika Anda tidak ounya waktu dalam membuat CV, silakan kontak beberapa agen penyedia curriculum vitae yang bisa Anda coba. Pastikan mereka memiliki kredibilitas teruji sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Kesimpulan

Itulah 8 syarat umum melamar pekerjaan yang wajib dipenuhi saat Anda memutuskan untuk melamar sebuah pekerjaan. Mempersiapkan segala sesuatu dengan sematang mungkin membuat Anda siap dengan tahapan selanjutnya dalam melamar pekerjaan. Kegigihan pasti berbuah bukan?

Post a Comment

Post a Comment