7 Cara Mudah Daftar Line Bank, Bank Digital Rasa e-Wallet dari Hana Bank

Cara Daftar Line Bank – Beberapa waktu lalu saya sempat mencoba beberapa aplikasi bank digital seperti Jenius milik BTPN dan bank Jago milik bank Arthos. Mungkin karena itulah, timeline saya disinggahi oleh iklan dari bank digital milik Hana Bank yaitu Line Bank.

Line Bank? Terdengar familiar? Iya benar, Line bank adalah bank digital dari Hana Bank yang mengadopsi atau tepatnya bekerjasama dengan aplikasi chatting populer berbasis stiker di asia timur dan asia tenggara Line.

Di bawah naungan bank Hana, Line bank masih mengadopsi warna hijau seperti aplikasi perpesanan mereka. Namun perlu diingat untuk di Indonesia Line Bank dan Aplikasi Chatting Line belum terintegrasi penuh dan masih bisa berjalan sendiri-sendiri. Tidak sama dengan Line Bank yang ada di Taiwan dan lainnya.

Syarat Daftar Akun Line Bank

Cara daftar bank digital Line Bank sedikit ribet namun tidak terlalu ribet. Artinya so so ajalah untuk sekelas bank digital. Ini kemungkinan disebabkan oleh jaringan dari Hana bank dan nasabah mereka yang belum merata di Indonesia. Inilah yang menjadikan Line Bank terkesan seperti e-wallet menurut saya.

Syarat yang dibutuhkan

Berikut adalah beberapa syarat yang diperlukan untuk melengkapi proses pembukaan rekening di Line Bank.

  • KTP yang masih berlaku (e-KTP),
  • Nomor telepon aktif,
  • Alamat surat elektronik (email),
  • Wajah, tentunya untuk verifikasi dengan Agen Brown

Cara Daftar Akun Line Bank

Sama persis dengan cara daftar dan membuka akun bank di vendor bank digital lainnya. Line Bank juga memiliki alur yang kurang lebih sama.

Memiliki Smartphone yang Mendukung

Hal pertama yang harus dimiliki dan disediakan sebelum mendaftar dan membuat akun Line bank adalah smartphone yang sesuai dengan spesifikasi minimal yang diterapkan oleh Line bank.

Unduh Aplikasi Line

Aplikasi Line Bank
Aplikasi Line Bank di Playstore

Langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Line bank di Appstore atau Playstore. Silakan unduh dan kemudian instal di smartphone yang dimiliki.

Daftar Akun Line Bank

Setelah menginstal aplikasi Line Bank di telepon pintar. Kini saatnya melakukan pendaftaran. Pendaftaran akun Line Bank bisa langsung dilakukan di aplikasi yang baru saja diinstal. Maka tampilan awal akan seperti gambar di bawah ini.

Daftar Line Bank
Layar Muka Aplikasi Line Bank

Silakan klik Buat Tabungan di aplikasi Line Bank. Selanjutnya isi data selengkapnya seperti yang tertera di e-KTP.

Verifikasi Email

Verifikasi email segera. Aplikasi Line Bank akan mengirimkan kode OTP (One Time Password) ke email. Segera masukkan kode OTP yang dikirim ke aplikasi.

Verifikasi e-KTP dengan Selfie

Langkah selanjutnya cara buka rekening Line Bank adalah dengan verifikasi e-KTP. Caranya cukup selfie dengan KTP yang dimiliki. Ada panduan yang diberikan yaitu selfie dengan posisi e-KTP dipegang di bawah dagu.

Cara Buka Rekening Line Bank di Hana Bank
Verifikasi e-KTP dengan Selfie

Verifikasi Data Melalui Video Call

Ini adalah tahapan paling akhir dari proses pembuatan akun rekening di Line Bank. Anda harus melakukan verifikasi data pribadi dengan video call. Video call dilayani oleh karakter brown yang populer di aplikasi chatting Line. Hal unik menurut saya. Sekaligus jadi catatan yang harus digaris bawahi.

Proses verifikasi data melalui video call hanya dilayani pada jam kerja. Jadi saya menunggu satu hari setelahnya. Tapi jangan cemas, aplikasi akan memberikan notifikasi jika CS Brown Line Bank tersedia.

Verifikasi Selesai Akun Rekening Line Bank Berhasil Dibuat

Jika langkah cara daftar, syarat cara buka rekening Line Bank di atas berhasil dieksekusi dengan baik. Maka akun Line Bank berhasil dibuat.

Kekurangan dan kelebihan Line Bank

Proses Verifikasi Data Melalui Video Call Sangat Lama dan Ribet

Hal yang cukup mengganggu adalah antrian verifikasi data melalui video call ini sangat lama. Saya membutuhkan waktu antri hingga 40 menit dengan jumlah antrian hingga 20. Sangat jauh berbeda dengan pesaingnya Jenius dan Bank Jago.

Hal yang juga agak terasa aneh yaitu video call yang dilayani oleh orang tapi wajah yang terlihat hanya stiker Brown. Jadi proses video agak berasa aneh saja serta membuat saya gak nyaman (personal opini). Mungkin Line Bank bisa mengganti dengan kostum atau agen (CS) biasa karena beberapa orang memiliki phobia tertentu.

Orang yang membuka akun Line Bank untuk bisnis dan/atau transaksi bisnis rasanya mereka memiliki sifat serius yang tinggi seperti saya. Jadi agak aneh dan terkesan wibu jika harus dilayani oleh stiker saja. Walau saya mengerti Line Bank memang menyasar milenial unik seperti ini.

Kartu Debit Hanya Tersedia di Pulau Jawa

Satu lagi kekurangan dari Line Bank adalah pembuatan kartu debit fisik. Pembuatan dan pengiriman kartu debit Line Bank hanya tersedia di pulau Jawa. Ini mengesankan bahwa Line Bank hanya seperti e-wallet biasa. Meski secara fitur Line Bank adalah Bank Digital.

Satu lagi yang menjadi catatan saya adalah aplikasi serta server Line Bank sering down. Jika Anda adalah user yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan layanan bank menjadi prioritas. Sebaiknya jangan menggunakan Line Bank sebagai pusat kegiatan digital seperti transfer dan lainnya.

Kekurangan Line Bank
Kartu Debit Line Bank Hanya untuk Pulau Jawa

Fitur Canggih Seperti Bank Digital Lainnya

Meski banyak kekurangan, Line Bank masih memiliki kelebihan dari segi fitur. Seperti kartu yang bisa didesain suka-suka. Transaksi luar negeri juga lancar dengan harga wajar.

Fitur lain yang cukup menggiurkan adalah gratis transfer antar bank. Sejauh ini saya mengetahui fitur gratis yang disediakan Line Bank cukup banyak.

Kesimpulan

Secara garis besar Line Bank sudah mewakili keinginan pengguna sebagai bank digital dalam memberikan pelayanan kepada nasabahnya. Walaupun secara pribadi saya tetap berpendapat bahwa Line Bank masih berasa seperti e-wallet biasa. Meski jargon mereka #cara lain nge-bank membantahnya.

Apapun kelebihan dan kekurangan dari Line Bank. Itu tidak menyurutkan saya untuk merekomendasikan kepada pembaca uncchu.com bahwa Line Bank layak untuk dicoba. Terutama blogger seperti saya.

Ada cashback hingga Rp150rb buat kamu kalau pake kode referral: WAVWF2 No admin bulanan, gratis biaya transaksi hingga 25x dan banyak program diskon dgn kartu debit LINE Bank! S&K berlaku. Info 1500021. Download sekarang! Selamat mencoba.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.