3 Cara Mudah Optimasi Google Core Web Vital Dan Penjelasannya

Cara Optimasi Google Core Web Vital – Ini kali pertama saya mencoba-coba untuk masuk ke optimasi Google Core Web Vital. Belakangan ini google sedang gencarnya melakukan perombakan terhadap sistem mesin pencarian mereka. Termasuk mempertimbangkan Google Core Web Vital ini.

Hal ini dijelaskan google di blog resmi mereka. Di sana, google menekankan tentang pentingnya mengoptimalkan angka perolehan google core web vital. Lalu seberapa pentingkah Core Web Vital ini?

Cara Optimasi Google Core Web Vital

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah bagaimana cara mengoptimalkan google core web vital ini? Apa saja langkah yang harus ditempuh dalam optimasi Google Core Web Vital?

Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul di atas, mari sedikit memahami apa itu google core web vital?

Apa Itu Core Web Vital?

Google Core Web Vital atau dalam bahasa Indonesianya kurang lebih berarti Inti Penting Wesite atau lebih baiknya disebut Core Web Vital aja kali ya. 😁 Sebelum mempelajari lebih dalam tentang vital web inti, Mari kenali sedikit apa itu Core Web Vital.

Secara sederhana Core Web Vital adalah sebuah indikator pengalaman pengguna situs (pengunjung) yang dirancang oleh Google dalam mengukur sebuah situs atau website. Indikator ini diharapkan dapat digunakan oleh pemilik situs atau website untuk memperbaiki dan melakukan optimasi dalam meningkatkan pengalaman pengunjung/pengguna untuk mencapai kesuksesan jangka panjang di website.

Dengan mengukur Core Web Vital ini, Anda tidak hanya diharapkan mendapatkan peringkat yang lebih baik di halaman pencarian google tetapi juga dapat meningkatkan kemudahan dan minat pengunjung/pengguna web untuk menjelajahi lebih lanjut website yang Anda miliki.

3 Parameter Penting Dalam Core Web Vital

Dalam mengukur Core Web Vital, google memberikan 3 parameter penting. 3 Parameter penting tersebut berguna dalam proses optimasi pengalaman pengguna di website yang Anda miliki. Apa saja? Berikut penjelasannya!

Largest Contentful Paint (LCP)

Parameter ini mengukur waktu yang dibutuhkan halaman website untuk memuat konten sepenuhnya. Sederhananya, LCP adalah jumlah waktu yang dibutuhkan dari pertama tautan di klik pengguna hingga konten halaman muncul sepenuhnya di layar. Score luar biasa untuk LCP jika teks, gambar, video dan animasi dimuat halaman website dalam waktu maksimal dari 2,5 detik. Artinya semakin sedikit waktu yang digunakan maka lebih baik.

LCP Core Web Vital
LCP, Gambar dari Philip Walton (web.dev/vital)

First Input Delay (FID)

FID lebih ke waktu yang dibutuhkan penghuna dalam berinteraksi di halaman di website. Parameter ini dimulai dari sebelum, sedang berlangsung dan interaksi ke halaman lain dalam website. Seperti navigasi dan pemilihan opsi-opsi. FID yang diterima dengan baik adalah 100 milliseconds atau kurang.

Google Core Web Vital
FID, Gambar dari Philip Walton (web.dev/vital)

Cumulative Layout Shift (CLS)

CLS atau bisa diartikan sebagai tata letak komulatif. Sederhananya adalah ini parameter untuk mengukur stabilitas elemen halaman setelah dimuat. Semakin tinggi indikator CLS semakin buruk kualitas halaman tersebut. CLS yang bisa diterima adalah 0,1 atau kurang.

Indikator di atas tidak sepenuhnya harus dilakukan, tapi google melalui Philip Walton menyatakan bahwa ketiga indikator atau parameter di atas harus bewarna hijau.

Cara Meningkatkan Skor Core Web Vital

Setelah melakukan pengujian melalui parameter Core Web Vital di atas. Kini saatnya untuk melakukan optimasi dengan cara meningkatkan Skor Core Web Vital. Apa saja cara terbaik dalam meningkatkan skor Core Web Vital?

Gunakan Lazy Loading

Menggunakan lazy loading, ini sangat berguna untuk menghijaukan LCP dan FID. Silakan cari atau gunakan theme yang mendukung lazy loading.

Hapus Java Script Yang Tidak Perlu

Cara ini dapat meningkatkan skor pada FID. Pertimbangkan untuk minimalkan JS agar skor FID tidak memburuk.

Gunakan CDN

CDN (Content Distribution Network) adalah cara yang bagus untuk menangani masalah latensi dan menyebabkan pemuatan yang lambat. Sangat berguna untuk meningkatkan skor LCP jika website Anda memiliki pengunjung di luar server.

Gunakan Format Gambar Terbaru

Format terbaru yang saya maksud di sini adalah webp. Jika theme yang Anda gunakan belum mendukung format webp, silakan kompres dan gunakan gambar dengan ukuran kecil.

Gunakan Hosting Terbaik

Cara selanjutnya agar Core Web Vital bewarna hijau adalah dengan menggunakan hosting terbaik. Anda bisa memilih dan menentukan sendiri tempat meng-hosting website Anda. Hosting dengan kualitas terbaik juga menjadi faktor utama skor Core Web Vital menghijau.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara optimasi Core Web Vital yang bisa dicoba. Sebagai seorang blogger, kadang memahami si mbah juga perlu dilakukan agar website yang dimiliki memiliki tempat terbaik di pencarian. Tapi balik lagi, konten berkualitas tetap menjadi nomor satu. Maka tingkatkanlah kualitas konten yang dimiliki.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.