cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

10 Cara Daftar Blu by BCA Digital, Langkah Baru Bank Digital Indonesia

Cara daftar Blu BCA – Baru dengar? Sama, saya juga baru saja mencoba aplikasi bank digital terbaik dari BCA Digital ini. Blu by BCA merupakan anak perusahaan dari Bank Central Asia, bank yang menyandang predikat bank swasta terbaik di Indonesia.

Sama seperti bank digital dari provider lainnya. Blu juga menganut sistem hampir-hampir mirip dengan pendahulu mereka yang sudah mulai aktif. Ada Jenius, TMRW, bank Jago dan LINE bank dari Hana Bank yang baru saja saya ulas beberapa waktu lalu.

Apa saja ketentuan dan syarat daftar dan pembukaan rekening bank digital Blu? Simak ulasan saya tentang Blu di bawah ini.

Syarat daftar pembukaan rekening Blu

Ada beberapa syarat yang harus disiapkan sebelum mendaftar akun Blu by BCA Digital. Syarat yang persis sama dengan bank digital lainnya. Blu juga mengadopsinya.

  • Memiliki e-KTP dan berusia minimal 17 tahun
  • Memiliki alamat email (untuk verifikasi)
  • No handphone aktif (untuk verifikasi dan pengiriman OTP)
  • Warga negara Indonesia tentunya
  • Tidak memiliki kewajiban perpajakan di negara lain
  • Punya wajah dan KTP fisik untuk verifikasi
  • NPWP jika ada (opsional)
  • Koneksi internet lancar.

Cara daftar akun Blu by BCA digital

Setelah menyiapkan data di atas, jika baru saja bangun tidur ada baiknya cuci muka dulu atau mandi sekalian. Jika proses lancar maka verifikasi via video call akan langsung bisa dilakukan. Inilah perlunya mandi biar terlihat glowing saat video call sama CS Blu Bank.

Download aplikasi Blu

Silakan download aplikasi Blu dari smartphone di appstore atau playstore. Pastikan mengetikkan kata kunci yang tepat dan jangan sampai salah instal aplikasi. Berikut tampilan aplikasi Blu di playstore.

Cara daftar Blu
Aplikasi Blu di Playstore

Meski masih memiliki rate rendah yaitu 3,8 di playstore serta memiliki ulasan yang buruk. Sebaiknya jangan surutkan niat untuk mencoba daftar Blu sebelum membaca review singkat dari uncchu.com.

Instal dan daftar

Setelah berhasil mengunduh aplikasi Blu. Kini saatnya untuk instal dan daftar akun Blu. Saat membuka aplikasi Blu maka akan tampil halaman muka seperti ini. Silakan klik yuk mulai! yang ada di bawah layar. Warna hijau pastel yang menawan bukan?

Cara daftar Blu
Halaman awal Blu by BCA Digital

Masukkan no HP dan aktifkan screen lock

Setelah klik yuk mulai, silakan masukkan no handphone aktif dan Blu akan mengirimi kode OTP (one time password) yang terdiri dari 4 digit. Masukkan kode tersebut dan kemudian aktifkan screen lock. Silakan pilih mode yang paling aman dan mudah. Boleh PIN, Sidik Jari atau metode kombinasi.

Screen Lock Blu
Screen lock versi Blu

Screen lock adalah hal yang saya garis bawahi dari aplikasi Blu ini. Dari sini bisa dilihat Blu sangat serius dengan keamanan transaksi. Meski menurut saya masih jauh lebih aman LINE bank dengan sistem log out keyboard acak mereka.

Buat password Blu

Selanjutnya buat password aplikasi Blu. Kombinasikan password dengan huruf besar, huruf kecil, simbol dan angka agar transaksi di Blu lebih aman.

Foto e-KTP

Selanjutnya adalah foto e-KTP di tempat pencahayaan yang bagus agar proses bisa dilakukan sekali take dan tidak berulang-ulang. Ada panduan box posisi foto dan nomor e-KTP di layar. Anda tinggal cocokkan dan foto.

Pengenalan wajah

Pengenalan wajah atau lebih tepatnya selfie di aplikasi. Ini kenapa mandi atau cuci muka diperlukan. Saya tidak mandi dan cuci muka atau tepatnya belum mandi karena sedang isoman. 🤭 Jangan lupa centang di saya tidak memiliki/membawa NPWP agar semua proses berjalan lancar. Lihat gambar di bawah.

Cara daftar Blu
Form pengenalan wajah Blu

Selanjutnya akan muncul form isian alamat lengkap sesuai KTP yang baru saja di foto. Isi dengan benar data yang dimiliki. Jangan lupa isi juga nama Ibu Kandung. Nama Ibu Kandung akan menjadi pertanyaan pembenar saat verifikasi melalui video call nantinya.

Verifikasi nasabah BCA atau bukan

Dalam proses ini, Anda akan ditanya apakah Anda merupakan nasabah dari BCA atau bukan. Jika iya jawab iya, jika bukan jawab bukan.

Baca dan pahami syarat dan ketentuan nasabah

Dalam form ini ada syarat dan ketentuan yang harus dipahami saat menjadi nasabah Blu by BCA digital. Baca dengan hati-hati dan apabila menyetujui langsung klik setuju dan lakukan panggilan video call dengan CS Blu untuk proses verifikasi akun.

Video Call dengan CS Blu

Lakukan panggilan video dengan CS Blu untuk verifikasi data pribadi dan proses pengaktifan akun Blu. Pada proses ini sangat singkat dan cepat. CS Blu sangat ramah dan friendly sekali sama seperti keramahan satpam Bank BCA yang viral itu. Sekali lagi dua jempol dengan pelayanan Blu by BCA digital.

Verifikasi email dan daftar akun Blu berhasil dibuat

Langkah terakhir dari proses pendaftaran akun bank digital Blu by BCA digital yaitu verifikasi email. Setelah verifikasi email berhasil, pemberitahuan keaktifan akun Blu akan muncul dari aplikasi. Saya membutuhkan waktu 24 jam untuk menunggu akun Blu aktif dikarenakan antrian pembukaan rekening Blu yang sangat tinggi. Hebatnya, tidak sampai 1 jam rekening Blu saya sudah aktif.

Proses aktivasi akun blu
Aktivasi akun Blu menunggu 24 jam

Kelebihan dan kekurangan Blu by BCA digital

Secara keseluruhan dari experience saya mendaftar akun Blu. Saya memberikan jempol dua untuk alur, proses dan pengalaman cara daftar akun Blu by BCA digital. Selain sangat mudah, syarat pendaftaran juga tidak ribet.

Hal yang paling penting adalah proses verifikasi yang cepat dan tidak perlu antri saat video call dengan CS Blu. Berbanding jauh dengan proses pendaftaran akun LINE bank. Proses ini lebih mirip dengan alur dan proses pada pembuatan akun bank Jago dan Jenius.

Bicara kekurangan, saya hanya menemukan satu saja yaitu proses pengaktifan akun Blu setelah verifikasi data yang harus menunggu waktu selama 24 jam dulu. Jadi, saya tidak bisa mencoba melakukan transaksi perbankan di Blu yang katanya cepat dan bebas biaya.

Selain itu saya tidak menemukan opsi pembuatan akun debit Blu di aplikasi atau Blu memang tidak menyediakan opsi pembuatan kartu debit? Mungkin saya belum melakukan penelusuran lebih jauh di aplikasi Blu. Saya akan segera update jika permohonan akun Blu saya di approve.

Kesimpulan

Terlepas dari kekurangan dan kelebihan Blu by BCA digital. Saya tetap merekomendasikan Blu by BCA digital untuk dicoba. Ekspetasi saya mengenai BCA tentu tidak akan main-main untuk (hanya) sebuah bank digital.

Sekedar informasi saja, Blu, BCA Digital dan Bank Central Asia adalah satu kesatuan namun memiliki perbedaan mencolok dalam usaha yang mereka jalankan. Jadi jangan sampai salah ya. Apa Anda tertarik mencoba Blu by BCA digital?

Post a Comment

Post a Comment