cLNxsGUWkArrLhwVBfe6eO4P8vRLtY53cHInnzfr
Bookmark

Berkendara: Ini 4 Hal Berbahaya Yang Sering Dilakukan Pengendara

Setiap orang yang menggunakan jalan raya pasti ingin selamat dalam berkendara. Selamat sampai tujuan adalah hal yang selalu diinginkan setiap orang termasuk saya dan Anda yang sedang membaca tulisan ini.

Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa hal berbahaya bagi orang lain atau pengendara lain. Yang mana, jika hal tersebut Anda lakukan saat berkendara.

Tidak ada istilah pro atau veteran dalam berkendara jika Anda tetap melakukan hal tersebut disaat mengemudi atau menunggang kuda besi.

Hal berikut ini bisa membahayakan pengguna jalan lain atau bahkan diri Anda sendiri. Apa saja hal berbahaya tersebut? Yuk simak ulasan uncchu.com berikut ini spesial buat Anda.

Merokok Saat Berkendara

Berkendara Yang Sangat Berbahaya
Ilustrasi Berkendara

Sebagai perokok ada saatnya Anda tiba-tiba merasa ingin sekali merokok saat berkendara atau mengemudi. Namun tahukan Anda, merokok saat berkendara adalah penyebab terbesar terjadinya masalah di jalan raya.

Jika Anda adalah pengemudi roda empat. Keinginan untuk merokok saat berkendara sudah seharusnya tidak Anda lakukan lagi.

Merokok saat berkendara memaksa Anda untuk membuka kaca jendela saat mengemudi. Kebiasaan ini otomatis akan membuat Anda mengemudi dengan satu tangan.

Selain sangat berbahaya bagi Anda sendiri dan penumpang. Hal ini juga berbahaya bagi orang lain jika hal tak terduga terjadi. Sebut saja, jika pengemudi di depan Anda mengerem mendadak.

Otomatis satu tangan Anda tidak bisa mengontrol stir dan proses antisipasi kecelakaan dengan baik. Tak sedikit yang meregang nyawa di jalan raya karena hal sepele seperti ini

Hal yang patut Anda perhatikan adalah pengendara motor atau roda dua di belakang Anda. Abu rokok yang Anda jentik bisa saja masuk ke mata pengendara motor yang ada di belakang Anda.

Jika Anda berdalih, salah sendiri kenapa tidak pakai helm atau menutup kaca helm. Maka hal yang pantas Anda dapatkan dari alasan yang Anda berikan adalah sebuah bogem mentah tepat bersarang di mulut Anda yang digunakan untuk merokok tersebut.

Perlu Anda ketahui, abu tembakau sangat perih jika mengenai mata. Sukur jika hanya abu, namun jika bara ikut mendarat di mata bisa menimbulkan kerusakan pada mata bahkan kebutaan.

Sudah banyak kasus seperti ini terjadi. Sayangnya belum ada yang terjerat hukum atau aturan tegas yang mengatur kebiasaan buruk merokok saat berkendara.

Tidak jauh berbeda, jika yang merokok adalah penunggang kendaraan roda dua. Sama-sama berbahaya dan layak untuk diberhentikan kebiasaan buruk merokok tersebut saat berkendara.

Meludah Saat Berkendara

Meludah saat berkendara, selain sangat tidak sopan. Meludah sembarangan tercatat sebagi kebiasaan terburuk orang Indonesia di mata dunia.

Sayangnya seperti sudah menjadi kebiasaan dan terbiasa. Meludah saat berkendara ini banyak dilakukan oleh pengemudi kendaraan di Indonesia.

Baik pengendara sepeda motor dan tidak terkecuali pengendara kendaraan roda empat.

Perlu diketahui, ludah yang Anda buang sembarangan apalagi saat berkendara. Mengandung banyak kuman dan bakteri jahat. Bisa juga mengandung virus berbahaya jika terkena orang atau pengendara lain.

Saya pernah mengalami hal buruk dengan peludah saat berkendara ini. Hampir saja saya baku hantam jika emosi saya tidak terbendung saat itu.

Lucunya bapak ini justru malah membela diri dan lebih parah marahnya dari saya yang jadi korban ludahnya. Jika tidak ingat orangtua di rumah, mungkin sudah saya geprek sejadi-jadinya tuh bapak.

Ngobrol Saat Berkendara

Jangan salah paham dulu, ngobrol yang saya maksud di sini adalah ngobrol saat berkendara dengan pengendara lain kemudian berjejer seperti pengguna sepeda mahal yang baru-baru ini viral.

Ngobrol saat berkendara ini sering dilakukan oleh remaja tanggung atau anak sekolahan yang sudah bawa motor ke sekolah. (Jangan heran kenapa bisa bawa motor ke sekolah)

Jika melihat ini, ada baiknya Anda kasih tahu saja dengan klakson. Tapi siapkan diri Anda dengan kelakuan tidak sopan anak-anak sekolah jaman sekarang. Boleh sih Anda langsung tabok. Tapi dalam hukum tetap Anda yang salah karena menganiaya anak di bawah umur.

Knalpot Berisik

Jika Anda adalah makhluk sosial nan introvert. Suara knalpot non standar alias knalpot racing akan sangat merusak mood dan konsentrasi Anda saat berkendara.

Solusinya? Cukup Anda biarkan mereka atau sipengendara melaju dan menikmati kecepatan serta bunyi knalpotnya. Kalau bisa menepilah dan mampir di warung kopi untuk mengembalikan mood Anda yang rusak. Jangan lupa untuk cek berita di media lokal keesokan harinya.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal berbahaya bagi orang lain yang dilakukan pengendara saat berada di jalan raya. Sebisa mungkin hormatilah pengguna jalan lain.

Mungkin saja mereka mengalami hari yang buruk karena keegoisan Anda di jalan raya. Tidak ada salahnya Anda memperhatikan pengendara lain dan menghormati hak-hak mereka sebagai sesama pengguna jalan.

Jangan sampai hanya karena hasrat rokok Anda yang tidak terbendung. Orang lain kehilangan sosok yang paling mereka sayangi. Sosok yang masih sangat mereka butuhkan.

Parahnya, Anda tidak pernah menyadari sepanjang umur bahwa Andalah penyebab hilangnya nyawa pengguna jalan lain. Pengguna jalan lain yang sedang berjuang demi keluarga mereka di rumah. Yuk mari direnungi.

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

Post a Comment

Post a Comment