Belanja Di Mini Market? Ini 5 Hal Wajib Yang Harus Anda Lakukan

Masih berbicara seputar mini market dan belanja. Jika sebelumnya uncchu.com mengulas kelakuan warga 62 di mini market. Sekarang saatnya membahas apa saja hal wajib yang dilakukan saat berbelanja di mini market.

Hal berikut ini adalah 5 hal wajib yang harus Anda lakukan saat berbelanja di mini market. Baik di mini market yang dikelola oleh daerah dan/atau orang daerah. Maupun mini market franchise.

Cek Kemasan Barang

Jika Anda berbelanja kebutuhan harian untuk kebutuhan bulanan. Pasti Anda akan membeli beberapa makanan kemasan bukan? Nah, hal wajib yang harus Anda lakukan saat berbelanja di mini market adalah jangan lupa untuk selalu cek kemasan barang yang akan Anda beli.

Pastikan kemasan barang yang Anda beli dalam keadaan utuh. Terutama kemasan untuk makanan. Jangan sampai ada yang rusak atau sobek. Kemasan akan berpengaruh pada layak atau tidaknya sebuah produk dikonsumsi atau digunakan.

Karena tidak semua kemasan makanan dan barang yang ada di rak akan terpantau oleh karyawan mini market. Maka dibutuhkan kebijaksanaan Anda sebagai konsumen untuk melakukan cek kemasan secara mandiri.

Jika memungkinkan, beritahu karyawan mini market kalau di pajangan atau rak terdapat barang dengan kemasan yang telah rusak dan tidak layak jual.

Cek Tanggal Kadaluarsa Dan Tanggal Produksi Barang

Sebagai konsumen bijak, sama seperti cek kemasan tadi. Anda juga disarankan untuk melakukan cek tanggal kadaluarsa barang tidak terkecuali tanggal produksi barang.

Terutama makanan fermentasi dan minuman berjenis UHT. Makanan yang baik dan layak konsumsi adalah makanan yang masih memiliki kemasan baik dan masih dalam rentang kadaluarsa.

Pilihlah makanan yang tidak memiliki rentang kadaluarsa lama atau jauh dari tanggal produksi. Karena semakin lama tanggal kadaluarsa suatu barang maka makin banyak pengawet yang digunakan.

Pilihlah rentang kadaluarsa lebih singkat untuk orang-orang sensitif. Seperti orangtua dan bayi karena mereka adalah orang-orang yang sangat rentan dengan pengawet makanan yang berlebihan.

Perlu diketahui semakin lama rentang kadaluarsa suatu barang dihitung dari tanggal produksi. Maka semakin tinggi zat pengawet yang digunakan. Disinilah kebijakan Anda sebagai konsumen diperlukan.

Cek Posisi Pajang Barang

Mengapa harus melihat juga posisi pajang barang? Apakah ada yang salah? Tidak ada yang salah dengan cara pajang suatu barang di mini market.

Namun harus Anda perhatikan juga, setiap makanan dan barang yang mengandung bahan kimia berbahaya tidak bisa disatukan pajangannya dalam satu rak saja. Bahkan dipajang dalam rak yang berdampingan atau berhadapan sangat dekat.

Sebut saja barang dengan bahan kimia berbahaya seperti obat nyamuk, kamper dan pembersih kamar mandi serta deterjen. Barang-barang tersebut tidak bisa dan tidak dianjurkan dipajang berdekatan.

Jadi sebaiknya sebagai konsumen Anda memperhatikan gaya pajangan untuk barang-barang tersebut di atas pada mini market yang Anda kunjungi.

Bawa Kantong/Keranjang Belanja Dari Rumah

Sebagai warga negara yang baik dan bijak. Tidak ada salahnya Anda menyediakan atau membawa sendiri kantang belanja dari rumah.

Selain Anda telah melakukan hal baik dengan mengurangi penggunaan plastik, Anda juga ikut menghemat pengeluaran Anda sendiri dengan tidak membeli kantong plastik saat berbelanja.

Beberapa mini market memberikan promosi dengan pemberian diskon untuk mereka yang membawa sendiri kantong belanja dari rumah. Untuk hal ini, butuh ketegasab pemerintah dalam menerapkan aturan penggunaan kantong plastik di mini market.

Cek Karyawan Mini Market

Jangan terkejut dulu, di masa pandemi ini ada baiknya Anda memperhatikan karyawan mini market yang Anda kunjungi apakah sudah memenuhi standar dari protokol kesehatan (prokes).

Jika belum, Ada baiknya Anda urungkan niat untuk berbelanja di mini market tersebut. Bukan apa-apa, tapi dengan mengurungkan niat berbelanja di sana dapat membantu Anda dan orang yang Anda sayangi terlindungi dari virus yang sudah merebak ini.

Kesimpulan

Itulah 5 Hal Wajib Anda Lakukan Saat Berbelanja Di Mini Market. Pastikan selalu untuk melakukan langkah-langkah di atas demi kebaikan bersama.

Hal kecil bisa saja jadi bencana jika Anda tetap ngotot untuk melanggarnya. Semakin bijak Anda sebagai konsumen semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan. Yuk berbelanja dengan bijak.

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.