7 Daftar Kaktus Hias Yang Cocok Untuk Pemula

Kaktus Hias untuk Pemula – Sama seperti Anda dan pecinta tanaman lainnya. Sebagai pemula, Saya mencari beberapa tipe kaktus yang bisa di rawat dengan mudah. Seperti yang Saya ulas sebelumnya. Kaktus sangat cocok untuk berbagai tipe rumah terutama rumah minimalis.

Namun mudah atau tidaknya perawatan tanaman Sukulen untuk jenis kaktus ini memang tergantung keuletan dan ketelatenan Anda menekuni hobi pada tanaman kaktus. Termasuk perawatan dan segala tetek bengeknya.

Jenis Kaktus Hias

Umumnya tanaman kaktus ini cukup tahan banting dan jadi rekomendasi dari orang-orang yang sudah bergelut dengan tumbuhan ini. Bisa dibilang sangat banyak jenis kaktus yang cocok dan direkomendasikan oleh ahlinya untuk pemula seperti saya contohnya.

Diantara jenis tanaman kaktus di bawah ini akan menjadi pilihan Anda yang berstatus pemula seperti Saya.

Apa saja? Yuk simak ulasan berikut tentang beberapa jenis Kaktus yang rekomen banget untuk Anda pemula.

Kaktus Haworthia Zebra

Bentuknya yang unik dengan ciri khas belang-belang seperti zebra adalah jenis kaktus hias pertama yang tidak rewel. Saya sendiri memilih kaktus ini sebagai kaktus pertama saya.

Haworthia Zebra terbukti mampu hidup dengan cahaya yang minim, tak heran kaktus jenis ini lebih cocok untuk diletakkan di dalam ruangan.

Kaktus dengan corak belang zebra ini sedikit sensitif dengan intensitas cahaya berlebih. Jadi dalam ruangan adalah pilihan tepat untuk lokasi penempatan haworthia zebra.

Kaktus Haworthia Cactus Zebra termasuk kaktus hias yang mampu mempercantik ruangan dengan bentuk dan warnanya.

Kaktus Parodia

Kaktus parodia ini dikenal juga dengan nama Ball Cactus. Ini didasarkan karena bentuknya yang unik seperti bola dengan bulu-bulu halus.

Selain bentuknya yang lucu, unik dan menggemaskan. Kaktus hias Parodia juga termasuk jenis kaktus yang memiliki bunga. Biasanya bunga untuk jenis kaktus ini bewarna kuning kemerahan.

Selain bentuknya yang lucu, ternyata perawatan kaktus ini cukup mudah. Jenis kaktus ini cukup diletakkan di tempat sejuk dan disiram beberapa kali saja dalam seminggu.

Kaktus ini kurang menyukai media tanam yang lembab. Oleh karena itu siramnya cukup sekali dengan cara di semprot dengan menggunakan sprayer.

Kaktus Beaver Tail

Jenis kaktus hias satu ini termasuk kaktus klasik yang cukup populer. Memiliki variasi ukuran mulai dari yang kecil hingga besar.

Kaktus hias Beaver Tail memiliki bentuk oval pipih dan memiliki bunga dengan banyak variasi warna. Hal yang terpenting dari jenis kaktus yang satu ini yaitu sangat mudah saat dirawat.

Kaktus Chepalocereus Senilis

Punya nama populer kaktus uban, varian kaktus satu ini memiliki ciri khas duri yang sangat halus dan panjang berwarna keputihan sehingga menyerupai rambut uban manusia.

Meskipun sangat praktis dalam hal perawatan si kaktus uban ini sangat menyukai matahari sehingga pastikan Anda menanam tanaman hias ini di tempat yang memiliki cahaya matahari cukup dan suhu yang hangat.

Kaktus Pincushion

Jenis kaktus hias selanjutnya juga memiliki duri yang halus, namun tidak panjang seperti kaktus uban sebelumnya.

Yang membuat jenis kaktus Pincushion unik dan menarik adalah bentuknya yang bulat serta berukuran kecil ini tumbuh secara berkoloni sehingga menciptakan bentuk yang eksotik.

Kaktus Fairy Castle

Kaktus Fairy Castle atau dikenal juga dengan nama Cereus Tetragonus adalah jenis kaktus yang cocok di halaman.

Kalau beberapa jenis kaktus di atas lebih cocok dalam rumah yang cukup cahaya. Jenis Kaktus Fairy Castle atau Cereus Tetragonus cukup berbeda.

Mampu tumbuh tinggi keatas dan bercabang, jenis kaktus satu ini juga bisa ditanam secara berderet untuk membentuk pagar tanaman, atau ditanam di dalam pot untuk menghiasi salah satu sudut pekarangan.

Kaktus Gymnocalycium

Kaktus Hias Gymnocalycium
Gymnocalycium

Pilihan kaktus selanjutnya adalah kaktus mini Gymnocalycium yang memiliki bentuk bulat dan duri-duri yang panjang serta bunga cantik dengan banyak pilihan warna.

Kerap ditanam di atas pot cantik, jenis kaktus ini cocok untuk menghiasi meja tamu di rumah Anda. Saya paling suka dengan kaktus jenis ini.

Kesimpulan

Selain mudah dipelihara, tanaman kaktus hias memiliki tampilan unik serta menarik yang tak kalah dari berbagai jenis tanaman hias lainnya.

Apalagi dengan banyaknya pilihan ragam jenis, Anda bisa bebas memilih kaktus seperti apa yang Anda inginkan dan juga tentunya sesuai dengan kebutuhan dan bentuk rumah ya.

Sudah menemukan jenis kaktus hias favorit seperti apa yang Anda inginkan? Yuk, pelihara kaktus di rumah dan lakukan cara merawat yang baik dan benar. Agar kaktus kaktus Anda berumur panjang.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.