7 Daftar Kaktus Dalam Rumah Yang Cocok Di Ruangan

Kaktus Dalam Rumah – Tanaman Kaktus bisa menjadi pilihan untuk kamu yang sedang mencari apa yang cocok untuk jadi pelengkap atau hiasan di dalam rumah.

Ada banyak macam kaktus yang cocok diletakkan di dalam ruangan atau di dalam rumah. Mulai dari kaktus mini nan epik hingga kaktus berukuran sedang dan besar nan cantik.

Kaktus, tumbuhan yang memang berasal dari daerah kedap air alias padang pasir. Tanaman kaktus terbukti tidak butuh perawatan yang berlebihan.

Kamu cukup memberikan air beberapa kali dalam seminggu dan diletakkan di ruangan yang cukup cahaya atau terpapar sinar matahari.

Jika kamu tertarik untuk menjadikan kaktus sebagai pilihan tumbuhan yang cocok menjadi tanaman hiasan di rumah. Berikut uncchu.com merekomendasikan beberapa kaktus unik nan cantik.

Daftar Kaktus Dalam Rumah

Berikut daftar tanaman kaktus yang unik untuk menghias dalam rumah. Baik ditanam di pot atau di halaman rumah.

Ferocactus Si Duri Merah

Ferocactus siduri merah memiliki batang berlekuk yang membentuk bulatan hampir sempurna. Berukuran sedang, ferocactus cocok menjadi kaktus dalam rumah.

Ferocactus hampir mirip dan menyerupai kaktus dengan jenis Echinocactus grusonii. Nah bedanya hanya dari warna duri yang mereka miliki.

Jika Echinocactus grusonii memiliki duri dengan warna keemasan, sedangkan Ferocactus durinya bewarna merah terang.

Ferocactus juga memiliki duri yang panjang dan menutupi batangnya. Meski memiliki tampilan seperti itu. Namun kamu jangan ragu untuk memeliharanya.

Perpaduan 2 warna yang kontras yaitu hijau dan merah menyala menjadikan Ferocactus ini layak dan cantik diletakkan di sudut ruangan.

Ferocactus memiliki batang berlekuk yang membentuk bulatan sempurna, hampir menyerupai Echinocactus grusonii.

Namun, jika Echinocactus grusonii memiliki duri berwarna keemasan, duri pada ferocactus berwarna merah menyala. Duri-durinya pun tumbuh sangat panjang dan menutupi batangnya sendiri.

Dengan penampilannya tersebut, Mama mungkin merasa ragu untuk menyentuh bahkan memelihara kaktus ini. Padahal Echinocactus adalah kaktus dalam rumah yang sangat cantik.

Tapi, ferocactus adalah kaktus yang sangat cantik lho. Perpaduan warna merah dan hijau yang kontras dari tanaman ini pasti akan segera mencuri perhatian saat diletakan di pojok ruangan.

Echinocactus Grusonii Si Bulat yang Cantik

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas, Echinocactus Grusonii adalah kaktus cantik yang berbentuk bulat sempurna.

Dengan bentuk bulat ini Echinocactus Grusonii sangat cantik diletakkan di rak di dalam ruangan cukup cahaya matahari.

Kaktus dalam rumah yang dikenal juga dengan sebutan golden barrel atau gentong emas ini sangat ciamik juga bila ditaruh di meja ruang tamu.

Warna durinya yang keemasan memberi kesan mewah di ruang tamu nan minimalis dan memiliki desain ruangan kekinian.

Sebenarnya Echinocactus grusonii dapat tumbuh hingga satu meter di habitat aslinya. Namun kamu bisa menjadikan Echinocactus Grusonii menjadi kaktus mini dengan menanamnya dalam pot.

Ketika ditanam dalam pot, Echinocactus Grusonii ini akan berbentuk bulat sempurna dan terlihat menggemaskan serta lucu.

Opuntia Basilaris Si Ekor Berang-berang

Opuntia Basilaris atau dikenal dengan siekor berang-berang. Kaktus yang satu ini memang memiliki bentuk yang unik seperti ekor berang-berang.

Berasal dari wilayah Amerika Serikat dan Meksiko. Opuntia Basilaris termasuk kaktus dalam rumah berukuran sedang yang dapat tumbuh hingga 40 cm.

Selain bentuknya yang unik, Opuntia Basilaris juga memiliki bunga dengan warna ungu terang yang sangat cantik.

Melihat ukuran yang termasuk dalam kaktus ukuran sedang dengan bunga yang cantik.

Kamu bisa memilih meletakkan Opuntia Basilaris di rak khusus untuk mempercantik ruangan.

Cephalocereus Senilis Rambut Putih

Rambut putih pada Cephalocereus Senilis menjadi dasar utama penamaan kaktus hias yang satu ini.

Jika kaktus lain tumbuh dipenuhi duri, Cephalocereus Senilis tumbuh dipenuhi rambut berwarna putih yang bisa tumbuh hingga 12 cm.

Oleh karena itulah Cephalocereus Senilis ini juga dikenal dengan kaktus orangtua atau kaktus ubanan.

Diketahui berasal dari daerah Meksiko Amerika Latin. Cephalocereus Senilis bisa tumbuh hingga tinggi 15 meter lho.

Namun jangan takut, Selain bisa ditanam di halaman, Kaktus orangtua ini juga bisa dijadikan kaktus mini dengan menanamnya dalam pot. Ini mengapa cephalocereus cocok menjadi kaktus dalam rumah.

Agar hasil maksimal dan tumbuh dengan baik. Pastikan ia disiram sinar matahari yang cukup.

Cereus Tetragonus Pagar yang Unik

Cereus tetragonus atau dikenal dengan nama Fairy Castle memiliki pertumbuhan yang lambat, namun ia bisa mencapai tinggi 1.8 meter.

Dengan bentuknya yang ramping dan tinggi tersebut, kaktus ini tidak membutuhkan banyak tempat dan sangat cocok ditempatkan di sudut halaman.

Jadi bisa dipastikan Cereus Tetragonus ini bisa dimanfaatkan untuk pagar yang cantik dan unik.

Namun jika kamu ingin meletakkannya dalam ruangan Cukup tanam ia di pot. Namun pastikan tetap terkena sinar matahari yang cukup ya.

Haworthia Attenuate Mirip Lidah Buaya

Haworthia Attenuate adalah salah satu jenis kaktus dalam rumah yang memiliki banyak nama. Ada yang menyebut kaktus zebra. Ada juga yang menyebutnya mirip lidah buaya.

Terlihat cantik seperti tak berduri, Haworthia Attenuate ternyata memiliki duri yang cukup berbahaya di sudut batangnya. Jadi jika kamu ingin menyentuhnya agar berhati-hati.

Tanaman yang berasal dari Afrika, tepatnya Afrika Selatan ini cocok diletakkan di atas meja. Bentuk yang kecil dan minimalis menjadikannya kandidat yang cocok untuk di atas meja.

Namun seperti yang disebutkan tadi, pastikan Haworthia Attenuate ini jauh dari jangkauan anak-anak ya. Durinya cukup menyakiti siapa saja yang menyentuhnya dengan tanpa cinta.

Haworthia Attenuate juga memiliki ciri khas rawat yang tidak rumit, jadi cocok buat kamu yang merupakan pecinta kaktus pemula.

Rainbow Hedgehog Si Ungu yang Eksotis

Jika kamu adalah pecinta warna ungu. Rainbow Hedgehog adalah pilihan yang tepat untuk Kamu koleksi sebagai kaktus dalam rumah selanjutnya.

Memiliki warna dasar merah muda keunguan, dan memiliki bunga yang lumayan cantik. Rainbow Hedgehog cocok jadi pemanis di meja.

Tergolong kaktus mini, Ranbow Hedgehog ini hanya tumbuh tinggi hingga 30 cm dan diameter 11 cm lho. 

Kesimpulan

Nah itulah rekomendasi daftar kaktus yang cocok kamu letakkan diruangan. Kamu milih yang mana untuk digunakan dalam mempercantik rumahmu?

Si Ungu yang eksotis atau orangtua yang menggoda mata? Hingga si belang zebra yang memiliki banyak nama? Semoga daftar kaktus dalam rumah di atas memberimu referensi kaktus unik.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.