4 Tips Bangun Rumah Impian Untuk Pasangan Baru

4 Tips Bangun Rumah – Membangun rumah impian tentunya menjadi impian semua pasangan baru saja menikah. Terutama mereka yang berada dalam usia muda. Rumah impian akan menjadi prioritas utama dalam tahun-tahun ke depannya.

Agar rumah impian tidak hanya menjadi sekedar bunga tidur belaka. Ada beberapa tips yang harus Anda coba. Terutama bagi Anda pasangan muda yang baru saja memulai bahtera rumah tangga.

Tips Bangun Rumah Impian

Perbedaan pendapat, silih sengketa dan cekcok akan jadi bunga-bunga bertebaran di setiap jalan yang Anda lalui menuju rumah impian. Jiwa muda, ego dan semangat yang membara dan berapi kadang menjadi bomerang tersendiri bagi perjalanan rumah tangga.

Oleh karena itu, perlu ada ketegasan hati dan tekad yang kuat untuk memulai membangun rumah impian yang Anda idamkan. Salah satunya dengan menetapkan dan mencoba 4 tips membangun rumah impian bagi pasangan muda berikut ini.

Anggarkan Budget Yang Pas Dan Berkesinambungan

Sebagai pasangan muda yang baru saja menikah. Anda bisa menganggarkan budget yang pas sesuai dengan pendapatan perbulan Anda berdua. Misalnya Anda memiliki total 10 juta pendapatan perbulan dari gabungan dua gaji suami istri.

Dari sini, Anda bisa menentukan besaran budget rumah impian yang Anda inginkan berdua. Sebut saja harga rumah minimalis 100 juta. Sebagai pasangan muda, Anda bisa mengambil 4 juta perbulan selama 25 bulan.

Jika sudah sepakat dan deal, saatnya Anda mulai menyisihkan budget untuk rumah impian yang Anda inginkan. Lakukanlah secara berkesinambungan dan terus menerus.

Perlu diingat, selain menganggarkan dana untuk rumah impian. Anda juga harus menyiapkan dana darurat untuk keperluan lainnya. Sebut saja misalnya untul kelahiran anak dan sebagainya.

Pilih Lokasi Yang Pas

Rumah Impian
Rumah Impian

Kata pas di sini memiliki banyak arti. Mungkin pas dikantong dan budget yang telah Anda anggarkan berdua. Atau bisa juga pas dengan tempat kerja atau tempat Anda berusaha.

Pilihlah lokasi yang pas dan tentunya sesuai dengan kesepakatan berdua sebagai pasangan muda yang baru menikah. Pertimbangkan lokasi yang benar-benar bisa Anda manfaatkan.

Pilihlah lokasi yang dekat dengan pusat perbelanjaan atau pusat layanan kesehatan serta pusat-pusat lain yang dirasa bisa jadi pertimbangan. Tapi ingat, semakin dekat dengan pusat-pusat yang saya sebutkan di atas. Maka semakin tinggi budget yang harus Anda persiapkan.

Air, Listrik Dan Layanan Lainnya

Listrik Rumah Impian
Listrik Rumah Impian

Setelah menentukan pilihan lokasi yang Pas. Hal selanjutnya yang harus Anda perhatikan adalah masalah air. Baik air bersih maupun genangan air yang muncul di saat hujan dan kemarau.

Pastikan juga ketersediaan listrik, gas dan lain sebagainya. Hal ini penting Anda pertimbangkan saat menentukan lokasi yang pas untuk rumah impian Anda.

Jangan sampai Anda justru kepayahan air bersih saat kemarau atau malah kebanyakan air dan genangannya disaat musim penghujan.

Tentukan Desain Rumah Yang Aman Dan Nyaman

Kenapa harus desain aman dan nyaman? Sebagai pasangan muda, keamanan rumah bisa juga Anda mulai dari desain rumah impian yang ingin Anda bangun.

Jangan sampai Anda lengah dengan keamanan rumah demi hanya mengejar desain rumah kekinian. Perhatikan juga kondisi lingkungan di sekitar, baik budaya maupun lokasinya.

Pastikan juga Anda memilih desain yang nyaman untuk Anda tempati kelak. Saat ada momongan atau di saat ibu atau mertua Anda merindukan cucu mereka kelak.

Siapkan Material Yang Berkualitas

Meski ini sebenarnya bisa Anda serahkan sepenuhnya kepada tukang atau jasa konstruksi. Tapi tidak ada salahnya Anda mempelajari bahan material rumah yang cocok dengan kondisi lokasi, budget dan iklim di tempat rumah impian ingin didirikan.

Hal ini penting, apakah di lokasi rumah yang akan Anda bangun. Cocok menggunakan hollow brick atau atau cocoknya menggunakan batu bata atau beton saja. Konsultasikan dengan mereka yang berkompeten di bidangnya.

Kesimpulan

Rumah impian, tentunya adalah rumah yang Anda siapkan untuk masa depan yang baik bagi keluarga Anda. Membangun dengan budget yang terbatas dan penuh perhitungan, bisa mencegah Anda menghamburkan uang untuk hal yang kurang pada tempatnya.

Seperti namanya, rumah impian adalah rumah yang akan Anda jadikan tempat merangkai impian-impian lain berikutnya. Perhitungan yang tepat dengan menerapkan 4 tips bangun rumah impian bagi pasangan baru bisa Anda jadikan referensi bukan? Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.