9 Cara Mudah Mengatasi Kecemasan yang Bisa Anda Coba

Mengatasi Kecemasan – Setiap orang pasti pernah merasakan kecemasan, Rasa cemas kadang datang begitu saat Anda merasa baik-baik saja. Sebut saja susah tidur di malam hari, atau kadang tidur tapi sebentar-bentar bangun tanpa sebab.

Bisa jadi itu adalah salah satu tanda awal bahwa Anda sedang mengalami kecemasan. Jika dibiarkan berlarut dan mulai mengganggu aktivitas Anda. Ada baiknya Anda mulai mencari solusi untuk mengatasi kecemasan yang Anda rasakan sebelum menjadi sumber masalah.

Secara psikologi kecemasan atau cemas adalah sebuah perasaan negatif terhadap suatu hal. Bisa saja penyebabnya adalah dari diri Anda sendiri maupun dari faktor luar. Bahkan pengobatan atau penggunaan obat yang tidak sesuai anjuran juga bisa menyebabkan kecemasan.

Jika dibiarkan begitu saja, cemas dan kecemasan ini bisa berujung depresi yang berlebih dan tentunya akan berakibat buruk pada kesehatan Anda. Baik itu kesehatan mental maupun kesehatan tubuh Anda.

Cara Mengatasi Kecemasan

Mengatasi Kecemasan
Mengatasi Kecemasan

Bilamana kecemasan ini sudah mulai mengganggu kehidupan Anda, maka mau tidak mau memang harus diatasi. Cara mengatasi kecemasan berlebihan selalu diawali dari diri sendiri.

Mungkin ada pertanyaan kenapa harus dimulai dari diri sendiri? Kecemasan itu ada dalam diri Anda dan sumbernya berasal dari diri Anda. Maka hanya Anda sendirilah yang bisa mengatasi kecemasan. Karena Anda yang merasakan kecemasan tersebut, jadi hanya Anda yang bisa mengatasi rasa cemas tersebut dengan baik.

Nah, bilamana dirasa sudah siap untuk memulainya dari diri sendiri. Berikut Uncchu.com coba paparkan beberapa tips tambahan buat Anda yang ingin terbebas dari rasa cemas dan kecemasan yang berlebih. Apa saja? Simak tuntas ulasan di bawah ini dengan baik ya.

Tarik dan hembuskan

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa cemas adalah mengatur pernapasan. Dengan mengatur pernapasan, terbukti dapat memberikan efek nyaman.

Mungkin cara ini terdengar sangat standar bagi Anda. Dan memang cara ini adalah cara paling simpel dari beberapa cara mengatasi kecemasan yang akan uncchu paparkan nanti.Tapi tahukah Anda hingga saat ini, cara ini masih terbukti ampuh dan efektif dalam mengatasi kecemasan berlebihan.

Disaat Anda mulai merasakan kecemasan, coba tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Lakukan tarikan napas sekitar 4 detik. Lalu hembuskan kembali secara perlahan juga selama 4 detik. lakukan berulang-ulang hingga kecemasan Anda mereda.

Metode ini akan membuka diafragma di paru-paru secara alami dan efeknya adalah Anda merasa rileks. Dengan rutin melakukan latihan napas seperti ini otot dan syaraf yang tegang akan dikendurkan dan menjadi lebih tenang.

Temukan penyebab kecemasan

Tidak ada satupun masalah yang timbul tanpa ada penyebab yang jelas. Meski kecemasan kadang bisa muncul secara tiba-tiba dan tidak bisa kita kontrol. Namun demikian, Anda harus bisa mengidentifikasi sumber kecemasan tersebut. Darimana sumber dan datangnya sumber ketakutan tersebut?

Apakah karena pekerjaan di kantor yang masih menumpuk. Bahkan karena rutinitas seperti kemacetan di Senin pagi juga bisa menimbulkan rasa cemas. Atau karena keadaan Anda yang sedang menghadapi kegiatan belajar daring yang membosankkan.

Dengan mengetahui lebih dalam apakah pemicu rasa cemas tersebut memang sesuatu yang wajar atau tidak. Seperti karena tugas yang Anda tangani sudah hampir mendekati tenggat waktu, itu cukup wajar jika Anda merasa cemas. Dengan mengetahui sumber kecemasan, maka Andapun akan lebih mudah mendapatkan solusinya dan mengatasi kecemasan.

Hadapi penyebab masalah kecemasan

Saat Anda sudah mengetahui penyebab munculnya kecemasan, langkah selanjutnya adalah menghadapi kecemasan tersebut. Jangan menghindar, karena hanya akan membuat Anda terus dilanda kecemasan. Anda justru harus terlibat ke dalam hal yang menjadi sumber kecemasan.

Pasalnya, salah satu faktor munculnya kecemasan adalah karena situasi dan kondisi yang tidak pernah Anda alami atau rasakan sebelumnya. Misalkan, Anda selalu merasa cemas ketika naik lift maka Anda justru harus menghadapinya dengan terus mencoba naik lift.

Ketika Anda sudah mulai terbiasa dengan kondisi tersebut, maka tidak akan ada lagi rasa cemas. Cara ini memang berat tapi cukup efektif untuk mengatasi kecemasan berlebihan.

Berdamai dengan kecemasan

Sebagai manusia, Anda tidak akan pernah bisa menghindar dari kecemasan. Karena kecemasan pasti akan selalu datang, terutama ketika kondisi mental tengah menurun. Padahal hal-hal yang sering dicemaskan seringnya malah tidak pernah terjadi.

Di sisi lain, rasa cemas sebenarnya bisa menjadi stimulus bagi perkembangan mental dan diri Anda. Anda harus berdamai dengan kondisi yang tidak nyaman dalam kehidupan. Dengan demikian, Anda akan bisa menjalani hidup dengan lebih baik meski ada ketidaknyamanan atau kecemasan yang datang suatu hari nanti.

Anda pun bisa lebih berkonsentrasi untuk melakukan hal-hal positif dan lebih penting bagi hidup Anda. Ketimbang hanya berkutat di rasa cemas yang sebenarnya tidak perlu Anda cemaskan. Jika Anda bisa berdamai dengan kecemasan. Selamat Anda berhasil mengalahkan dan mengatasi kecemasan tersebut.

Keluarkan keringat

Cobalah sekali-sekali untuk mengeluarkan keringat. Karena kondisi kebugaran yang buruk juga mempengaruhi kesehatan mental Anda termasuk munculnya kecemasan. Untuk itu Anda harus rutin mengeluarkan keringat dan berolahraga.

Terutama yang terkait dengan latihan kardiovaskular atau melatih kondisi paru-paru dan pernapasan kita. Idealnya, untuk membuat kondisi kardiovaskular kita tetap prima, minimal melakukan jalan kaki selama 30 menit sampai 60 menit setiap hari. Jika memang tidak memungkinkan, minimal 3 kali seminggu dengan durasi yang sama.

Saat berjalan kaki selama 30 menit maka tubuh akan melepaskan hormon endorfin. Hormon inilah yang kemudian membantu Anda dalam menurunkan dan mengatasi kecemasan berlebihan.

Tidur dan Istirahat yang Cukup

Pekerjaan Anda membuat waktu tidur menjadi berkurang? Bisa jadi itulah penyebab Anda merasakan kecemasan yang berlebihan. Seseorang yang kurang tidur akan memicu aktivitas berlebih di bagian amygdala dan insular cortex pada otak. Aktivitas inilah yang kemudian memunculkan rasa cemas.

Itu merupakan hasil penelitian Andrea Goldstein, peneliti dari University of California, Berkeley, Amerika Serikat. Semakin sering Anda kurang tidur maka semakin besar pula rasa cemas yang dialami ketika menghadapi tumpukan pekerjaan.

Untuk mengatasi kecemasan berlebihan akibat kurang tidur dan istirahat, sebenarnya bisa dengan melakukan terapi mudah dan sederhana. Seperti mandi air hangat dan minum susu hangat sebelum tidur. Setelah Anda bisa mendapat waktu tidur yang cukup, kecemasan yang kerap muncul pun akan berkurang.

Bahagia dan tertawa

Terdengar aneh? Tapi ini layak Anda coba. Kalau Anda kebetulan punya hewan peliharaan, jadikanlah mereka sebagai alat untuk melepas kecemasan berlebihan. Bermain dan bergembira bersama hewan peliharaan terbukti punya efek cukup besar dalam mengurangi rasa cemas berlebih.

Tingkah pola hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan secara langsung akan membuat hati Anda senang dan bahagia. Anda pun akan terhindar dari rasa cemas yang berlebihan. Hewan peliharaan Anda pun tak kalah gembira karena mendapat perhatian yang cukup dari majikannya.

Aromaterapi dan meditasi

Kecemasan ada di dalam pikiran kita. Karena itu untuk membuang rasa cemas, pikiran Anda harus berusaha dibuat lebih tenang. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan menjalankan aromaterapi.

Posisikan badan Anda dengan berbaring secara nyaman di atas pembaringan atau duduk di sofa yang empuk. Tenangkan pikiran Anda sambil mencium wangi-wangian aromaterapi. Wangi khas aroma terapi akan membuat pikiran dan badan Anda menjadi rileks dan kecemasan pun bisa berkurang. Alunan musik yang lembut akan menambah kuat proses relaksasi ini.

Cara aroma terapi ini juga bisa Anda gabungkan dengan meditasi. Karena meditasi mampu mengubah suasana hati dan pikiran yang tengah dilanda kecemasan menjadi lebih tenang. Ditambah wangi aroma terapi, proses meditasi Anda bisa lebih maksimal.

Berserah diri kepada Yang Maha Kuasa

Seberat apa pun penyebab kecemasan yang Anda rasakan, tetap yakin dengan ketentuan Tuhan. Karena Tuhan pasti lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Karena itu serahkan semua masalah dan kecemasan yang ada hanya kepada Dia. Berdoalah untuk memohon pertolongan, bantuan, dan bimbingan-Nya agar Anda bisa menghadapi kecemasan dan menemukan solusinya.

Kesimpulan

Kecemasan adalah hal yang normal, namun seharusnya bagaimana cara menyikapinya akan menjadi kunci Anda terbebas dari kecemasan. Keberanian Anda untuk mencari penyebabnya menjadi solusi utama bahwa Anda dapat menaklukkan kecemasan. Jika kejadian berlanjut Anda bisa mencoba Psychological First Aid untuk mengatasi kecemasan yang berlanjut.

Jangan lupa untuk follow dan subscribes uncchu.com di google news dan youtube.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.