Skip to main content
Uncchu

follow us

4 Aplikasi Rekam Layar Populer Yang Wajib Dicoba

Aplikasi rekam layar adalah  aplikasi wajib yang harus ada di komputer maupun laptop. Zaman sekarang banyak sekali kegiatan yang melibatkan aplikasi rekam layar. Sebut saja pembuatan tutorial yang akan Anda gunakan sebagai bahan untuk diunggah ke youtube.

Aplikasi perekam layar merupakan sebuah aplikasi khusus yang biasanya digunakan untuk berbagi informasi, tutorial, maupun aktivitas lainnya yang direkam langsung pada layar komputer atau PC. 

Biasanya aplikasi ini sering digunakan oleh para YouTubers yang ingin membagi informasi mengenai langkah-langkah pemecahan suatu masalah agar mudah untuk di pahami.

Pada era pandemi sekarang ini biasanya aplikasi khusus perekam layar ini juga bermanfaat dan berguna sekali untuk media pembelajaran dan presentasi. Baik itu bagi pendidik maupun peserta didik. 

Nah, apa saja rekomendasi aplikasi rekam layar yang bagus dan baik untuk digunakan? Berikut uncchu.com beberkan beberapa aplikasi rekam layar yang bisa Anda coba. 

1. Aplikasi Rekam Layar Bandicam

Siapa yang tidak kenal dengan Bandicam? Ya, aplikasi rekam layar yang satu ini sangat populer dikalangan youtuber dan blogger tutorial

Bisa dikatakan aplikasi Bandicam adalah aplikasi rekam layar populer yang telah banyak digunakan oleh sebagian orang. Tentu saja karena aplikasi ini menjadi pilihan terbaik bagi youtuber dalam membuat konten mereka. 

Memiliki keunggulan fitur yang cukup menarik membuat Bandicam menjadi pilihan utama. Beberapa fitur menarik yang bisa Anda nikmati dari aplikasi perekam layar yang satu ini adalah screen recording, game recording, dan device recording. Aplikasi ini juga tersedia dalam 2 versi, yaitu unregistered (gratis) serta registered (berbayar).

2. Aplikasi Rekam Layar CamStudio

Secara keseluruhan, CamStudio adalah aplikasi rekam layar yang sangat luar biasa. Kenapa saya menyebutnya luar biasa? Karena CamStudio merupakan aplikasi perekam layar yang sepenuhnya gratis untuk digunakan. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk menikmati fitur-fitur terbaik dari aplikasi ini.

Keunggulan CamStudio lainnya adalah dapat merekam layar dan menyimpan video hasil rekaman dengan format Flash (.SWF), MP4, dan AVI. 

Hal yang paling menariknya lagi, dalam hal recording. Kualitasnya bisa Anda sesuaikan dengan kemampuan atau performa laptop yang Anda miliki. Luar biasa bukan? 

3. Aplikasi Rekam Layar Showmore

Dikembangkan oleh Apowersoft, aplikasi ini sejatinya bukanlah aplikasi. Artinya, Showmore sebenarnya aplikasi yang dibuat bukan menjadi sebuah aplikasi. Nah lhoo? 

Showmore sebenarnya adalah sebuah situs dengan kategori website yang menyediakan fitur perekam layar secara online. Yang mana untuk menggunakannya Anda hanya perlu log in dan mengunduh klien offlinenya. 

Meski demikian, aplikasi perekam layar ini telah dibekali dengan beberapa fitur mumouni yang wajib Anda coba, diantaranya perekaman audio, recording webcam, dan mengatur kualitas fps hasil rekaman sesuai dengan yang Anda butuhkan atau inginkan.

4. Aplikasi Rekam Layar VLC Player

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi VLC Player ini? Aplikasi dengan simbol seperti marka jalan bewarna orange putih ini pernah jaya di masanya sebagai pemutar video terbaik. 

Aplikasi perekam layar yang satu ini merupakan aplikasi pemutar video yang juga didukung dengan fitur perekaman layar. Untuk fitur perekam layarnya sendiri tidak diaktifkan secara default pada tampilan awal aplikasi.

Jadi agar dapat mengaktifkan fitur perekaman layar tersebut caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengklik opsi "View" kemudian klik "Advanced Options". Dan silahkan eksplore fiturnya.

Kesimpulan 

Itulah 4 Aplikasi Rekam Layar Populer Yang Wajib Anda Coba. Aplikasi di atas sangat saya rekomendasikan untuk mereka yang bergelut di bidang pembuatan konten berupa video.

Artinya, selain gratis, aplikasi rekam layar di atas sangat berguna bagi mereka yang aktif sebagai youtuber. Semoga ulasan dan rekomendasi aplikasi rekam layar di atas bermanfaat. 

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar