Skip to main content
Uncchu

follow us

Cara Mengatasi Error Body Tag AMP 10 Agustus 2020

Hari ini saya mendapatkan pemberitahuan error di google search console. Error yang dikabarkan dipemberitahuan adalah error tentang body dan tag yang menyebabkan blog AMP tidak valid. Bunyi kalimat error kurang lebih seperti di bawah ini. 

Tag atau teks yang hanya diizinkan di dalam bagian isi, ditemukan di luar bagian isi.

Tag 'BODY' muncul lebih dari satu kali dalam dokumen.

Untuk lebih jelasnya saya lampirkan tangkapan layar error yang berimbas ke halaman AMP di uncchu.com. Silakan cek gambar di bawah ini. 

Setelah saya cari-cari solusinya di google. Ternyata saya sedikit sekali menemukan jawaban yang ngena. Maka putuskan untuk mencarinya ke kompiajaib milik Kang Adhi Suryadhi. 

Di kompiajaib inilah saya menemukan solusinya. Kalau kang Adhi sendiri menyebutnya error AMP agustus. Karena error ini memang muncul merata di blog AMP blogger. Termasuk uncchu.com yang menggunakan template AMP Kompiajaib v3 buatan Kompi Ajaib. 

Sebenarnya pemberitahuan ini telah masuk tanggal 10 bulan ini (agustus 2020) namun karena saya cukup sibuk dengan pesanan blog dari teman-teman jadi belum sempat melakukan perbaikan. 

Nah, hari ini seperti biasa jomblo seperti saya tidak memiliki acara malam mingguan. Mencoba untuk melakukan validasi error dengan menerapkan solusi yang dibeberkan Kang Adhi dalam mengatasi Error 10 agustus. 

Apa yang harus Anda lakukan untuk mengatasi error pada blogger AMP seperti di atas? 

Berdasarkan apa yang kang Adhi jelaskan. Error ini terjadi karena ada perubahan di edit HTML Blogger. Seperti Anda ketahui bahwa sekarang ini Blogger sedang mengupdate fitur-fiturnya termasuk dengan editor HTML.

Perubahan yang membuat error ini adalah adanya penambahan kode untuk data-ad-client Adsense yang menggunakan komentar <!-- dan --> pada sumber HTML blog. 

Anda bisa melihat ada tanda ---> ditampilan blog bagian atas saat diakses. Ini juga terjadi pada uncchu.com sebelum dilakukan validasi perbaikan AMP seperti saran kompi ajaib. 

Perubahan yang membuat error dan cara memperbaikinya

Untuk memperbaiki error ini, silakan ikuti langkahnya berikut ini.

Silakan temukan kode berikut:

<HTML

Silakan ganti dengan kode berikut:

<html b:css='false' b:js='false'

Sehingga hasilnya akan terlihat seperti :

Sebelum edit :

<HTML expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id'>

Sesudah edit :

<html b:css='false' b:js='false' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id'>

Kemudian silakan cari dan temukan kode berikut ini :

&lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;

<body>

Silakan ganti dengan kode seperti berikut ini :

&lt;/head&gt;

&lt;body&gt;

Dan tindakan terakhir temukan kode berikut ini :

&lt;!--</body>--&gt; &lt;/body&gt;

</HTML>

Kemudian silakan ganti dengan kode berikut:

&lt;!--<head/>&lt;!--<body/>--&gt; &lt;/body&gt; 

</html>

Selanjutnya, setiap akan edit HTML theme, Silakan hapus kode yang ditandai di bawah ini sebelum SAVE tema. (Jika Ada

<html b:css='false' b:js='false' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id' xmlns='http://www.w3.org/1999/xhtml' xmlns:b='http://www.google.com/2005/gml/b' xmlns:data='http://www.google.com/2005/gml/data' xmlns:expr='http://www.google.com/2005/gml/expr'>

Sehingga menjadi seperti kode di bawah ini :

<html b:css='false' b:js='false' expr:dir='data:blog.languageDirection' lang='id'>

Sampai di sini untuk sementara semua langkah untuk memperbaiki error AMP agustus sudah Anda lakukan dengan baik dan dianggap selesai. 

Namun ada yang digaris bawahi oleh kang Adhi bahwa kemungkinan akan ada error baik itu AMP atau non AMP di blogger. Semua error kemungkinan terjadi karena efek perbaikan dan perombakan besar-besaran yang dilakukan oleh google selaku pemilik blogger. 

Catatan : Cara ini telah dipublikasikan di kompiajaib. Uncchu.com hanya sebagai salah satu pengguna template AMP blogger buatan kang Adhi Suryadhi yang melakukan triks di atas untuk mengatasi error AMP 10 agustus. Semua isi berupa solusi adalah milik kompiajaib. Silakan berkujung langsung untuk penjelasan lebih rinci.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar