Skip to main content
Uncchu

follow us

6 Hal Penting yang Harus Diketahui Orangtua Baru Sebelum Bayi Lahir

6 Hal Penting yang Harus Diketahui Orangtua Baru Sebelum Bayi Lahir - Detik-detik persalinan adalah hal yang dinanti oleh calon ayah dan ibu baru. Ada rasa takut, khawatir bahkan stres memikirkan kelahiran si calon bayi. Apalagi kelahiran anak pertama.

Butuh persiapan yang matang bagi calon orangtua. Tak dapat dipungkiri, para calon orangtua kebingungan dan panik saat menjalani proses persalinan.

Apalagi jika bayi telah lahir ke dunia, pasti akan ada momen pertama yang membuat orangtua kebingungan jelang persalinan si kecil.

Ada 6 hal penting yang harus dijalani oleh calon orangtua. Sebagai panduannya, simak penjelasannya berikut ini!

Asuransi

Asuransi merupakan hal penting yang harus disiapkan oleh calon orang tua. Asuransi dapat membantu meringankan biaya perawatan saat melahirkan.

Selain itu, asuransi juga dapat membuat orangtua lebih siap dalam menghadapi keadaan darurat dari segi keuangan. Untuk itu, bagi Anda yang belum mengurus asuransi, segeralah diurus secepatnya.

Perlengkapan bayi

Jauh-jauh hari, orangtua sudah mempersiapkan perlengkapan bayi. Hal ini dilakukan agar saat bayi lahir, perlengkapan bayi sudah bisa digunakan.

Sebelum membeli perlengkapan bayi, ada baiknya calon orangtua terutama ibu memperhatikan bahan dari perlengkapan bayi. Sebaiknya pastikan bahan dari perlengkapan bayi yang aman untuk kulit bayi yang masih cenderung sensitif.

Setelah itu, cacatlah daftar keperluan perlengkapan bayi sesuai dengan kebutuhan. Hendaknya membeli bukan karena bentuk dan modelnya saja. Jangan kalap mata dengan model-model yang memikat hati.

Mengingat bayi yang baru lahir akan mengalami perkembangan tubuh yang cukup cepat sehingga akan lebih sering membeli perlengkapan bayi. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, dapat membantu mengurangi pengeluaran.

Perlengkapan ibu

Setelah perlengkapan bayi disiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan perlengkapan si ibu. Hal ini tak kalah pentingnya dengan mempersiapkan perlengkapan bayi.

Perlengkapan ibu yang harus disiapkan adalah baju untuk menyusui, korset, kain sarung, pembalut khusus dan barang-barang lain yang diperlukan untuk ibu setelah persalinan.

Memahami masa depresi setelah melahirkan

Setelah memenuhi keperluan ibu dan bayi, orangtua baru juga harus mengetahui tentang kondisi setelah melahirkan. Ini dikenal dengan post partum. 

Dimana keadaan si ibu menghadapi masa depresi sedih dan bersalah atas perubahan yang terjadi pada dirinya. Oleh sebab itu, sebelum melahirkan ibu hamil harus menyiapkan mental untuk menghadapi masa setelah persalinan. Seringkali hal ini diabaikan oleh banyak orang.

Calon orangtua harus mulai mencari informasi terkait perawatan ibu setelah melahirkan. Hal ini dapat mengurangi risiko ibu mengalami post partum.

Pengetahuan tentang bayi

Mulailah mencari pengetahuan seputar bayi. Sejak bayi berada dalam kandungan sebagai calon orangtua baru. Hal ini dapat membantu ibu dalam merawat bayi setelah melahirkan.

Anda bisa bertanya langsung pada ibu yang telah melahirkan. Bagaimana cara merawat bayi dengan benar. Tanyakan apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada bayi yang baru lahir.

Atau Anda bisa berselancar di dunia maya mencari tahunya. Membaca buku mengikuti seminar parenting untuk menyambut calon bayi. Dengan ini ayah dan ibu bisa lebih siap menghadapi bayi yang baru lahir.

Persiapkan nama

Menyiapkan nama merupakan tugas terakhir kita sebagai orangtua baru. Nama yang diberikan adalah doa dan harapan orangtua kepada buah hatinya.

Oleh sebab itu, rancanglah nama buah hati  Anda sedari kini. Orangtua yang sudah tidak sabar menanti kelahiran bayinya akan mempersipkan nama untuk k anaknya jauh-jauh hari.

Terkadang mereka akan mempersiapkan dua nama sekaligus. Satu untuk laki-laki dan satu lagi buat perempuan. Nanti pas lahiran tinggal memilih satu diantara nama tersebut sesuai dengan jenis kelaminnya.

Kesimpulan

Inilah 6 hal yang harus diketahui oleh orangtua baru sebelum bayi lahir. Persiapkan semua itu dari sekarang agar nantinya bisa merawat bayi dengan penuh kasih sayang.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar