Skip to main content
Uncchu.com

follow us

4 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog Meski Jarang Posting Artikel

4 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog Meski Jarang Posting Artikel - Malas menulis adalah salah satu penyakit akut nan sering melanda beberapa dan bahkan hampir separuh blogger di dunia. Saya termasuk salah satu blogger yang malas menulis dan update artikel secara rutin di blog.

Salah satu penyebabnya adalah kesibukan Saya dengan pekerjaan di dunia nyata dan beberapa orderan artikel dan blog yang alhamdulillah menyita banyak jatah waktu Saya untuk menulis di uncchu.com.

Beberapa pesanan artikel yang memiliki deadline mendesak dan beberapa pesanan blog dari teman-teman yang cukup membuat sibuk Saya dan teman-teman yang ada di uncchu.com.

Nah oleh karena itu Saya memutar otak untuk membuat blog Saya tetap memiliki pengunjung. Setidaknya untuk mempertahankan ke-stabil-an trafik dan kalau bisa meningkat.

Salah satunya adalah dengan menerapkan beberapa tips yang akan Saya ulas di bawah ini tentang bagaimana mempertahankan jumlah pengunjung di blog. Bahkan memacunya agar tetap meningkat meski Saya tidak punya waktu untuk update postingan sekalipun.

Apa saja hal yang mempengaruhi jumlah pengunjung ke blog? dan apa saja yang bisa memacu dan meningkatkan jumlah pengunjung ke blog meski jarang update artikel atau postingan?

1. Buat Konten Evergreen

Nah pertanyaan pertama yang akan mucul mengenai konten Evergreen ini adalah Apa itu konten Evergreen? Atau apa itu artikel dan postingan Evergreen? Baik, Mari simak ulasan singkat di bawah ini apa itu Konten Evergreen.

Apa itu Konten Evergreen?

Konten Evergreen jika diterjemahkan secara lurus dan secara bahasa artinya adalah konten hijau abadi. Artinya Konten Evergreen adalah konten yang tak lekang oleh jaman dan selalu dan/atau banyak di cari dari masa ke masa.

Ciri pokok dari Konten Evergreen adalah isi. Isi konten Evergreen akan selalu relevan meski di akses dari jaman yang berbeda saat konten Evergreen tersebut dibuat.

Apa saja yang termasuk Konten Evergreen?

Mungkin pertanyaan yang sama akan muncul di benak Anda setelah membaca sedikit tentang apa itu konten Evergreen? Konten apa saja yang termasuk dalam kategori niche konten Evergreen?

Seperti yang Saya singgung di atas bahwa konten Evergreen adalah konten hijau abadi atau tepatnya konten abadi yang selalu relevan di banyak masa.

Nah, apa saja niche yang termasuk ke dalam konten Evergreen ini? Beberapa nice konten di bawah ini adalah niche yang masuk ke dalam konten Evergreen, diantaranya:

Artikel Pengertian atau Defenisi

Artikel Pengertian atau Defenisi adalah salah satu niche atau tipe artikel yang masuk ke dalam salah satu konten Evergreen. Yang mana Artikel Pengertian atau Defenisi akan selalu dicari orang di setiap waktu, dimana dan saat bagaimanapun.

Artikel Pengertian atau Defenisi merupakan artikel sumber rujukan. Jadi, disarankan bagi Anda yang menarget artikel Evergreen dengan tipe ini untuk berhati-hati dalam menulisnya. Baik pengertian, Sumber rujukan dan Link keluar yang menjadi sumber utama pembuatan artikel.

Google pencarian akan meng-crawl dan mendeteksi serta lebih menyukai sumber rujukan yang kredibel dan terpercaya. Seperti wikipedia dan situs-situs pengertian besar lainnya.

Sebagai contoh, jika Anda membuat pengertian kanker otak, Maka Anda sangat disarankan untuk merujuk dan membuatkan sumber dari situs kesehatan pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri.

Jika memungkinkan untuk menampilkan sumber dari situs kesehatan independen, maka sertakanlah situs yang benar-benar memiliki reputasi baik di mata google dan khalayak ramai alias masyarakat.

Artikel Tutorial atau Panduan

Artikel Tutorial atau Panduan juga salah satu contoh dari artikel atau konten Evergreen. Kenapa? Karena artikel tutorial dan panduan akan selalu di cari orang.

Artikel Tutorial atau Panduan adalah artikel yang mengajarkan seseorang langkah demi langkah dalam mengerjakan, melakukan atau dalam membuat sesuatu. Sebagai contoh, Artikel yang sedang Anda baca ini adalah salah satu contoh artikel tutorial dan panduan.

Salah satu Artikel Tutorial atau Panduan yang sering di baca di blog uncchu adalah tentang cara membuat postingan valid AMP dari HP.

Artikel Daftar

Mungkin bertanya-tanya kenapa artikel daftar termasuk ke dalam konten Evergreen? Jawabanya adalah karena artikel daftar sebenarnya termasuk artikel yang selalu dicari orang. Nah artikel daftar adalah tipe konten Evergreen yang termasuk ke dalam salah satu konten Evergreen yang banyak di sukai blogger.

Artikel daftar termasuk konten Evergreen yang cukup mudah untuk di buat. Saya termasuk salah satu blogger yang menyukai artikel daftar ini. Selain mudah, umumnya artikel dafrtar ini memiliki judul yang unik dan dimulai dengan angka yang justru membuat pembaca penasaran dan tentunya mengundang klik.

Hal yang perlu dihindari saat membuat Konten Evergreen

Hal yang perlu dihindari saat membuat Konten Evergreen adalah pemilihan niche yang kurang tepat. Hindari pemilihan niche viral, gosip dan berita. Karena beberapa niche di atas memiliki masa batas alias memiliki waktu kadaluarsa yang cukup singkat.

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat Konten Evergreen

Hal yang perlu diperhatikan saat membuat Konten Evergreen adalah targetkan konten Evergreen memiliki ciri khas yaitu menjawab pertanyaan dari para pencari jawaban.

2. Gencar melakukan promosi blog

Hal ke dua yang perlu Anda lakukan dalam meningkatkan kunjungan ke blog meski jarang posting atau update artikel adalah gencar melakukan promosi blog.

Lakukan promosi blog di berbagai lini, Seperti media sosial atau promosi offline melalui kaos dan beberapa komponen fisik lainnya.

Salah satunya adalah selalu menyertakan link blog di berbagai pamflet atau selebaran. Baik berbentuk gambar maupun brosur fisik, seperti undangan dan brosur promosi lainnya.

Hal yang harus diperhatikan di saat melakukan promosi blog adalah sumber kunjungan setelah promosi Anda lakukan. Selalu lakukan pengecekan situs atau backlink yang berada di dashbord blogger maupun statistik di Google Analytic.

Lakukan pengamanan ekstra segera jika Anda mendapati sumber kunjungan mencurigakan. Jika perlu segera blok link mencurigakan tersebut jika dirasa sudah membahayakan.

Silahkan baca tulisan Saya tentang jingling dengan judul Pasca Jingling Saya tahu dunia Blogger ini Keras.

3. Update Artikel Lama di Blog

Update artikel atau postingan lama di blog Anda adalah salah satu cara untuk meningkatkan trafik kunjungan ke blog Anda meski blog Anda jarang update artikel.

Banyak yang mengira bahwa meng-update artikel lama yang ada tidak berpengaruh pada kunjungan. Anda mungkin harus mempertimbangkan sifat khas mesin pencarian google yang menyukai artikel yang selalu update.

Artikel yang selalu update bukan melulu berarti artikel baru, Namun pengertiannya lebih mengarah kepada isi artikel yang selalu di update dan relevan. Cara ini juga akan membuat sebuah artikel perlahan menjadi artikel Evergreen dengan sendirinya.

4. Buatlah artikel yang berkualitas dan powerfull

Membuat artikel yang berkualitas dan powerfull dari waktu ke waktu akan jauh lebih baik Anda lakukan dari pada Anda mengejar deadline harus update artikel setiap harinya namun kurang berkualitas.

Membuat artikel kurang berkualitas namun update tiap hari akan terasa sia-sia. Menurut Saya akan lebih baik Anda gunakan beberapa hari untuk melakukan riset kata kunci dan mencukupkan sumber artikel berkualitas dan powerfull untuk kemudian di posting.

Update artikel setiap hari sebenarnya juga akan lebih baik bagi blog Anda, Terutama bagi Anda yang sedang meningkatkan Domain Authority. Namun kualitas konten dan isinya juga harus Anda pertimbangkan dengan baik.

Karena, jika isi konten Anda tidak berkualitas otomatis pengunjung akan cepat meninggalkan blog. Hal ini juga malah menjadi bumerang pada DA dan PA blog Anda. Nah, jika begitu Anda pilih yang mana? Update artikel setiap hari namun mengabaikan kualitas atau update artikel berjangka namun memiliki kualitas konten yang luar biasa?

Kesimpulan

Itulah 4 Cara Ampuh Meningkatkan Pengunjung Blog Meski Jarang Posting Artikel atau Update Konten. Cara ini akan efektif jika Anda menerapkan 4 tips di atas pada blog Anda dengan hati-hati dan konsisten.

Usahakan untuk menulis Konten yang Powerfull, Konten Evergreen serta update postingan Anda dengan Artikel Pilar. Cara tersebut sangat efektif menjaga jumlah pengunjung ke blog bahkan meningkat secara perlahan.

Update Artikel lama Anda jika ide di pikiran Anda sedang mentok. Jangan lupa untuk berkunjung ke blog lawas teman blogger Anda. Jangan sungkan untuk follow blog tersebut dan berikan komentar bermanfaat di postingan mereka.

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar