11 Media Promosi UKM Online Gratis dan Efektif

Media Promosi UKM Online – Memiliki usaha apapun kelasnya baik itu usaha mikro kecil menengah (UMKM) atau usaha kecil menengah (UKM). Pasti butuh yang namanya promosi. Mengetahui Media promosi UKM adalah bagian yang harus dilakukan dalam meningkatkan penghasilan, brand dari usaha yang Anda kelola.

Lalu apa saja media promosi UKM yang efektif

Sebelum membahas apa saja media promosi UKM baik itu yang bersifat online maupun non online. Mari sedikit melebarkan pengetahuan tentang apa itu promosi? Tujuan dari sebuah promosi? Target promosi? Jenis promosi dan media apa saja yang bisa digunakan untuk promosi? Terutama untuk Promosi UKM.

Apa Itu Promosi?

Pengertian promosi secara umum dilansir dari wikipedia dan kamus bisnis adalah suatu kegiatan komunikasi satu atau dua arah yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas.

Apa Saja Tujuan Promosi?

Tujuan dibuatnya sebuah promosi adalah untuk memperkenalkan sesuatu baik itu berupa barang atau jasa, merek dan perusahaan kepada masyarakat luas dalam upaya mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk yang dipromosikan tersebut.

Secara garis besar tujuan promosi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Menyebarluaskan informasi mengenai suatu produk (barang/ jasa) kepada masyarakat atau calon konsumen potensial.
  • Menjangkau dan mendapatkan konsumen baru serta menjaga loyalitas mereka.
  • Membantu meningkatkan angka penjualan sekaligus meningkatkan keuntungan.
  • Membantu mengangkat keunggulan dan membedakan suatu produk dengan produk dari pesaing.
  • Branding atau menciptakan citra suatu produk di mata konsumen sesuai keinginan perusahaan.
  • Mempengaruhi pendapat dan perilaku konsumen terhadap suatu produk.

Bisa disimpulkan secara keseluruhan tujuan utama dalam melakukan promosi adalah agar meningkatkan angka penjualan dan keuntungan usaha. Termasuk di dalamnya Usaha Kecil yang sedang berkembang.

Fungsi Promosi

Sedangkan berdasarkan pandangan Supardi Lee penulis buku 1/2 karyawan 1/2 bos – 33 jurus sukses berbisnis kala masih kerja menyebutkan bahwa fungsi promosi adalah sebagai berikut:

Fungsi pengenalan

Di dalam fungsi pengenalan ini adalah agar produk yang ditawarkan dapat di ketahui oleh masyarakat atau target pasar.

Pada umumnya produk akan dipromosikan dengan informasi dasar seperti informasi tentang merek, harga atau kelebihan produk tersebut dibandingkan dengan produk sejenis lainnya.

Fungsi Penawaran

Pada fungsi penawaran ini, konsumen tidak hanya diberikan informasi tentang produk yang dipromosikan tapi juga menawarkan produk kepada konsumen agar mereka tergerak untuk mengambil keputusan membeli.

Fungsi Penjagaan Konsumen

Di dalam fungsi penjagaan konsumen ini lebih diarahkan pada jumlah transaksi dan bukan hanya pada jumlah konsumen.

Hal penting yang harus dilakukan adalah memberikan layanan agar konsumen tetap setia pada produk yang dipromosikan.

Fungsi Perbaikan

Tujuan dari fungsi perbaikan ini adalah melakukan koreksi terhadap kesalahan yang terjadi baik oleh perusahaan atau juga pemilik produk. Hal ini dapat dikatakan lebih ke permohonan maaf dari produsen kepada konsumen.

Jenis-jenis Promosi

Apa saja jenis promosi yang bisa Anda gunakan sebagai pemilik usaha? Ada 3 jenis promosi yang bisa Anda terapkan langsung ke UKM. Ada promosi langsung atau fisik, promosi melalui media tradisional atau promosi melalui media digital/online.

Promosi jenis ini biasanya dilakukan secara langsung pada event, door to door maupun stand yang ada di setiap sudut.

Promosi ini memiliki kekurangan seperti jarak jangkau konsumen yang terbatas. Terbatasnya jumlah konsumen yang ditarget dan terbatasnya wilayah jangkauan promosi.

Promosi melalui media tradisional yang dimaksud di sini adalah promosi yang dilakukan pada media cetak seperti koran dan televisi.

Kelebihan promosi jenis ini adalah jangkauan yang sudah lebih luar dari promosi jenis pertama di atas. Sedangkan kekurangan promosi jenis ini adalah biaya yang sangat besar karena melibatkan media besar.

Promosi jenis ini sudah mulai banyak digunakan oleh perusahaan termasuk UKM dengan budget terbatas.

Banyak media promosi online yang bisa dijadikan sebagai wadah promosi terutama bagi UKM di jaman sekarang.

Selain tidak terlalu memerlukan dana besar untuk promosi. media online menjadi alternatif mudah bagi UKM untuk promosi dengan daya jangkau lebih luas tanpa terbatas ruang dan waktu.

Apa Saja Media Promosi UKM Online yang Efektif?

Jika ditanya perihal media online apa saja yang sangat efektif digunakan oleh badan usaha dan/atau UKM? Jawabanya, banyak sekali media online yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai media promosi UKM yang dimiliki.

Mulai dari yang gratis hingga yang berbayar tersedia untuk Anda yang ingin mencoba media promosi UKM secara online. Apa saja? Berikut ulasannya.

Media Promosi Facebook

Jaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan media pertemanan facebook ini? Media besutan Mark Zuckerberg ini adalah contoh media promosi online UKM yang bisa digunakan secara gratis.

Banyak cara yang bisa digunakan untuk promosi dagangan di facebok. Sebut saja, Anda bisa menggunakan facebook status, facebook grup dan facebook page untuk Anda yang ingin memilih cara gratis dalam mempromosikan UKM.

Sedangkan bagi yang ingin hasil maksimal, bisa memanfaatkan facebook ads di page dengan bayaran tertentu dan pilihan target yang beragam. Mulai dari wilayah jangkauan, umur dan jenis pemirsa yang akan dijadikan target pasar.

Saya rasa promosi dengan menggunakan facebook cukup efektif bagi yang menginginkan budget minimal dalam promosi. Karena facebook menyediakan pilihan harga yang cukup terjangkau kantong UKM pemula Indonesia.

Media Promosi Instagram

Meski terbilang baru, media sosial berbasis foto dan video singkat ini masih anakan dari facebook. Instagram juga bisa menjadi pilihan tepat bagi yang ingin media promosi UKM online secara gratis dan efektif.

Banyak metode yang bisa Anda gunakan. Mulai dari snap status yang hilang dalam 24 jam atau melalui proses nembak di hastag (#) populer.

Pemilihan hastag yang tepat menjadi kunci keberhasilan Anda dalam promosi di Instagram. Video atau foto yang menarik juga sangat dianjurkan jika menggunakan media ini untuk promosi online UKM Anda.

Bagi Anda yang serius, Anda bisa menggunakan akun instagram bisnis dan instagram ads yang memiliki cara kerja hampir mirip dengan saudaranya facebook.

Instagram cocok untuk media promosi UKM yang menyasar kawula muda dengan produk-produk kekinian yang berpotensi nge-hits.

Media Promosi Kaskus

Meski sudah mulai redup, forum diskusi kaskus ini masih bisa Anda andalkan dalam media promosi UKM. Lebih bersifat forum diskusi, Kaskus layak untuk Anda coba.

Media Promosi Pinterest

Sosial media unik ini juga bisa Anda jadikan media promosi UKM Online secara gratis dan efektif. Bersifat visual dengan metode pin ide dan gambar, Pinterest wajib Anda coba untuk yang suka visual grafis dalam promosi.

Media Promosi Twitter

Meski cukup gaek dan memiliki pengguna fanatis nan unik. Twitter juga bisa Anda coba untuk media promosi UKM secara online.

Meski dengan jumlah karakter yang terbatas, akan tetapi twitter cukup unik dan bisa Anda andalkan untuk dijadikan media promosi UKM. Anda bisa menyasar kaum elite dan mesumers di twitter untuk produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Jangan tanyakan perihal arti kata atau istilah kaum mesumers ke saya. Segera saja Anda buat akun di twitter dan cek trending wow setiap malam jumat dan malam minggu biar Anda paham apa itu mesumers.

Twitter juga menyediakan ads bagi yang serius mempromosikan dan menjadikan twitter sebagai media promosi UKM secara online.

Media Promosi Website

Jaman sekarang, setiap usaha sepertinya sudah wajib untuk memiliki website untuk menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan.

Karena kecenderungan netizen termasuk saya adalah setelah melihat promosi produk di beberapa platform sosial di atas. Pasti akan nge-cek langsung ke situs resminya.

Nah, di sinilah fungsi website untuk bisnis Anda. Promosi online dan sekaligus ajang pembuktian bahwa Anda benar-benar UKM yang memiliki kredibilitas dan bisa dipercaya. Oleh karena itu, jangan lupa untuk lengkapi UKM Anda dengan website.

Untuk pengoptimalan website, Anda bisa melakukan kerjasama dengan mereka yang expert di bidang ini. Baik SEO ataupun SEM.

Dua komponen ini sangat dibutuhkan dalam sebuah website bisnis. Jadi jangan pikir panjang untuk segera membuatkan website resmi untuk bisnis dan media promosi UKM yang Anda miliki secara online.

Media Promosi Blog

Apa sih beda blog dan website? Banyak sih, Anda bisa cari sendiri di gugel bedanya apa. Tapi yang paling kentara adalah isi blog. Blog umumnya berisi tentang kegiatan atau lebih bersifat digital diary.

Namun belakangan ini banyak sekali blog yang benar-benar bisa diandalkan dalam promosi terutama UKM dengan budget terbatas.

Salah satu contoh yang bisa Anda lihat adalah seperti di blog uncchu.com ini. uncchu.com menjadi tempat promosi jasa artikel dan jual blog murah.

Media Promosi Marketplace

Selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk media promosi UKM adalah marketplace atau situs jual beli online terkemuka yang ada.

Anda bisa langsung membuat akun dan beberapa situs marketplace membutuhkan beberapa syarat untuk dipenuhi dalam pembuatan akun.

Patuhi rule yang ditetapkan, Anda akan segera bisa mempromosikan UKM di marketplace.

Media Promosi Youtube

Jika Anda lebih menyukai promosi dalam bentuk video atau unboxing ala-ala. Maka youtube adalah tempat yang pas untuk dijadikan sebagai media promosi UKM online.

Media Promosi Whatsapp

Menggunakan nomor pribadi, Story di whatsapp bisa juga Anda jadikan tempat promosi online gratis untuk UKM yang sedang Anda rintis.

Promosi Email Marketing

Mungkin bagi Anda yang baru membaca ini dan baru memulai menjajal promosi online untuk UKM. Email marketing mungkin terdengar asing.

Tapi email marketing terbukti ampuh dalam hal promosi online UKM. Berbentuk seperti email masuk, jadi bisa sangat berpotensi sekali dijadikan sarana promosi.

Manfaat Mempromosikan UKM Secara Online

Jika ditanya apa sih manfaat dari mempromosikan UKM secara online? Bila dijabarkan manfaat dari promosi online ini. Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dengan mempromosikan UKM menggunakan media online untuk dijadikan strategi pemasaran.

Biaya promosi yang lebih hemat

Bila dikalkulasikan dan dibandingkan dengan membuka toko secara ofline atau fisik. Maka keberadaan toko secara online dan promosi secara online jauh lebih membuat Anda hemat dengan biaya promosi.

Sejatinya media online ada yang berbayar dan ada yang tidak, selama ada yang gratis seperti media sosial, Anda bisa memprioritaskan untuk mencoba yang gratis terlebih dahulu.

Jaungkauan audience dan target pasar lebih jauh

Kenapa jangkauan audience dan target pasar lebih jauh dan luas? Karena, banyak pengguna internet di Indonesia. Sekedar info, penggunan internet di Indonesia lebih dari 150 juta orang.

Jumlah sebesar itu bisa Anda jadikan target dan modal utama Anda untuk memilih media online dalam promosi UKM.

Waktu buka yang lebih dinamis

Berbeda dengan toko konvensional, Toko online dan UKM berbasis online biasanya memiliki jam buka yang lebih dinamis. Jika mampu dan memiliki tim handal, Toko bisa saja buka 24 Jam.

Komunikasi yang lebih baik

Komunikasi dengan calon konsumen jauh lebih baik jika promosi menggunakan internet.

Kesimpulan

Itulah media promosi online untuk UKM yang bisa Anda jajal. Beberapa dari media tersebut di atas pada umumnya bersifat tidak berbayar. Bagi Anda yang memiliki budget terbatas, Saya rasa mencoba promosi online melalui media promosi UKM cukup berpotensi memberikan cuan.

Sedangkan bagi Anda yang ingin hasil maksimal bagi perkembangan bisnis UKM yang dilakoni. Mencoba media promosi UMKM secara online versi berbayar juga Saya rekomendasikan. Nah, selamat mencoba, Semoga sukses untuk Anda dari saya penulis.

A male blogger who is afraid of heights and always faints when sees blood. But once active as an HIV AIDS counselor, and an announcer on a radio.